BeritaHardwarePlaystationResmiVirtual Reality

Spesifikasi Resmi PlayStation VR2 & VR2 Sense Controller

Sony Interactive Entertainment telah mengumumkan nama resmi dan spesifikasi hardware VR terbaru mereka, yaitu PlayStation VR2 dan controller PlayStation VR2 Sense.

Informasi ini pertama kali muncul dari Sony Corporation melalui acara Consumer Electronics Show (CES) 2022. Jika kalian tertarik dengan hardware game terkini, kalian bisa melihat artikel kami lainnya di Gamedaim Hardware.

Sony Resmi Umumkan PlayStation VR2

Sony Interactive Entertainment telah mengumumkan bahwa hardware VR generasi berikutnya untuk PS5 secara resmi bernama PlayStation VR2, sedangkan controller-nya bernama PlayStation VR2 Sense.

“PlayStation VR2 akan membawa game VR ke tingkat yang sama sekali baru. Ini memungkinkan rasa kehadiran yang lebih besar dan memungkinkan pemain untuk melarikan diri ke dunia game yang belum pernah ada sebelumnya,” tulis Hideaki Nishino (wakil presiden senior Sony Ineractive Entertainment).

Sony Interactive Entertainment mengungkapkan bahwa hardware VR baru mereka akan membuat pemain “merasakan berbagai sensasi yang berbeda dari yang lain”. Hal ini terjadi berkat kreativitas oleh pengembang yang ada dan teknologi terbaru yang masuk ke dalam PlayStation VR2.

PlayStation VR2 nantinya akan menambahkan beberapa fitur utama, seperti visual fidelitas tinggi, fitur sensorik baru, dan pelacakan yang ditingkatkan. Hardware VR ini juga akan menggunakan single-cord yang disederhanakan.

Fitur Utama

Spesifikasi playstation vr2
Image Credit: Sony
  • Visual Fidelity – PlayStation VR2 menawarkan 4K HDR, bidang pandang 110 derajat, dan rendering foveated. Dengan layar OLED, pemain dapat mengharapkan resolusi layar 2000×2040 per mata dan kecepatan FPS yang mulus sebesar 90/120Hz.
  • Headset-Based Controller Tracking – PlayStation VR2 akan mengikuti Anda dan controller Anda melalui kamera terintegrasi yang tertanam di headset realitas virtual dengan pelacakan inside-out. Hasilnya, gerakan Anda dan arah yang Anda lihat tercermin dalam game tanpa memerlukan kamera eksternal.
  • New Sensory Features – PlayStation VR2 Sense Technology menggabungkan eye tracking, headset feedback, 3D Audio, dan controller PlayStation VR2 Sense yang inovatif untuk menciptakan perasaan yang mendalam. Headset feedback adalah fitur sensorik baru yang memperkuat sensasi tindakan dalam game dari pemain. Sebuah motor built-in tunggal membuatnya dengan getaran yang menambahkan elemen sentuhan cerdas, membawa pemain lebih dekat ke pengalaman gameplay. Misalnya, gamer dapat merasakan denyut nadi karakter yang meningkat pada saat-saat menegangkan, deru objek yang lewat di dekat kepala karakter, atau dorongan kendaraan saat karakter melaju ke depan. Selain itu, Tempest 3D AudioTech dari PS5 membuat suara di sekitar pemain menjadi hidup, menambah tingkat imersi baru ini.
  • Eye Tracking – Dengan eye tracking, PlayStation VR2 mendeteksi gerakan mata Anda, sehingga tampilan sederhana ke arah tertentu dapat membuat input tambahan untuk karakter game. Hal ini memungkinkan pemain untuk berinteraksi lebih intuitif dengan cara baru dan nyata, memungkinkan respons emosional yang lebih tinggi dan ekspresi baru yang memberikan tingkat realisme baru dalam bermain game.

Semua fitur tersebut dan dikombinasikan dengan haptic feedback beserta adaptive triggers dari controller PlayStation VR2 Sense akan memungkinkan pemain untuk merasakan dan berinteraksi dengan game dengan cara yang jauh lebih mendalam.

Selain itu, PlayStation VR2 juga akan memiliki proses penyiapan yang sederhana, yaitu dengan satu koneksi kabel langsung ke PS5. Hasilnya, Anda dapat langsung terjun ke dalam dunia VR.

PlayStation VR2 & PlayStation VR2 Sense

Spesifikasi playstation vr2
Image Credit: Sony

Spesifikasi PlayStation VR2

Display Method​OLED
Panel resolution​2000 x 2040 per eye
Panel Refresh Rate​90Hz, 120Hz
Lens Separation​Adjustable
Field of View​Approx. 110 degrees
Sensors​Motion Sensor: Six-axis motion sensing system (three-axis gyroscope, three-axis accelerometer)​
Attachment Sensor: IR Proximity sensor
Cameras​4 cameras for headset and controller tracking​IR camera for eye tracking per eye
FeedbackVibration on headset
Communication​ with PlayStation 5USB Type-C®
Audio
Input: Built-in microphone​Output: Stereo headphone jack

Spesifikasi PlayStation VR2 Sense

Buttons[Right]​
PS button, Options button, Action buttons (Circle / Cross), R1 button, R2 button, Right Stick / R3 button
​[Left]​
PS button, Create button, Action buttons (Triangle / Square), L1 button, L2 button, Left Stick / L3 button
Sensing / TrackingMotion Sensor: Six-axis motion sensing system (three-axis gyroscope + three-axis accelerometer).
Capacitive Sensor: Finger Touch Detection
IR LED: Position Tracking.
FeedbackTrigger Effect (on R2/L2 button), Haptic Feedback (by single actuator per unit).
PortUSB Type-C Port.
CommunicationBluetooth Ver 5.1​.
BatteryType: Built-in Lithium-ion Rechargeable Battery​.

Semua spesifikasi tadi telah memberikan konfirmasi mengenai laporan UploadVR sebelumnya pada bulan September 2021 lalu. UploadVR mengungkapkan bahwa fitur backward compatibility sepertinya tidak hadir di PlayStation VR2. Menurutnya, kita dapat berharap banyak pengembang untuk membuat ulang judul-judul lama di PS5 dan PlayStation VR2.

Update: Stephen Totilo (jurnalis Axios) bertanya ke Sony Interactive Entertainment mengenai fitur backward compatibility dan tanggal rilis dari PlayStation VR2. Sony Interactive Entertainment menjawab bahwa mereka “tidak memiliki apa-apa lagi untuk diumumkan saat ini”.

Untuk perilisannya, PlayStation VR2 kemungkinan besar akan rilis pada akhir tahun 2022. Ini juga berkaitan dengan laporan Bloomberg mengenai dampak lanjutan dari kekosongan bahan baku untuk pembuatan PlayStation VR2.

Related Posts

Leave Comment
Gamedaim We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications