Hardware

Logitech G CLOUD Gaming Handheld Resmi Diumumkan!

Cukup lama tidak kedatangan berita terbaru, hari ini kita mendapatkan satu informasi spesial dari perusahaan gaming gear ternama Logitech. Mengikuti jejak Valve yang baru saja merilis Steam Deck, Logitech akhirnya memperkenalkan kita dengan konsol Handheld cukup keren. Benar, kita berbicara soal Logitech G CLOUD Gaming Handheld. Kira-kira bakal seperti apakah penampilannya? Yuk ikuti terus berita game terbaru berikut.

Sudah bukan suatu hal mengejutkan, jika Cloud Gaming sedang memasuki masa keemasannya di tahun 2022. Tentunya, ini disebabkan oleh pengaruh Xbox yang meluncurkan layanan Xbox Cloud Gaming lewat layanan Game Pass miliknya. Untuk menunjang keperluan cloud agar lebih maksimal, berbagai perusahaan lain mulai membuat konsol terbaru yang dapat menjalankan layanan tersebut. Salah satunya adalah perusahaan gaming gear ternama Logitech.

Logitech Perkenalkan Konsol Logitech G CLOUD

Dilansir melalui halaman blog resmi milik mereka, Logitech selaku pengembang perangkat ini baru saja memperkenalkan kita dengan Logitech G CLOUD. Sesuai namanya, konsol Handheld tersebut dirancang untuk menjalankan berbagai layanan Cloud Gaming seperti halnya Xbox Game Pass dan Nvidia GeForce Now. Perangkat ini juga membawa basis Android yang memungkinkan kamu menjalankan banyak game Mobile di PlayStore.

Gaming Handheld tersebut baru akan meluncur pada pasar Amerika Utara. Berbicara soal harga, mereka membanderolnya sekitar 350 USD, atau 5 Juta Rupiah. Kapasitas baterai yang ditawarkan menunjang waktu bermain hingga 12 Jam. Ia memiliki layar sentuh IPS 1080p 7 inci dengan rasio 16:9 dan kecepatan refresh rate 60Hz. Handheld mencakup dua thumbstick analog offset, D-pad, dan tombol layout Xbox. Ada juga tombol tambahan Logitech G, home, menu, dan menu konteks.

Logitech G CLOUD dilengkapi dengan Prosesor Qualcomm Snapdragon 720G, yang merupakan CPU octa-core berkinerja hingga 2.3GHz. Terdapat RAM LPDDR4X 4GB dan penyimpanan UFS 64GB. USB-C 3.1 digunakan untuk mengisi daya baterai berkapasitas 6.000mAh dalam waktu sekitar 2,5 jam. Logitech juga telah menyediakan kartu microSD untuk ekspansi, tetapi tidak ada dukungan 5G atau kartu SIM Card di sini, jadi pemain harus selalu berada di dekat Wi-Fi agar bisa bermain.

Bawa Basis Android dan Dapat Menjalankan Xbox Cloud Gaming dan Nvidia GeForce Now

Perusahaan telah bekerja dengan Microsoft dan Nvidia untuk mengintegrasikan Xbox Cloud Gaming dan layanan GeForce Now Nvidia ke dalam perangkat genggam. UI dengan tampilan ala Switch akan memandu pemain meluncurkan setiap layanan yang ada, tetapi aplikasi Xbox Cloud Gaming hanyalah Aplikasi Web Progresif (PWA) dasar, jadi tidak ada aplikasi khusus yang dibuat dalam perangkatnya. Ini mengindikasikan bawa pemain tidak dapat menyematkan game cloud ke layar beranda.

Selain Nvidia dan Microsoft, Logitech juga bermitra dengan Tencent untuk membantu merancang launcher Android yang semestinya. Logitech G Cloud terbagi menjadi 2 launcher yaitu mode genggam dan mode launcher Android untuk kamu yang ingin menggunakannya ini di luar bermain game. Launcher tablet dilengkapi aplikasi seperti YouTube dan Chrome yang akan dipasang bersama Xbox Cloud Gaming, GeForce Now dari Nvidia, dan Steam Link dari Valve.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment