Berita

Google Stadia Gunakan Data Sebesar 100MB per Menit di Resolusi 1080p!

Google Stadia saat ini menjadi salah satu konsol Cloud yang paling ditunggu kehadirannya. Hanya bermodalkan internet, kalian sudah bisa memainkan game kelas atas dengan spesifikasi rendah.

Namun, hal ini rupanya memiliki dampak negatif terhadap penggunaan bandwith internet yang dinilai sangat gila. Pasalnya, laporan berikut ini menunjukkan bahwa memainkan game dengan resolusi 4K selama 65 jam akan menguras bandwith sebanyak 1TB.


Google Stadia Gunakan Data 100MB per Menit untuk Resolusi 1080p

Google perkenalkan platform game terbaru mereka 'stadia'!
Google stadia gunakan data sebesar 100mb per menit di resolusi 1080p! 4

Selain itu, salah satu penulis dari VentureBeat melakukan penelitian dengan mencoba memainkan game di Google Stadia dengan resolusi 1080p. Hasilnya, ia mendapatkan data bahwa GS menggunakan bandwith sekitar 100MB per menitnya.

Percobaan ini ia lakukan dengan menggunakan perangkat Chromecast dan menghubungkan Google Stadia ke smartphone miliknya guna melakukan tracking terhadap data yang digunakan. Berikut rinciannya.

Red Dead Redemption 2 at 1080p60 on Stadia:

  • Duration: 13 minutes
  • Data used total: 1.55GB
  • Data per minute: 119MB
  • Estimated data per hour: 7.14GB

Jika melihat rinciannya, Red Dead Redemption 2 bisa diselesaikan dalam waktu 47 jam. Jika di kalikan, maka butuh data sekitar 335GB yang dinilai sangat gila untuk satu game.


Google Stadia Belum Cocok untuk Indonesia

Google stadia
Google stadia gunakan data sebesar 100mb per menit di resolusi 1080p! 5

Asumsi ini muncul lantaran seperti yang kita ketahui bahwa internet di Indonesia terbilang masih terbatas. Selain itu, setiap provider juga telah memiliki FUP sendiri untuk jaringan internet mereka.

Hal ini membuat Google Stadia belum cocok di pasaran Indonesia. Walau demikian, GS mungkin masih bisa digunakan untuk kota-kota besar di Indonesia yang terbilang memiliki fasilitas memadai, misalnya di Jakarta.

Walau demikian, Google Stadia saat ini masih belum menunjukkan pergerakan di zona Asia dan mereka kini fokus untuk membangun pasar di Amerika Serikat yang memiliki fasilitas paling bagus.


Bagaimana komentar kamu mengenai laporan tersebut? Yuk berikan pendapat kamu dibawah.

Source: VentureBeat

Related Posts

Leave Comment
Gamedaim We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications