Review Logitech G512 Carbon: Keyboard Minimalis yang Terlihat Elegan

in , ,
Logitech G512 Carbon Keyboard Overhead Gamedaim Review
Logitech G512 Carbon Keyboard Overhead Gamedaim Review

Pada review Logitech G512 Carbon ini, Penulis merasa bahwa keyboard ini memiliki desain yang elegan dan juga sangat clicky suara switch-nya.

Penulis kebetulan memang dipinjamkan keyboard G512 Carbon dengan switch GX Blue Clicky. Varian switch lain dari keyboard ini ada Romer-G Tactile dan Romer-G Linear. Namun ulasan kali ini akan menjabarkan switch GX Blue-nya tersebut.

Keyboard ini punya desain full size. Jujur saja, secara pribadi Penulis kurang nyaman memakai keyboard full size untuk pemakaian gaming. Namun, tenang saja karena keyboard ini punya fitur dan performa yang memadai untuk gaming.

Lalu bagaimana pros dan cons produk G512 Carbon ini? Apakah harga-nya sudah cocok dengan fitur yang ditawarkan? Simak review Logitech G512 Carbon berikut ini.

Keyboard Minimalis yang Berbahan Alumunium Alloy

Logitech G512 Carbon Box by Gamedaim Review
Logitech G512 Carbon Box

Logitech G512 merupakan keyboard full size yang berukuran 13cm x 45cm x 3cm dengan berat sekitar 1kg. Build quality untuk case keyboardnya-nya sendiri punya finishing yang bagus dan berbahan alumunium alloy sehingga terasa kokoh dan tebal. Hal ini membuat G512 terkesan premium.

Kabel dari keyboardnya punya panjang sekitar 1m dan kabelnya itu braided yang juga terasa sangat tebal dan kokoh.

Kaki pada keyboard ini punya letak yang tidak terlalu berada di ujung dan agak menjorok sedikit ke tengah. Menarik kaki-nya pun bukan dari depan, tapi dari samping. Penulis pribadi suka cara Logitech menempatkan kaki keyboardnya tersebut karena lebih mudah untuk digunakan.

Penulis juga lebih suka memakai kaki keyboardnya karena ketinggiannya itu menyesuaikan dengan gaya Penulis saat mengetik maupun bermain game. Kalau tidak memakai kaki keyboardnya, agak kurang nyaman dengan posisi keyboard yang terlalu rendah.

JANGAN LEWATKAN •
Review: A Day Without Me, Game Unik, Menarik, dan Penuh Intrik!

Keyboard Gaming Dengan USB Passthrough Tambahan

Logitech G512 Carbon Usb Passthrough by Gamedaim Review
USB Passthrough | Gamedaim Review

Keyboard ini memiliki sebuah USB passthrough yang terletak bersebelahan dengan kabel power-nya. Jadi semacam ada port USB tambahan yang Penulis pribadi kadang pakai untuk mencolok kabel mousepad, atau buat charging HP.

Jadi jika kalian malas untuk mencolok USB ke casing PC, agar lebih efisien, bisa mencolok kabelnya sendiri ke USB Passthrough tadi. Selebih lagi jika kalian pakai mouse wireless, tinggal kalian colok saja receiver si mouse wireless tersebut ke USB Passthrough tadi.

Hanya saja minusnya, kabel power dan kabel USB passthrough harus sama-sama tercolok. Jadi di casing PC kalian tetap akan terpakai 2 port USB. Karena memang maksud dan tujuan Logitech menyediakan USB passthrough ya untuk memberikan kemudahan saja.

Untuk tombol pada keyboard ini memiliki tekstur halus dan berbahan plastik yang terkesan premium. Warna RGB yang menembus tombol berwarna hitam pekat-nya juga jadi terlihat menggoda sekali.

JANGAN LEWATKAN •
Review Logitech G102 LIGHTSYNC: Mouse Sejuta Umat yang Direfresh
Logitech G512 Carbon Multimedia Icon by Gamedaim Review

Lalu untuk tombol function, icon multimedia pada tombol function bukan berada di atas tombolnya, melainkan terletak pada samping belakangnya.

Kombinasi FN + F8 berfungsi untuk mengaktifkan mode game, sedangkan FN + F5/F6/F7 untuk mengubah mode RGB dan FN + F9 – F12 berfungsi sebagai tombol multimedianya.

Selebihnya, kita bisa mengatur tombol function melalui software Logitech jika kalian ingin lebih mekustomisasi sesuai preferensi masing-masing.

Keyboard Gaming dengan Switch yang Amat Crispy

Logitech G512 Carbon Switch by Gamedaim Review
GX Blue Switch di Logitech G512 Carbon | Gamedaim Review

Menyoal pengalaman saat memakai, Penulis sudah memakai G512 untuk bermain game FPS seperti Apex Legends dan MOBA seperti Dota 2.

Karena keyboard yang Penulis gunakan sebagai daily driver merupakan Razer Blackwidow Tournament Edition yang merupakan keyboard TKL, jadi Penulis perlu pembiasaan untuk kembali memakai keyboard full size selama bermain game.

Awalnya sih memang kurang nyaman dengan keyboard full size untuk gaming. Karena saat bermain game, Penulis suka memiringkan keyboard agar tangan kiri Penulis bisa lebih nyaman. Namun karena ukurannya yang full size, memiringkan si G512 agak kurang nyaman untuk space pada meja.

JANGAN LEWATKAN •
Review Black Shark 3: Smartphone Gaming Ditenagai Snapdragon 865, Sudah 5G, dan Punya Kamera Beresolusi 64 MP!

Perlu diingat kembali, ini hanya menyoal kenyamanan saja karena layoutnya yang full-size. Tetapi untuk bermain game, Penulis tidak ada masalah dengan performa dan fitur yang ditawarkan dari si G512.

Logitech G512 Carbon Body Gamedaim Review

Untuk pengalaman mengetik, keyboard ini memberikan feel yang Penulis pribadi sukai karena switchnya yang clicky dan tombolnya yang enteng. Jarak antara tombol-pun juga cukup renggang, jadi bisa meminimalisir typo atau salah ketik.

Switch pada keyboard ini memakai GX Blue Switch yang tipe feedback dan profil-nya itu Clicky banget. Suara dari switchnya amatlah clicky nan crispy. Cocok bagi kalian yang suka dengan suara clicky dari keyboard mekanikal.

Suara clicky-nya sih mirip-mirip dengan keyboard Razer yang Penulis pakai. Tetapi dari sisi clicky-nya masih lebih crispy si G512 ini. GX Blue Switch Clicky-nya sendiri memiliki daya tahan hingga 70 juta klik dengan actuation distance sebesar 1.9mm, total travel sebesar 4.0 mm, dan average force 50g.

JANGAN LEWATKAN •
Review SADES Fpower: Headset Multi-Platform Berdesain Simpel Tapi Menarik

Spesifikasi

– Carbon, GX Blue Switch: 920-008949
– Black,Versi Tactile Carbon: 920-008763
– Black,Versi Linear Carbon: 920-008762
– Windows 10, Windows 8.1, Windows 8, Windows 7
– Port USB 2.0 (untuk keyboard)
– Port USB kedua (untuk port USB passthrough)
– (Opsional) Akses internet untuk Logitech Gaming Software
– Memerlukan LGS 8.98 atau lebih baru untuk pengaturan canggih.
– Tinggi: 132 mm
– Lebar: 455 mm
– Tebal: 34 mm
– Berat (tanpa kabel): 1020 g
– Tombol FN yang Dapat Diprogram melalui Logitech Gaming Software

Kesimpulan

Logitech G512 Carbon Logo

G512 punya fitur dan desain yang fungsional dan membuat kesan elegan serta minimalis. Build quality pada keyboard ini-pun juga tidak main-main, bahan case yang allumunium alloy membuatnya kokoh dan terkesan premium.

Terdapat USB passthrough sudah menjadi nilai tambah untuk keyboard ini yang berfungsi untuk efisiensi pemakaian. Switch GX Blue-nya pun bagus untuk penggunaan mengetik dan juga gaming. Jarak antara tombol-nya juga meminimalisir kesalahan mengetik.

JANGAN LEWATKAN •
10 Rekomendasi Keyboard Gaming Terbaik 2018 dengan Daya Tahan Luar Biasa!

Walau memang ukurannya yang full size mungkin bisa menjadi kendala bagi kalian yang terbiasa memakai keyboard non-full size.

Jika dapat ditarik kesimpulan, G512 ini cocok bagi kalian yang punya uang lebih dan suka dengan desain keyboard minimalis dengan layout full size, build quality yang bagus, dan punya profil suara yang amat clicky nan crispy.

Menyoal harga sih emang agak mahal untuk Penulis pribadi. Tapi harga dan fitur yang ada sudah cocok.

Logitech G512 dapat kalian beli seharga Rp1.859.000 dengan link pembelian berikut ini: Tokopedia

Berikan Nilaimu untuk konten ini