PC
PCTutorial

Bisakah Main Genshin Impact di Linux?

Namun, apakah kamu tahu bahwa Genshin Impact juga bisa kalian mainkan di Linux? Nah, tentu kalian penasarankan seperti apa itu.

Saat ini, Genshin Impact telah rilis di beberapa platform mulai dari Windows, Android, iOS, dan juga PlayStation. Namun, apakah kamu tahu bahwa Genshin Impact juga bisa kalian mainkan di Linux? Nah, tentu saja kata Linux sendiri masih terasa asing beberapa orang atau Traveler.

Sebaba, miHoYo sendiri tidak menjelaskan bahwa game ini sejatinya bisa kalian mainkan di Linux. Walau begitu, memang ada beberapa cara atau tips untuk bisa memainkan game ini di operation system tersebut.

Baca Juga:

Untuk itu, Gamedaim Tutorial akan membagikan cara install dan main Genshin Impact di Linux. Pembahasan kali ini terbilang cukup kompleks, jadi pastikan kalian menyimaknya dengan seksama yah Traveler.


Kenali Dulu Apa itu Linux

Linux merupakan sebuah sistem operasi seperti Unix yang menggunakan kernel Linux sebagai inti. Operating System seperti ini disertakan dengan aplikasi dan module pendukung lain agar bisa berfungsi secara utuh.

Sistem operasi ini sendiri bersifat bebas dan dapat digunakan serta open source yang membuatnya cukup digemari. Tidak heran, angka pengguna Linux saat ini terbilang cukup banyak juga.

Jadi, memainkan Genshin Impact di Linux memang bisa namun tentu ada beberapa cara yang mesti kalian ikuti. Untuk itu, Gamedaim akan membagikan beberapa langkah yang bisa kalian ikuti Traveler.


Syarat dan Spesifikasi Minimum

Untuk menginstall dan menjalankan game ini di Linux, kalian harus memenuhi syarat seperti-

  • Akses ke akun pengguna dan hak untuk mengunduh dan menginstal paket yang kalian perlukan
  • Versi terbaru dari Wine yang diisntal dan dikonfigurasi di sistem kalian.

Spesifikasi yang kalian butuhkan untuk memainkan game ini adalah:

Konfigurasi Minimum/ Spesifikasi Minimum

  • Prosesor: Intel Core i5 atau setara
  • Memori: RAM 8 GB
  • VGA: NVIDIA GeFroce GT 1030 dan lebih tinggi
  • Storage: 30 GB

Cara Install Genshin Impact di Linux

Untuk menginstall game ini di Linux, ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui. Apa saja itu? Simak artikel ini sampai habis.

Install Lutris di Linux

Bagi kalian yang tidak tahu, Lutris adalah sebuah platform game open source gratis untuk Linux. Platform ini menyediakan installasi game dalam satu klik saja dan terintegrasi dengan situs Steam. Adapun beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk install Lutris adalah sebagai berikut:

1. Instal Lutris di Ubuntu/LinuxMint/Pop!_OS

Kalian dapat menginstall Lutris dengan menambahkan PPA ke sistem kalian. Gunakan perintah berikut ini untuk menambahkan Personal Package Archive dan menginstal Lutris di Ubuntu dan turunannya. Ini berguna untuk memainkan Genshin Impact di Linux.

sudo add-apt-repository ppa:lutris-team/lutris
sudo apt update
sudo apt install lutris

2. RHEL/CentOS/Fedora: Instal Lutris

Selain itu, kalian juga bisa menggunakan perintah untuk menginstal Lutris di RHEL/CentOS.

sudo dnf install lutris-*.el8.x86_64.rpm

Jika menggunakan Fedora Linux, maka gunakan perintah berikut

sudo dnf instal lutris

3. Instal Lutris di Arch Linux/Manjaro

Dengan menggunakan perintah berikut, kalian dapat menginstal Lutris di Arch Linux atau Manjaro

sudo pacman -S lutris

Untuk menginstal Lutris di beberapa tempat, kalian bisa mengunjungi link berikut ini yah Traveler.

Instal Genshin Impact di Linux

Setelah menginstal platform game Lutris di sistem kalian, silahkan buka browser dan kunjungi link berikut ini dan klik instal seperti yang akan kami jelas berikut ini.

Buka website Lutris

Kalian bisa mengunjungi website Lutris melalui link ini.Linux Genshin Impact

Install

Nanti, kalian akan melihat Pop-up dan klik saja Open Link dan akan muncul seperti gambar berikut ini. Lalu, tinggal klik install
2

Pilih Lokasi Installasi

Selanjutnya, kalian akan diminta untuk menentukan lokasi instlasi dan setelah itu kalian tinggal klik InstalInstall Genshin Impact

Tunggu Proses Instalasi Selesai

Sekarang, kalian tinggal menunggu proses instalasi4

Install Gamenya

Berikutnya, kalian tinggal menginstall gamenya seperti biasaGenshin Impact

Jalankan

Terakhir, kamu tinggal menjalankan game ini6

Nah, itulah cara instal Genshin Impact di Linux. Jika kalian ada pertanyaan atau apapun itu, jangan sungkan untuk bertanya di kolom yang telah kami sediakan yang Traveler.

Source: Explore Linux

Penulis yang sangat tertarik dengan industri video game dan juga Esports. Saya menulis beragam topik menarik, tips dan trik, serta tutorial yang akan memecahkan masalah kalian.

Related Posts

Leave Comment
Hidupkan Notifikasi OK No thanks