Tips

Mata Lelah Bermain Game Terlalu Lama, Begini 7 Cara Mengatasinya

Bermain game memang merupakan aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan. Oleh karena itu, tak ada salahnya jika kita ingin bermain game. Namun, kegiatan itu dikatakan salah jika dilakukan terlalu lama, sehingga membuat kesehatan tubuh menjadi terganggu. Salah satu akibat yang sering dialami orang-orang karena terlalu lama bermain game online maupun game offline adalah mata menjadi lelah.

Memang sudah menjadi rahasia umum jika terlalu lama menatap gadget akan membuat mata kelelahan, bahkan terasa sakit. Biasanya gejala ini akan mulai menghilang setelah kamu mengistirahatkan mata atau melakukan hal lain untuk mengurangi ketidak-nyamanan pada mata.

Namun, pada beberapa kasus gejala mata lelah harus mendapatkan penanganan lebih lanjut. Nah, berikut 7 cara mengatasi mata lelah akibat bermain game terlalu lama.

1. Mengistirahatkan mata

Mata lelah bermain game terlalu lama dengan beristirahat
Ilustrasi istirahat | pexels

Mengistirahatkan mata sangat ampuh untuk mengatasi mata lelah karena terlalu lama bermain game. Di saat kamu terlalu fokus menatap layar ponsel, cobalah untuk menatap keadaan sekitar selain layar ponselmu.

Atau di saat matamu sudah kecapekan dan konsentrasimu sudah tidak terkontrol, cobalah untuk beristirahat, seperti tidur, berolahraga, atau melakukan aktivitas yang jauh dari layar gadget.

2. Mengatur Pencahayaan Ponsel

Mengatur pencahayaan ponsel
Ilustrasi ponsel | loop

Ada baiknya saat melihat ponsel, kamu harus menyesuaikan pencahayaannya sesuai dengan kondisi cahaya di sekitarmu. Jika keadaannya gelap, maka aturlah cahaya ponsel terang tapi tidak terlalu terang. Dan jika keadaan sekitar terang, aturlah biasa-biasa saja, jangan terlalu terang dan gelap. Beberapa ponsel dilengkapi dengan fitur pengaturan pencahayaan otomatis.

3. Mengatur Jarak Pandang

Menjaga jarak pandang
Ilustrasi | istimewa

Cara mengatasi mata lelah akibat terlalu lama bermain game adalah dengan mengatur jarak pandang saat menatap layar ponsel. Menatapnya dengan sangat dekat hanya akan membuat mata menjadi sakit hingga merah.

Sehingga disarankan tidak bermain game dalam posisi tiduran. Karena pada saat tiduran, orang-orang cenderung melihat layar ponselnya dengan sangat dekat.

4. Menggunakan Obat Tetes Mata

Menggunakan obat tetes
Ilustrasi | istimewa

Jika kondisinya sudah semakin parah, cobalah untuk menggunakan obat tetes mata. Obat ini banyak dijual di apotek dengan harga yang terjangkau dan sangat ampuh untuk membantu mencegah dan meredakan mata sakit karena kekeringan.

Meskipun mata baik-baik saja, tidak ada salahnya untuk menggunakan tetes mata. Hal ini berguna untuk menjaga mata supaya tetap terlumasi dengan baik dan mencegah timbulnya gejala.

5. Matikan Ponsel Sebelum Tidur

Mengatasi mata lelah bermain game matikan ponsel sebelum tidur
Ilustrasi | istimewa

Cobalah untuk mematikan ponsel satu jam sebelum tidur. Selain mengatasi masalah mata lelah, hal ini juga membantu mencegah masalah sulit tidur. Meski sulit, cobalah melakukannya secara perlahan.

Misalnya kamu ingin tidur pada pukul 10 malam, jadi saat waktu menunjukkan pukul 9 malam, cobalah untuk menghentikan aktivitas yang berhubungan dengan ponsel.

6. Menggunakan Kacamata yang Tepat

Memilih kacamata yang tepat
Ilustrasi | istimewa

Kalau kamu memerlukan kacamata atau lensa kontak supaya dapat bekerja dengan maksimal di depan gadget, pilihlah kacamata yang memang dirancang khusus untuk pekerjaan komputer.

Karena jika kamu asal-asalan memilih kacamata akan berdampak buruk pada mata ke depannya. Seperti pandangan menjadi tak jelas atau buram hingga berimbas pada keluhan sakit kepala.

7. Konsultasi dengan Dokter

Konsultasi dengan dokter
Ilustrasi | istimewa

Jika keadaannya makin tidak parah dan tak bisa ditangani sendiri, cobalah untuk mengkonsultasikannya ke dokter spesiali mata. Nantinya kamu akan mendapatkan pemeriksaan mata secara teratur dan komprehensif.

Hal ini bermanfaat untuk mengetahui kemampuan mata saat menglihat dan mendeteksi masalah penglihatan yang potensial.


Nah, itulah informasi mengenai cara mengatasi mata lelah akibat terlalu lama bermain game. Intinya cuma satu, yaitu jangan terlalu lama bermain game, kurangi waktunya, lakukan berangsur-angsur. Gamedaim Tips akan terus memberikan update, jadi pastikan kamu berkunjung kembali ya.

Related Posts

Leave Comment
Continue in browser
To install tap Add to Home Screen
Add to Home Screen
See this post in...
Gamedaim
Chrome
Add Gamedaim to Home Screen
Close

For an optimized experience on mobile, add Gamedaim shortcut to your mobile device's home screen

1) Press the share button on your browser's menu bar
2) Press 'Add to Home Screen'.
Gamedaim We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications