Tips

Apakah Bermain Game Membuat Pintar? Ini Jawabannya

Di jaman sekarang, bermain game sudah menjadi kegiatan yang biasa di mata orang. Baik itu kalangan anak-anak, remaja, hingga dewasa pun juga masih banyak yang bermain game.

Meskipun sebagian mengatakan bahwa game hanya membuang-buang waktu dan tidak bermanfaat. Namun sebagian ada yang mengklaim bahwa bermain game dapat membuat kita menjadi lebih pintar.

Apakah benar bermain game dapat membuat pintar? Untuk mengetahui jawabannya, mari kita simak bareng ulasannya berikut ini.

BACA JUGA:

Apakah Bermain Game Membuat Pintar?

Apakah bermain game membuat pintar
Apakah bermain game membuat pintar?

Melansir dari Business Insider, dari hasil studi yang dipublikasikan Nature pada tahun 2019. Para peneliti dari Universitas Sains dan Teknologi Elektronik China breast Universitas Macquarie Australia menemukan hasil bahwa bermain sebuah game dapat meningkatkan reaksi pada otak.

Di sisi lain, banyak penyelitain juga yang telah menunjukkan bahwa bermain game memiliki dampak nyata pada kognisi. Apa itu Kognisi? Kognisi adalah proses mental yang terjadi mengenai sesuatu yang didapatkan dari kegiatan berpikir tentang seseorang atau sesuatu. Proses yang dilakukan adalah memperoleh pengetahuan dan memanipulasi pengetahuan melalui aktivitas mengingat, menganalisis, memahami, menilai, menalar, membayangkan dan berbahasa. Demikian dilansir dari Wikipedia.

Bermain game dapat meningkatkan reaksi otak kamu, meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan, dan juga cara memecahkan masalah di lingkungan yang kompetitif. Game dapat meningkatkan kemampuan kognisi yang dapat berguna di kalangan masyarakat.

Lantas apakah bermain game membuat pintar? Menurut Ahli ilmu syaraf kognitif Bobby Stojanoski dari Western University di Ontario mengatakan bahwa belum ada hasil penelitian yang benar-benar dapat memastikan kebenaran tentang game yang dapat meningkatkan kemampuan otak.

Melansir ScienceNews, Bobby mengatakan, “Di setiap penelitian yang kami temukan, ada penelitian yang menunjukkan bahwa game mampu meningkatkan kemampuan otak dan ada penelitian dengan hasil yang justru menunjukkan sebaliknya.”

Bermain Game Dapat Memperbaiki Penglihatan

Apakah bermain game membuat pintar
Bermain game dapat memperbaiki penglihatan

Mungkin banyak dari kalian yang menganggap bahwa bermain game dapat merusak penglihatan mata yang kita miliki. Namun fakta sebenarnya justru sebaliknya, bermain game dapat memperbaiki penglihatan seseorang.

Hal yang dapat membuat seseorang kehilangan penglihatan adalah bermain game secara berlebihan.

Di Universitas McMaster, ada penelitian yang menunjukkan bahwa bermain game berdampak pada penglihatan. Dipimpin oleh Daphne Maurer, dalam penelitian ini dikumpulkan beberapa orang dewasa yang memiliki katarak (penyakit mata) di kedua matanya.

Meskipun mereka menjalani operasi di masa kecil mereka tetapi masih ada masalah saat membaca huruf kecil dan mengidentifikasi wajah. Setelah mereka memainkan sebuah game bernama Medal of Honor: Airborne Selama 40 jam dalam 1 bulan (secara teratur perharinya, tidak berlebihan) ada peningkatan dalam kemampuan mereka untuk melihat seperti lebih mudah untuk mengenali wajah dan membaca huruf -huruf kecil.


Apakah bermain game membuat pintar? Menurut Gamedaim, bermain game dapat membuat seseorang menjadi pintar jika ia dapat mengetahui manfaat dari bermain game itu sendiri. Sudah ada banyak sekali jenis game yang bisa dimainkan saat ini dan banyak diantaranya yang dapat memberikan manfaat yang bagus bagi orang yang memainkannya.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, jangan lupa untuk Ikuti terus Gamedaim supaya kalian tidak ketinggalan informasi terupdate dan menarik lainnya seputar Game dari kami.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment
Continue in browser
To install tap Add to Home Screen
Add to Home Screen
See this post in...
Gamedaim
Chrome
Add Gamedaim to Home Screen
Close

For an optimized experience on mobile, add Gamedaim shortcut to your mobile device's home screen

1) Press the share button on your browser's menu bar
2) Press 'Add to Home Screen'.