G ListRekomendasi

7 Game Gundam Terbaik Yang Wajib Dimainkan Penyuka Game Mecha

Game Gundam Terbaik – Kalian penyuka anime dan game ber-genre Mecha, pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan waralaba Gundam. Gundam adalah waralaba media fiksi militer yang diciptakan oleh Tomino Yoshiyuki dan Sunrise atau yang sekarang dikenal sebagai Bandai Namco Filmworks. Waralaba ini identik dengan robot raksasa atau yang dalam pelafalan Jepang disebut Mecha, yang bernama Gundam.

Waralaba Gundam dimulai pada awal April tahun 1979, dan ditandai dengan penayangan Mobile Suit Gundam, sebuah serial anime yang menggambarkan genre anime Mecha yang sesungguhnya dengan dihadirkannya robot raksasa yang disebut Mobile Suit, termasuk yang namanya sama dengan judulnya, dan dikemas dalam latar yang militeristik. Popularitas serial ini dan merchandise-nya tak jauh dari waralaba yang memiliki 50 serial anime, film, dan OVA dan juga manga, novel, dan game-nya.

Tapi dalam artikel kali ini, kita akan berfokus pada game-nya saja. Berikut Gamedaim sudah merangkum 7 Game Gundam Terbaik yang wajib kalian mainkan. Apa saja game-nya? Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja kita ke pembahasan utamanya.

7 Game Gundam Terbaik

1. Kidou Senshi Gundam Seed: Rengou vs Z.A.F.T

Kidou senshi gundam seed rengou vs z. A. F. T
Kidou Senshi Gundam Seed: Rengou Vs Z.A.F.T | via CDRomance

Kita buka daftar ini dengan game Gundam terbaik, yaitu Kidou Senshi Gundam Seed: Rengou vs Z.A.F.T.. Kidou Senshi Gundam Seed: Rengou vs. Z.A.F.T. adalah game arkade third-person yang diadaptasi dari serial waralaba Gundam Seed. Game ini dikembangkan pada bulan Juli tahun 2005 oleh Capcom dan diterbitkan oleh Bandai atau yang sekarang dikenal sebagai Bandai Namco Games di Jepang.

Game ini mengusung gameplay yang sama dengan Mobile Suit Gundam: Gundam vs. Zeta Gundam, dimana pemain bisa memilih untuk bersekutu dengan O.M.N.I., Z.A.F.T. atau Blue Cosmos dan bertarung melawan faksi lain. Mode Arcade memiliki 9 tahap dan ditambah bonus Extra Stage. Pada pertengahan November tahun 2005, versi port untuk konsol PlayStation 2 diluncurkan di Jepang yang menampilkan pilot dan unit baru.

2. Shin Kidou Senki Gundam Wing: Endless Duel

Shin kidou senki gundam wing endless duel
Shin Kidou Senki Gundam Wing: Endless Duel | via IGDb

Game Gundam Terbaik yang kedua adalah Shin Kidou Senki Gundam Wing: Endless Duel. Shin Kidou Senki Gundam Wing: Endless Duel adalah game pertarungan yang diluncurkan pada akhir Maret tahun 1996 yang dikembangkan oleh Natsume dan diterbitkan di Jepang oleh Bandai untuk konsol Super Famicom. Game ini adalah game pertama yang diadaptasi dari serial anime Mobile Suit Gundam Wing.

Game ini menggunakan latar waktu tahun 195 After Colony, dan pemain disini berperan sebagai seorang pilot dari Colony Liberation Organization atau Organization of the Zodiac. Gameplay-nya mengusung format pertarungan satu lawan satu, dengan konfigurasi empat tombol utama dan menghadirkan Special Move, serta menghadirkan tiga mode berbeda yang bisa kalian mainkan.

3. Mobile Suit Gundam: Gundam vs Gundam NEXT

Mobile suit gundam gundam vs gundam next
Mobile Suit Gundam: Gundam vs Gundam NEXT | via Twitter

Yang ketiga dalam daftar Game Gundam Terbaik kali ini adalah Mobile Suit Gundam: Gundam vs Gundam NEXT. Mobile Suit Gundam: Gundam vs. Gundam NEXT adalah game berikutnya dalam seri game Gundam VS dari Bandai Namco Games, dan game ini adalah sequel dari Mobile Suit Gundam: Gundam vs. Gundam. Pada pertengahan September tahun 2009, Famitsu menerbitkan screenshot gameplay versi PSP dari Mobile Suit Gundam: Gundam vs. Gundam NEXT PLUS, yang diluncurkan pada awal Desember tahun 2009.

Semua fitur dari game sebelumnya tetap ada, termasuk semua unit yang dapat digunakan pemain, dengan pengecualian G-Crossover yang telah dihapus. Adanya sistem baru bernama Next Dash, yang dapat membatalkan gerakan secara instan telah diperkenalkan. Penangkisan otomatis telah digantikan dengan penangkisan manual.

4. MS Saga: A New Dawn

Ms saga a new dawn
MS Saga: A New Dawn | via Amazon

Game Gundam terbaik yang keempat adalah MS Saga: A New Dawn. MS Saga: A New Dawn, atau yang dikenal di Jepang sebagai Gundam True Odyssey: Ushinawareshi G no Densetsu, adalah game role-playing untuk konsol PlayStation 2 yang didasarkan pada waralaba Gundam. Game ini dirancang untuk dapat dimainkan oleh khalayak umum yang tidak terbiasa dengan Gundam. Nama MS dalam judul ini mengacu pada Mobile Suit ikonik yang ditampilkan dalam seri ini.

Game ini bercerita pada masa puncak peradaban, dimana umat manusia menciptakan sistem mesin yang rumit, yang disebut dengan Glory System, yang merupakan sebuah teknologi luar biasa yang dapat membuat mesin apa pun selama ada rencana untuk itu. Tapi, tragedi terjadi segera setelah kiamat mencengkeram Bumi. Umat manusia mulai membangun kembali peradaban sebaik mungkin dan menyebut kiamat yang terjadi sebagai The Great Fall.

5. SD Gundam: G Generation Wars

Sd gundam g generation wars
SD Gundam: G Generation Wars | via ebay

Sangat sedikit informasi yang didapatkan dari game Gundam terbaik di urutan kelima ini. SD Gundam: G Generation Wars adalah Game berjenis Tactical-RPG yang dikembangkan oleh Bandai dan diterbitkan oleh Bandai Namco Games pada awal bulan Agustus tahun 2009 di konsol PlayStation 2 dan Nintendo Wii. Game ini adalah adaptasi video game yang berbasis pada serial anime Mobile Suit Gundam dan khususnya Super Deformed Gundam.

Untuk gameplay-nya sendiri, game ini memiliki genre Tactical-RPG yang berarti game ini memiliki gameplay yang mirip seperti game tactical-RPG lain, misalnya Fire Emblem dan Final Fantasy Tactics. Untuk kalian yang suka game Tactical-RPG, memainkan game ini ibarat berjalan di taman. Taman yang penuh dengan mesin pembunuh dan robot raksasa yang mematikan.

6. Dynasty Warriors: Gundam

Dynasty warriors gundam
Dynasty Warriors: Gundam | via Koei Wiki

Yang selanjutnya dalam daftar game Gundam terbaik kali ini adalah Dynasty Warriors: Gundam. Dynasty Warriors: Gundam, awalnya diluncurkan di Jepang sebagai Gundam Musou, adalah game keluaran tahun 2007 berdasarkan serial anime Gundam. Game ini dikembangkan oleh Omega Force dan diterbitkan oleh Bandai Namco Games. Gameplay-nya berasal dari seri Dynasty Warriors dan Samurai Warriors milik Koei.

Official Mode dari game ini utamanya didasarkan pada garis waktu Universal Century, dengan mecha dari seri Mobile Suit Gundam, Mobile Suit Zeta Gundam, dan Mobile Suit Gundam ZZ yang muncul dalam game, serta beberapa unit dari Mobile Variation Suit Mobile Suit Gundam 0080: War in the Pocket dan Mobile Suit Gundam 0083: Stardust Memory yang muncul sebagai unit sekutu dan musuh yang tidak dapat dimainkan.

7. Gundam Assault Survive

Gundam assault survive
Gundam Assault Survive | via Steam

Yang terakhir dalam daftar Game Gundam Terbaik kali ini adalah Gundam Assault Survive. Gundam Assault Survive adalah game yang dikembangkan oleh ArtDink dan diterbitkan oleh Bandai Namco Games untuk konsol PlayStation Portable. Game ini pertama kali diluncurkan di Jepang pada pertengahan bulan Maret tahun 2010. Tidak seperti seri sebelumnya yang lebih terkonsentrasi pada timeline Universal Century, Assault Survive menambahkan event, kepribadian dan unit Mobile Suit Gundam SEED dan Mobile Suit Gundam 00 ke dalam sistem campuran.

Sistem pembuatan karakter juga telah diperluas, dengan set fitur wajah, lokasi tempat lahir, pilihan suara dan kepribadian tambahan, dan kuesioner yang dapat menentukan tipe pilot. Berdasarkan pada setup dan jawaban, karakter pemain dapat menjadi tipe normal, Newtype, Cyber Newtype, Coordinator, Extended, Gundam Meister atau bahkan Special Technician yang juga dikenal sebagai Kamiwaza.

Dan itu tadi adalah 7 Game Gundam Terbaik yang Gamedaim berikan untuk kalian. Kalau kalian punya tambahan game Gundam terbaik yang tidak ada dalam daftar, jangan lupa tambahkan di kolom komentar.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment