Black Desert Online Di Steam Bisa Dimainkan Tanpa VPN?!

Bagi pecinta MMORPG, mungkin nama Black Desert Online akan familiar terdengar di telinga. Black Desert Online adalah sebuah sandbox MMORPG yang dikembangkan oleh Pearl Abyss. Game ini sudah dikembangkan sejak 2010 dan memasuki masa Closed Beta Testing (CBT) pada Oktober 2013. Black Desert Online menggunakan engine mereka sendiri, yaitu Black Desert engine yang dibuat untuk menangani rendering map yang cepat untuk dunia tanpa batas mereka.

Pada 24 Mei 2017 kemarin, mereka merilis game ini di Steam dengan harga $14.99 atau setara dengan Rp210.000 dan sedang dalam keadaan diskon 40% hingga 1 Juni mendatang (Region SEA tidak mendapat game ini, hanya beberapa region saja).

Sempat terdengar kabar bahwa game ini bisa dibeli dengan third party seller ataupun dari pihak ketiga. Tapi didapat kabar juga bahwa game ini tidak perlu menggunakan VPN dan bisa langsung dimainkan secara langsung. Apakah benar?

Karena saya merupakan pecinta game MMORPG, saya mencoba mengetest dengan 2 percobaan:

  1. Tanpa Menggunakan VPN
  2. Menggunakan VPN

Di foto pertama, bisa dilihat latency ping yang didapat mencapai 300+. Untuk tambahan, di game ini latency yang paling nyaman untuk dimainkan adalah sekitar 60 – 140.

Di foto kedua, bisa dilihat latency ping menurun hingga 100+ menggunakan VPN.

Bisa disimpulkan bahwa memang bisa dimainkan tanpa VPN tapi tidak dalam posisi yang nyaman untuk bermain. Bagaimana di provider yang ‘diunblock’ dari Indonesia?

Saya sempat mencoba game ini menggunakan provider yang support regional luar dan hasilnya didapat latency sekitar 100 – 130, cukup memuaskan untuk bisa memainkan game ini tanpa menggunakan VPN.

Bisa disimpulkan juga bahwa kita bisa memainkan game ini tergantung provider yang digunakan kita. Dan juga saya tidak menyarankan kalian membeli game ini, jika ingin mencoba memainkannya, “Do It With Your Risk“. Kenapa?

Karena sempat ada kasus yang serupa, yaitu game Tree of Savior yang rilis di Steam. Karena banyaknya yang memainkan dari luar regional, developer Tree of Savior dengan sigap langsung menutup seluruh akses dari region luar ke game nya. Cukup miris bukan?

Apakah ini akan terjadi dengan Black Desert Online?

Menurut saya bisa saja terjadi tetapi itu tergantung dari pihak developernya sendiri apakah akan langsung menutup seluruh akses dari region luar atau tidak. Kita tunggu saja kedepannya.

Black Desert Online bisa dimainkan secara gratis (F2P) di regional Korea, Jepang dan Rusia, tetapi di Eropa dan Amerika Utara game ini bisa dimainkan dengan Pay to Play (P2P).

Tinggalkan Balasan