Mengapa Pemain Honkai Impact Cina Marah ke miHoYo?

in
Cooking With Valkryies
Cooking With Valkryies

Dalam beberapa hari terakhir, kabar mengenai pemain pemain Honkai Impact 3rd yang marah ke miHoYo memicu perhatian banyak orang, khususnya komunitas Global dari game tersebut. Bagaimana tidak, kemarahan pemain asal Tiongkok membuat miHoYo terpaksa membatalkan event peringatan ulang tahun ketiga untuk Honkai Impact 3rd.

Setelah pembatalan tersebut, terbesit di benak saya apasih yang membuat gamer Cina marah? Berikut spekulasi yang dihimpun dari beberapa sumber.


miHoYo Adakan Event Khusus untuk Komunitas Global

Kembali ke tanggal 28 Maret 2021 lalu, miHoYo mengadakan sebuah sesi live streaming dan mempublikasikan sebuah video khusus untuk para komunitas Global. Dalam video tersebut, Honkai Impact memamerkan karakter mereka dengan pakaian Bunny Girl, mulai dari Kiana, Himeko, Fu Hua, Kallen, Yae Sakura, Mei, Seele, Rita, dan Durandal.

Honkai Impact Bunny Girl
Honkai Impact Bunny Girl | Dualshockers

Video yang mirip dengan MMD ini tampil seperti pada umumnya dengan visual yang sangat indah. Video ini sendiri rilis sebagai bentuk perayaan ulang tahun ke-3 Honkai Impact 3rd versi Global. Lagu spesial berjudul Brillian Bright merupakan hasil kolaborasi miHoYo dengan Myth & Roid, sebuah band yang membawakan lagu Opening untuk Re: Zero dan Overlord.

Pihak developer merilis video ini di YouTube dan dalam beberapa jam memicu kontroversi setelah pemain asal Cina marah atas hal tersebut. Hasilnya, video ini telah miHoYo hapus dari YouTube dan acara di server Global terpaksa batal. Selain itu, kostum Yae Sakura juga mengalami modifikasi.


Apa yang Membuat Pemain Honkai Impact Cina Marah?

Seperti yang pengguna Reddity Amped-Up-Archos laporkan, pemain Tiongkok cemburu karena mereka tidak mendapatkan event yang sama dengan server Global. Beberapa pemain asal Jepang turut mengonfirmasi hal tersebut.

Sekedar informasi saja, video Bunny Girl ini tidak hadir di Cina mengingat ketatnya aturan yang ada. Selain itu, beberapa orang mengklaim bahwa apa yang dilakukan oleh karakter Honkai Impact di dalam video tidaklah pantas.

Penggemar yang marah akhirnya memberikan ulasan negatif di Bilibili dan membanjiri kolom komentar miHoYo dengan keluhan bahkan ancaman pembunuhan yang tertuju kepada sang CEO. Secara keseluruhan, situasi kali ini lebih rumit ketimbang kontroversi Zhongli dulu.


Event yang Didapatkan Oleh Pemain Tiongkok Lebih Menarik

Honkai Impact Swimsuit
Honkai Impact Swimsuit | miHoYo

Setelah pembatalan ini, komunitas Global geram dengan tindakan dari pemain Tiongkok. Sebagai bentuk permintaan maaf, miHoYo akhirnya membagikan 2800 Crystal kepada seluruh pemain Cina. Sementara itu, pemain Global hanya mendapatkan 500 Crystal saja. Jelas, ini tidaklah adil mengingat event ini dikhususkan untuk server Global.

Selain itu, perlu kamu ketahui bahwa pemain Tiongkok telah mendapatkan event yang lebih menarik ketimbang server Global.


Komunitas Global Beri Saran ke miHoYo

Mihoyo Office
Mihoyo Office | Istimewa

Setelah kontroversi ini, beberapa pemain dari server Global turut memberikan saran ke miHoYo. Salah satu saran adalah dengan memindahkan Headquarter atau Markas miHoYo dari Cina ke Jepang. Hal ini tidak lepas dari aturan ketat pemerintah Tiongkok yang melarang berbagai hal-hal seksual.

Selain itu, dengan pindahnya HQ dari miHoYo ke Jepang membuat mereka tidak tertekan lagi oleh pemain Tiongkok. Dari beberapa kasus yang ada, nampaknya pemain asal Tiongkok memegang peran penting terhadap beberapa update di Honkai dan Genshin Impact.


Bagaimana pendapat kamu mengenai hal ini? Tulis di kolom yang telah kami sediakan yah.

Suka dengan konten seperti ini? Ikuti juga Gamedaim di Facebook, Instagram, dan Youtube Supaya kalian enggak ketinggalan informasi menarik lainnya seputar Game. Caranya gimana? Klik link dibawah ini bos

Facebook | Instagram | Youtube