Rekomendasi

10 Rekomendasi Game Edukasi Android Untuk Anak Terbaik

Sebagai orang tua harus bisa memilah mana yang terbaik dan terburuk buat anaknya. Apalagi sekarang perkembangan teknologi yang terus modern, membuat banyak anak yang tak bisa lepas dengan yang namanya smartphone. Termasuk dalam urusan game atau permainan, oleh karena itu orang tua harus memberikan pilihan game yang berstatus edukasi demi tumbuh kembang anak yang baik.

Terdapat banyak pilihan game untuk anak baik itu offline dan online yang bisa dimainkan secara gratis. Namun yang jadi pertanyaan kita, apakah game-game tersebut bisa menjadi hiburan buat anak tersebut, bukan malah membuatnya menjadi stres.

Nah, pada kesempatan kali ini Gamedaim telah merangkum daftar 10 rekomendasi game yang mengedukasi buat anak dan bisa dimainkan di perangkat android secara gratis.

10 Rekomendasi Game Android yang Mengedukasi Buat Anak

1. Quick Brain

Game edukasi anak quick brain
Quick brain | google play

Game edukasi buat anak yang pertama adalah Quick Brain. Seperti namanya, pada game ini si buah hati akan mempelajari cara untuk menyelesaikan soal perhitungan dengan cepat.

Jika dia menyukai Matematika, game satu ini sangat cocok untuk memperdalam kemampuan berhitung sang anak. Terlebih lagi saat mengerjakan soal akan ada batas waktu, sehingga si kecil akan terlatih untuk berpikir cepat dan kritis.

Selain itu, juga terdapat mode permainan lainnya, seperti 2048, Tabel perkalian, Game Matematika Benar/Salah, Neraca Matematika, Meja Sculte, dan Memori Daya.


Informasi Tentang Quick Brain

DeveloperBrainSoft Apps
Download5.000.000+
Ukuran13,02 MB
Tanggal Rilis21 September 2014
Rating4,6

2. Anak-anak Balap Permainan

Anak anak balap permainan
Anak-anak balap permainan | google play

Game edukasi buat anak yang kedua ialah Anak-anak Balap Permainan. Anak-anak Balap Permainan adalah game petualangan mobil buat anak yang akan membantu si kecil untuk meningkatkan keterampilan pemecahan dan memori kerja serta menambah kepercayaan diri mereka.

Nantinya kita akan menggunakan hewan mobil yang bernama Beepzz dan akan mengarungi petualangan tanjakan dan turunan dengan berbagai jenis latar belakang, mulai dari kota, pertanian, padang pasir, bukit-bukit bersalju, hutan savana, dan masih banyak lainnya.

Mobil ini bisa maju dan mundur, melompati hambatan, serta membalikkan mobil jika mobilnya terbalik. Selain itu, akan banyak jenis karakter mobil yang menggemaskan bisa dimainkan untuk menyelesaikan misinya.


Informasi Tentang Anak-anak Balap Permainan

DeveloperAbuzz
Download10.000.000+
Ukuran30,04 MB
Tanggal Rilis3 Desember 2014
Rating4,0

3. Permainan Anak-anak – Profesi

Permainan anak anak profesi
Permainan anak-anak – profesi | google play

Sewaktu masih kecil, anak-anak sering ditanya pas sudah besar cita-citanya mau jadi apa? Nah, di game besutan YovoGames ini akan menyediakan banyak pilihan jenis permainan yang dapat dimainkan buat si kecil.

Misalnya bercita-cita sebagai pilot, kita akan mendapat informasi berupa simulasi bagaimana menjadi pilot professional. Selain itu, juga banyak profesi lainnya, seperti pembangun, dokter, polisi, chef, pemadam kebakaran, jockey, dan sebagainya. Sehingga hal ini setidaknya akan menjadi sebuah pengetahuan dasar buat si anak sebelum terjun ke profesi aslinya.

Game ini akan meningkatkan pemikiran logisnya dan menentukan keputusan dengan baik. Bersenang-senang dengan banyak profesi pastinya akan membantu tumbuh kembang anak dengan baik.


Informasi Tentang Permainan Anak-anak – Profesi

DeveloperYovoGames
Download5.000.000+
Ukuran20,07 MB
Tanggal Rilis9 November 2016
Rating4,1

4. Memancing Untuk Anak-anak

Memancing untuk anak anak
Memancing untuk anak-anak | google play

Sudah menjadi rahasia umum jika game memancing adalah game yang baik untuk mengedukasi anak. Selain itu, banyak manfaat yang diperoleh dari game ini, mulai dari mengembangkan koordinasi, mengajarkan anak mengenai nama dan ukuran ikan, mengembangkan ketajaman mata, dan sebagainya.

Saat memancing, kita akan ditemani oleh beruang lucu dan nelayan imut. Di lautan terdapat banyak jenis ikan yang bisa ditangkap. Selain itu, mata kita akan dibuat terpana dengan keindahan lautan yang di dalamnya terdapat berbagai macam jenis hewan dan tumbuhan.


Informasi Tentang Memancing Untuk Anak-anak

Developery-groupgames
Download10.000.000+
Ukuran19,13 MB
Tanggal Rilis10 Desember 2016
Rating3,9

5. Lingokids: Game Edukasi Anak Belajar Bahasa Inggris

Game edukasi anak lungkids
Lingokids | google play

Pada game edukasi anak selanjutnya, si kecil akan diajarkan bagaimana mengaplikasikan bahasa Inggris yang baik. Sangat cocok buat anak-anak usia 2 sampai 8 tahun. Meski berbasis pembelajaran, namun melalui permainan edukasi ini akan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris anak.

Mode permainan yang tersedia pada game ini sangat banyak sekali, mulai dari pembelajaran dengan video, terjemahan, lagu, dan menghafal kosakata dalam bahasa Inggris. Selain itu, orang tua bisa mengecek laporan kemajuan mingguan anaknya.

Lingokids bahkan telah memenangkan penghargaan bergengsi, seperti Mom’s Choice Awards, National Parenting Publications Awards, dan The Lovie Awards.


Informasi Tentang Lingokids

DeveloperLingokids – English Learning For Kids
Download10.000.000+
Ukuran59,68 MB
Tanggal Rilis10 Agustus 2015
Rating4,5

6. Kids Top Nursery Rhymes Videos – Offline Learning

Kids top nursery rhymes videos
Kids top nursery rhymes videos – offline learning | google play

Game edukasi anak selanjutnya adalah Kids Top Nursery Rhymes Videos – Offline Learning. Kamu sebagai orang tua tidak perlu lagi mencari lagu-lagu anak di YouTube, karena pada aplikasi game ini lagu-lagu tersebut sudah tersedia.

Apalagi YouTube yang saat ini belum mampu mengkurasi konten-konten mereka yang sesuai dengan usia penggunanya. Oleh karena itu, kamu juga tidak perlu takut jika anak akan menyasar ke video-video aneh yang tak sesuai dengan usia mereka.


Informasi Tentang Kids Top Nursery Rhymes Videos

DeveloperKidzooly – Kids Games, Rhymes, Nursery Songs
Download1.000.000+
Ukuran31,06 MB
Tanggal Rilis9 Maret 2016
Rating4,4

7. Block! Hexa Puzzle

Block hexa puzzle
Block! Hexa puzzle | google play

Game edukasi buat anak yang ketujuh ialah Block! Hexa Puzzle. Penting untuk jangan biarkan si kecil bermain sendirian, dengan game besutan BitMango ini kamu bisa mendampinginya bermain. Cara bermainnya sendiri pun sangat mudah, seperti game puzzle pada umumnya, kita akan diminta untuk menyusun potongan balok warna-warni ke dalam suatu bentuk.

Tidak mudah untuk menyelesaikan quest pada game ini, karena potongan baloknya tidak bisa dirotasi untuk disesuaikan. Sehingga game edukasi anak satu ini memerlukan insting berpikir yang baik untuk anak.


Informasi Tentang Block! Hexa Puzzle

DeveloperBitMango
Download50.000.000+
Ukuran70,18 MB
Tanggal Rilis25 April 2016
Rating3,9

8. My Talking Tom

My talking tom
My talking tom | google play

Game satu ini dapat menemani anak di kala bosan, karena akan ada karakter kucing yang lucu bernama Tom yang bisa melakukan apa saja. Kita akan merawat seekor kucing virtual dan tugas kita adalah selalu peduli padanya yaitu dengan memastikan dirinya cukup makan dan tidur, membawanya ke toilet, dan membuatnya selalu bahagia, tersenyum, dan tertawa.

Selain itu, juga terdapat sejumlah game mini yang berguna untuk melatih skill, reflex, dan pemecahan puzzle, serta game action, game petualangan, dan game olahraga.


Informasi Tentang My Talking Tom

DeveloperOutfit7 Limited
Download500.000.000+
Ukuran98,37 MB
Tanggal Rilis11 November 2013
Rating4,3

9. Khan Academy Kids: Free educational games & books

Khan academy kids
Khan academy kids | google play

Game edukasi anak selanjutnya adalah Khan Academy Kids. Pada game ini, terdapat banyak aktivitas yang bisa kita lakukan.

Mulai dari belajar membaca, menulis, bahasa, matematika, keterampilan memecahkan masalah, perkembangan sosial-emosional, dan terakhir pengembangan motorik. Dan sudah pasti materi belajar yang tersedia terlihat sangat friendly agar si kecil menikmati proses bermain game ini.


Informasi Tentang Khan Academy Kids

DeveloperKhan Academy
Download1.000.000+
Ukuran140 MB
Tanggal Rilis10 Juli 2018
Rating4,7

10. Pou: Game Edukasi Anak Legenda

Game edukasi anak pou
10 rekomendasi game edukasi android untuk anak terbaik 13

Game edukasi buat anak yang kesepuluh atau terakhir jatuh kepada Pou. Tidak hanya game tentang pelajaran dasar saja yang si kecil perlukan. Namun, prinsip yang sangat penting harus sang anak ketahui anak ialah tanggung jawab, dan itu terdapat pada game bernama Pou.

Selain itu, tidak hanya anak-anak saja, orang dewasa pun suka dengan game classic sederhana satu ini.

Dalam game ini, kita memiliki misi untuk menjadi pengasuh Pou. Dengan merawatnya seperti hewan peliharaan asli. Terlebih lagi, terdapat banyak mini game pada permainan Pou yang pas dimainkan untuk mengisi waktu sang buah hati.


Informasi Tentang Pou

DeveloperZakeh
Download500.000.000+
Ukuran20,21 MB
Tanggal Rilis5 Agustus 2012
Rating4,3

Bagaimana Pendapatmu Mengenai Artikel Rekomendasi Game Edukasi Anak Ini?

Anak anak balap permainan
Anak anak balap permainan

Jadi, itulah rekomendasi 10 game edukasi anak yang bisa menjadi pilihan kamu sebagai orang tua memilih hiburan buat si kecil. Maka dari itu, mulai dari sekarang jangan sampai sembarangan dalam memberikan hiburan game pada anakmu. Walaupun maksud kamu baik, namun bisa saja maksud baik kamu itu malah membuatnya terjerumus ke hal-hal yang tak baik.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment