Bentrok dengan PewDiePie, Firewatch di Hujani Bom Review Negatif di Steam

in ,
Pewdiepie Firewatch drama DAFUNDA

Siapa sih yang tidak kenal PewDiePie? Dialah orang nomor satu di Youtube yang memulai karir nya lewat video ‘Let’s Play’ dan berhasil mengumpulkan hampir 60 Juta Subscriber (57 Juta Subscriber saat artike ini ditulis. Pria bernama asli Felix Arvid Ulf Kjellberg ini lagi-lagi masuk dalam arus kontraversi berujung drama karena satu kata ‘berbahaya’ yang ia ucapkan saat Live-streaming.

Akibatnya, berbagai pihak mulai mengecam apa yang ia lakukan bahkan mengajak orang lain agar melakukan hal yang sama. Salah satu garda terdepan yang ingin PewDiePie di boikot adalah Dev. Firewatch, Santo Campo. Mereka bahkan langsung membuat dokumen DMCA Strike untuk video Let’s Play Firewatch dari Pewdiepie. Apa yang Santo Campo lakukan malah berakibat fatal untuk game mereka. Hal ini mulai terjadi lewat Review Negatif yang user Steam layangkan untuk Firewacth.

Review Firewatch terbaru oleh User Steam Negatif Semua

Review Firewatch dari user Steam

Dengan Copyright strike yang Santo Campo layangkan, semua video Pewdiepie yang berisi game Firewatch sudah di hapus dan untuk kedepan seluruh game buatan Santo Campo tidak boleh hadir dalam channel nya. Apa yang mereka lakukan malah menjadi bomerang bagi kelangsungan game tersebut di pasar game PC, Steam.

Bukan karena game tersebut buruk, Review negatif ini ditujukan sebagai rasa menunjukkan kekesalan gamer terhadap sikap Dev. Firewatch yang semena-mena menghapus video yang bahkan tidak melanggar apapun.  Secara keseluruhan Review Firewatch masih Possitive yang artinya bagus. Namun untuk bagian Recent User Review berubah menjadi Mixed dan kemungkinan besar akan terus memburuk.

Sampai saat ini belum ada tanggapan dari Developer Firewatch mengenai Review Negatif di Steam

Pewdiepie Firewatch drama DAFUNDA

Campo santo selaku Developer Firewatch belum mengeluarkan komentar resmi apapun terkait fenomena negatif ini. Mereka juga belum mengatakan apapun terkait drama yang terjadi dengan Felix. Netizen berharap Pengembang Firewatch terutama Sean Vanaman selaku Co-founder yang menjadi garda terdepan dalam kontraversi ini mau meminta maaf kepada Pewdiepie.

Kenapa? karena tindakan yang mereka lakukan sama sekali tidak mendasar. Pada dasarnya klaim DMCA baru bisa dilakukan jika si Developer secara terang-terangan tidak mengizinkan game nya dijadikan seri Let’s Play oleh streamer atau Youtuber. Tapi kali ini berbeda, mereka malah mengizinkan siapapun untuk membuat video sejenis Let’s play. Denga ini jelas, ini bukan kasus pelanggaran hak cipta melainkan kebencian terhadap perorangan.

Jadi, Apakah Campo santo selaku pengembang Firewatch panta mendapatkan Review Negatif dari pengguna steam? berikan jawaban kamu melalui kolom komentar.

 

UPDATE: PewDiePie Hampir Mengulangi Kesalahan yang Sama saat Live Stream

Berikan Nilaimu untuk konten ini