Terlibat Kasus Pelecehan, Karir TobiWan Sebagai Caster DOTA 2 Telah Berakhir?

in ,
Tobiwan
Tobiwan | AFK Gaming

Siapa yang tidak mengenal nama TobiWan? Seorang caster Dota 2 dengan nama lengkap Toby Dawson ini sudah begitu melekat di hati komunitas Dota2 karena pengalamnya ketika membawakan pertandingan di The International 2.

Sayangnya, TobiWan saat ini tengah terlibat dalam sebuah masalah terkait kasus pelecehan terhadap wanita. Bahkan, karirnya sebagai caster Dota 2 telah diprediksi berakhir saat ini juga. Lantas, mengapa TobiWan terlibat dalam kasus pelecehan kepada wanita?


TobiWan Ikut Komentari Kasus Pelecehan yang Melibatkan Gran

Awalnya, kasus pelecehan TobiWan terungkap setelah dirinya ikut merespon kasus pelecehan yang dilakukan oleh Gran melalui akun Twitternya. Sebelumnya, pelecehan yang dilakukan oleh Gran diungkap oleh salah satu caster kenamaan di Dota 2, Kevin “Purge” Godec.

Dalam livestream yang ia lakukan baru-baru ini, terungkap bahwa Gran pernah melakukan tindakan tak senonoh kepada wanita. Setiap gadis menceritakan hal ini kepada Purge.

Selain itu, Purge dan Gran sejatinya masih terlibat konflik. Saat itu, Pudge digertak oleh Gran dan kawan-kawannya ketika membawakan pertandingan di tahun 2011-2012.

Karena kasus Gran ini ikuti dikomentari oleh TobiWan, mau tidak mau namanya malah terseret kasus pelecehan.


Seorang Cosplayer Beberkan Kasus Pelecehan Milik TobiWan

Meruna, seorang cosplayer yang juga merupakan kekasih dari SynderN ini mengatakan bahwa ia menjadi salah satu wanita yang pernah dilecehkan oleh TobiWan.

Lebih mengejutkannya lagi, kekasih Meruna yaitu SyndereN adalah rekan TobiWan di dunia caster Dota 2. Setelah mengkonfirmasi pernyataan Meruna, SyndereN memilih memutus hubungannya dengan TobiWan.


Karir TobiWan Sebagai Caster Dota 2 Berakhir?

Setelah kasus pelecehan TobiWan mengemuka, SyndereN memilih untuk tak berpasangan dengan dirinya lagi. Bahkan, caster lain memilih untuk melakukan hal yang sama dengan SyndereN.

Selain itu, Beyond The Summit juga memutus kontrak dengan TobiWan. Lebih lanjut, rumor menyebut bahwa Valve telah menghilangkan Voice Chat TobiWan dari Battle Pass 2020.

Jika melihat konsekuensi yang diterima oleh TobiWan, tentu yang menjadi pertanyaan adalah apakah karir TobiWan sebagai Caster Dota 2 telah berakhir? Jawabannya, belum pasti.


Sampai berita ini diturunkan, TobiWan telah berbicara dengan para wanita yang pernah ia temui di masa lampau.