Tips

Mengenal OpenTTD, Game Simulasi Perusahaan Infrastruktur berukuran 10 MB

Mengenal OpenTTDGame Simulasi Perkotaan seringkali jadi pilihan di kala bosan. Selain menawarkan gameplay yang unik, game simulasi perkotaan juga bisa melatih kesabaran dan juga kecepatan berpikir untuk memaksimalkan potensi dari kota yang kalian kelola. Game Simulasi Perkotaan biasanya digandengkan dengan genre Real-Time Strategy, karena adanya fitur multiplayer.

Kebanyakan game simulasi perkotaan akan membuat pemainnya berperan sebagai seorang walikota atau Presiden yang mengelola dan memanfaatkan potensi yang dimiliki kota atau wilayahnya. Dari sekian banyaknya game simulasi perkotaan, Mrs. Retro menemukan satu game yang cukup unik. Dalam game ini, kita tidak akan menjadi walikota, melainkan pemimpin dari perusahaan infrastruktur komersial.

Nama game ini adalah OpenTTD. Game ini adalah versi open-source dari game Transport Tycoon Deluxe, yang mana ukuran game-nya hanya 10 MB. Dalam Artikel kali ini, kita akan mengenal OpenTTD lebih dalam.

Mengenal OpenTTD

Openttd
OpenTTD | via Wiki

Game ini pertama kali dicetuskan oleh Ludvig Strigeus, seorang programmer asal Swedia yang diketahui juga sebagai pengembang BitTorrent, μTorrent, dan juga Spotify. OpenTTD kemudian dikembangkan oleh OpenTTD Team dan diterbitkan pertama kali untuk PC pada 6 Maret 2004 lalu. Game Simulasi Perkotaan yang satu ini memiliki sistem yang lumayan unik dan sangat terkesan retro.

Dalam game ini, kita akan berperan sebagai pimpinan sebuah perusahaan infrastruktur komersial yang membantu memajukan peradaban masyarakat dengan membangun moda transportasi darat, laut, dan udara. Pemain juga bisa bekerjasama dengan pemerintah di suatu kota untuk membangun sarana transportasi.

Di awal permainan, kalian bisa menentukan tipe lingkungan, batas wilayah, serta pesat atau tidaknya perkembangan di wilayah tersebut. Ada 4 skenario yang bisa kalian pilih dalam game ini, antara lain skenario tropis, sub-arctic, sub-tropis, dan toyland. Ramainya permintaan juga bisa dipengaruhi oleh jenis skenario yang dipilih.

Openttd 1
OpenTTD | via Steam

Kalian akan disuguhkan dengan pemandangan yang masih hijau dan tugas kalian adalah membangun sarana transportasi yang berpotensi tinggi untuk keuntungan perusahaan kalian. Jumlah kota yang harus kalian kembangkan bisa kalian atur di awal permainan. Kalian akan diberi pinjaman sebagai modal awal perusahaan dan harus membayarnya saat mendapat keuntungan lebih.

Ada 10 macam moda transportasi dan logistik yang bisa kalian kembangkan, mulai dari kereta uap, kereta listrik, MRT, sampai kapal minyak. Tapi pertama, buatlah head quarter atau kantor pusat di kota yang berpotensi tinggi. Sebagai tips, mulailah bisnis dari jalur aspal. Kalian bisa membeli bus terlebih dahulu sebagai modal awal.

Yang menjadi rintangan terbesar, adalah izin dari pemerintah setempat yang terkadang tidak memperbolehkan kita untuk membangun sarana transportasi dan logistik di kotanya. Hal ini biasanya terjadi karena perizinannya terbatas di satu jenis transportasi saja. Hal ini akan membuat kalian berpikir dua kali untuk membangun sarana baru sebagai pengganti sarana yang sudah usang.

Game 10 mb dengan fitur kompleks
Game 10 MB dengan fitur kompleks | via Reddit

Selain itu, pemain juga akan diberi tantangan seperti menentukan tata letak dan juga managemen dana yang tentunya harus benar-benar dipertimbangkan. Di game ini juga terdapat penambangan dan industri pengolahan bahan tambang, yang mana tugas kita adalah mengangkut bahan mentah dari pertambangan untuk diolah di industri dan akhirnya didistribusikan ke kota.

Di OpenTTD juga ada tuntutan bagi pemain untuk terus mengikuti perkembangan teknologi dan terus menyetujui adanya pembaharuan agar nantinya tidak kerepotan jika ada kendaraan yang sudah tidak tersedia. Kalau dari pengalaman Mrs. Retro dalam bermain OpenTTD, kita memang harus terus menyetujui investasi pembaharuan kendaraan agar tetap relevan dengan perkembangan teknologinya.

Selain diluncurkan untuk PC, game ini juga diluncurkan untuk Android pada 18 November 2010, dengan gameplay dan grafik yang lebih halus, serta dengan ukuran yang hanya 45 MB. Game ini juga bisa dimainkan secara offline saat kalian berada di tempat yang susah sinyal. OpenTTD masih terus mendapatkan pengembangan hingga saat ini, dengan versi terbaru atau stable version yang diluncurkan April 2022 lalu.

Mungkin itu saja info yang bisa Gamedaim berikan tentang game simulasi membangun kota satu ini. Kalau semisal ada yang salah, jangan lupa koreksi lewat komentar.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment