Mau Beli SSD? Ketahui Dulu Kekurangan dan Kelebihannya!

in ,
SSD 6

Merakit PC mungkin bagi sebagian orang adalah suatu impian yang harus dicapai. Sebab, PC memiliki performa yang cukup bagus ketimbang Laptop di harga yang sama.

Namun, terdapat satu hal yang membayangi para perakit PC, apalagi kalau mereka masih pemula. Para pemula yang ingin merakit PC biasanya khawatir terhadap part-part yang akan dibeli. Dia pasti berpikir “Komponen apa saja yang harus saya siapkan?”

Nah untuk memulai hal tersebut, alangkah baiknya kalian ketahui dulu salah satu komponen yang harus kamu masukkan ke dalam daftar racikan PC kamu. Yap itu adalah SSD. Mengapa harus SSD? Berikut alasan mengapa kamu harus membeli SSD di era Modern saat ini.

SSD Memiliki Kelebihan yang Banyak Ketimbang HDD

SSD atau Solid State Drive merupakan sebuah komponen yang memiliki fungsi sama dengan HDD, yaitu untuk menyimpan data. Namun, SSD ini memiliki sejumlah kelebihan yang cukup besar ketimbang HDD. Apa saja itu?

1. Kecepatan Baca SSD Lebih Baik Ketimbang HDD

SSD 5

Salah satu hal yang paling dicari saat ini adalah kecepatan ketika membaca sebuah program. Maka dari itu, SSD menjadi pilihan yang cocok bagi kamu ketika ingin merakit PC.

Hal itu tidak lepas dari bagaimana kecepatan baca yang dimiliki oleh SSD sangat besar. Tentu saja ini merupakan komponen yang cocok dipakai oleh seseorang yang produktif dan ingin menghasilkan sesuatu yang cepat.

2. Cocok Dipakai untuk Multitasking

SSD yang memiliki kecepatan baca yang cukup cepat ini memungkinkan kalian untuk melakukan multitasking, terlebih jika kalian adalah seorang yang sangat produktif.

3. Proses Transfer Data Lebih Cepat

SSD 2

Ingin mentransfer data dengan waktu singkat karena dikejar waktu? Maka SSD harus ada di PC kamu. Mengapa? SSD nyatanya memiliki proses transfer data yang begitu cepat, terlebih jika kalian membeli SSD dengan harga mahal.

4. Hemat Listrik dan Membantu CPU

SSD 3

Menurut survei, SSD mampu menghemat daya sebesar 10% ketimbang HDD. Selain itu, kehadiran SSD di PC kamu mampu meringankan beban yang diterima oleh CPU.

Alasan Mengapa SSD Cukup Sulit Didapatkan

Kehadiran SSD memang menjadi sebuah alternatif untuk membuat PC anda menjadi kencang. Namun, SSD yang bagus dengan harga murah cukup sulit untuk didapatkan. Mengapa bisa?

1. Harga yang Mahal

Duit

Salah satu alasan mengapa beberapa orang tidak memasukkan SSD di racikan PC mereka karena harga SSD begitu mahal. Harga per byte kapastias SSD lebih mahal ketimbang HDD.

Namun, saat ini sudah banyak SSD yang memiliki harga terjangkau, salah satunya merek ADATA. SSD ini memiliki harga yang cukup murah, namun dengan kualitas yang tidak kalah dengan SSD lainnya.

2. Kapasitasnya Masih Sangat Terbatas

SSD 4

Selain itu, kapasitas SSD masih sangat-sangat terbatas loh. JIka kalian membeli HDD dengan harga 600k, maka kalian mendapatkan kapasitas sebesar 1TB. Berbeda dengan SSD, kalian hanya mendapatkan kapasitas 200 GB.


Walau memiliki kekurangan, SSD adalah sebuah komponen yang sangat wajib di PC anda. Menurut kamu, apakah SSD cukup penting di PC kalian? Yuk berikan pendapat kamu dibawah.

Ayo mulai Berdiskusi, Tinggalkan Balasan