BeritaPCPlaystationPS3PS4PS5Resmi

Yoshi-P Benci Bahwa Orang Berpikir Final Fantasy XIV Telah “Mengalahkan” World of Warcraft

Naoki Yoshida (sutradara Final Fantasy XIV) tidak menyukai orang-orang yang mengganggap gamenya telah “mengalahkan” World of Warcraft.

Naoki Yoshida atau biasa kita panggil sebagai “Yoshi-P” memberikan pernyataan yang sedikit bijaksana tentang persaingan yang dirasakan antara Final Fantasy XIV dan World of Warcraft pada awal bulan Juli 2021. Jika kalian tertarik dengan game-game Square Enix, kalian bisa melihat artikel kami lainnya di Gamedaim News.

“Jika Tidak Ada World of Warcraft, Final Fantasy XIV Tidak Akan Muncul”

Ketika Yoshida mendengar kabar bahwa Final Fantasy XIV lebih populer daripada World of Warcraft di tahun 2021, dia dengan cepat mengklarifikasi bahwa dia tidak percaya bahwa gamenya telah “mengalahkan” game milik Blizzard Entertainment.

“Blizzard pasti menyadari hal ini. Tapi tanpa World of Warcraft, A Realm Reborn tidak akan ada,” kata Yoshida. “World of Warcraft adalah game yang selalu kami nantikan.”

Yoshida juga menunjukkan ketidaksetujuannya untuk percakapan seputar game mana yang lebih baik, dengan mengatakan, “Tujuan kami adalah membuat ulang versi Final Fantasy dari World of Warcraft. Jadi mengatakan bahwa kami menang atau kalah dari World of Warcraft adalah hal yang tidak masuk akal, karena game itu adalah game yang kami cita-citakan.”

Popularitas World of Warcraft Sedang Menurun

Dengan World of Warcraft sedang mengalami beberapa masalah tertentu di tahun 2021, banyak pemain ingin mencoba Final Fantasy XIV. Streamer World of Warcraft seperti Asmongold pun ikut mencobanya dan membuat kepopuleran Final Fantasy XIV meningkat.

Baru-baru ini, game itu juga menembus rekor jumlah pemain bersamaan di Steam yang menyebabkan semua server di Final Fantasy XIV sangat penuh. Yoshida pun harus meminta maaf mengenai masalah server yang macet dan sangat penuh itu. Dari sini kalian bisa mengetahui bahwa narasi tentang game mana yang pantas memegang mahkota MMORPG muncul dari faktor-faktor tadi.

Walaupun begitu, Yoshida juga menyinggung sedikit tentang jumlah pelanggan dari kedua game tersebut. Ketika membahas bahwa World of Warcraft memiliki 12 juta pelanggan berbayar, dia berkata bahwa Square Enix “tidak mungkin” untuk dapat bersaing dengan itu.

Yoshida membandingkan World of Warcraft dengan Gunung Everest, di mana dia mengatakan bahwa jumlah tersebut “benar-benar di luar jangkauan kami”. Dia memang mengungkapkan rasa terima kasih atas percepatan pertumbuhan Final Fantasy XIV, “Kami tumbuh pada tingkat yang bahkan saya terkejut. Ini sedikit agak menakutkan.”

Final fantasy xiv “mengalahkan” world of warcraft
Naoki Yoshida | Archipel

“Kerja keras yang kami lakukan di Final Fantasy XIV membuahkan hasil,” lanjut Yoshida. “Tapi seluruh percakapan tentang melampaui World of Warcraft ini adalah percakapan yang salah dan sejujurnya menjengkelkan.”

Sulit untuk menyangkal bahwa Yoshida adalah alasan besar untuk kesuksesan Final Fantasy XIV. Dia memiliki kepribadian yang menyenangkan, seseorang yang memiliki banyak rasa hormat di dalam komunitas, dan kerja kerasnya tidak luput dari perhatian.

Final Fantasy XIV: Endwalker terkonfirmasi akan rilis di PS5, PS4, dan PC (Steam) pada tanggal 23 November 2021.

Related Posts

Leave Comment
Gamedaim We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications