TipsOpini

Alasan Suikoden 2 Disebut JRPG Terbaik

Alasan Suikoden 2 Disebut JRPG Terbaik – Kalau membahas tentang game RPG, apa yang ada di pikiran kalian? Game dengan sistem Turn-Based? Game yang kental dengan unsur fantasi? atau mungkin game dengan alur cerita yang bagus? Semua unsur tadi bisa kalian temukan dalam game Suikoden 2. Game berjenis Japanese Role-Playing Game yang dikembangkan oleh Konami pada 17 Desember 1998 itu disebut-sebut oleh fans sebagai Game JRPG Terbaik sepanjang masa.

Mungkin di antara kalian ada yang kurang setuju dengan ini dan lebih mempercayai Final Fantasy VII sebagai JRPG Terbaik. Tapi ada beberapa alasan Suikoden 2 disebut JRPG terbaik, entah itu dari segi gameplay, story, atau bahkan penokohan karakternya. Saking bagusnya, kalian pasti akan menemukan jawaban Suikoden 2 setiap kali ada yang menanyakan “Game JRPG terbaik” entah itu di forum lokal maupun internasional.

Dalam artikel kali ini, Gamedaim akan membahas beberapa Alasan Suikoden 2 Disebut JRPG terbaik.

Alasan Suikoden 2 Disebut JRPG Terbaik

Story

Riou
Riou | via Twitter

Alasan Suikoden 2 disebut JRPG terbaik yang pertama adalah dari segi alur cerita. Dimulai dari Riou, sang protagonis utama dan teman masa kecilnya yang bernama Jowy Atreides sebagai anggota dari divisi pasukan militer muda untuk Highland Army yang sedang bertugas. Luca Blight, Pangeran gila dari Highland dan Kapten Rowd, komandan Riou dan Jowy, merencanakan pembunuhan massal terhadap divisi tersebut agar bisa menyalahkan Pihak Jowston.

Hal ini menjadi alasan bagi Pangeran untuk menyerang kota Jowston. Riou dan Jowy melarikan diri dari pembunuhan massal dan terjun ke sungai. Cerita dimulai di sini. Takdir Highland beserta keselamatan warga pun berada di tangan mereka dalam sebuah perang dan mereka berdua harus berjuang di jalan yang mereka pilih.

Antagonis yang ikonik

Luca blight
Luca Blight | via Destructoid

Alasan Suikoden 2 disebut JRPG terbaik yang kedua adalah antagonis yang ikonik. Seperti halnya tokoh Sephiroth dari Final Fantasy VII, Luca Blight juga menjadi antagonis yang dibenci oleh gamer dan menjadi karakter yang mengesalkan. Alasannya, karena karakter ini sangat kejam dan brutal sejak dimulainya permainan hingga saat terakhirnya. Bahkan, dia tidak segan untuk membunuh siapapun yang berasal dari kota Jowston.

Tidak hanya dari segi penokohan yang digambarkan dalam cerita, Luca Blight juga menjadi sosok Boss yang untuk mengalahkannya, dibutuhkan tiga babak dan di setiap babaknya membutuhkan pasukan 6 orang serta militer untuk melemahkan tokoh satu ini. Hal ini membuktikan kalau karakter Luca Blight memang kuat dari segi cerita dan juga ketahanan yang tidak bisa dikalahkan dengan mudah.

Luca blight 1
Luca Blight | via Zerochan

Tapi dibalik sifatnya yang kejam dan beringas, karakter ini memiliki masa lalu yang kelam. Sifat kejamnya ini karena Luca memiliki trauma pada kejadian di masa kecilnya, dimana Luca bersama kedua orang tuanya, Sara Brilight dan Agares Brilight, diserang oleh kawanan penjahat. Luca dan Sara tertangkap oleh penjahat, sementara ayahnya, Agares, melarikan diri dan meninggalkan mereka berdua.

Luca yang masih sangat muda, harus melihat ibunya dilecehkan oleh kawanan penjahat tersebut. Meskipun Luca berhasil selamat, tapi kejadian di masa lalunya membuatnya menyimpan dendam terhadap orang-orang Jowston karena diketahui bahwa kawanan penjahat itu berasal dari kota Muse.

Latar belakang ini juga membuat karakter Luca blight menjadi unik. Alasan yang kuat dan pengembangan karakter bisa melahirkan karakter yang kejam dan brutal seperti Luca Blight.

Petualangan yang seru

Suikoden 2
Suikoden 2 | via NME

Alasan Suikoden 2 Disebut JRPG Terbaik selanjutnya adalah petualangan yang seru. Siapa diantara kalian yang ingat dengan adegan pembunuhan massal di desa dilakukan oleh Luca Blight dan pasukannya secara brutal dan bahkan menjatuhkan kehormatan mereka? Itu semua terjadi di awal permainan. Apalagi dengan berbagai konflik Highland yang berusaha menguasai segalanya dengan kekuatan dan juga politik liciknya.

Itu tadi hanya permulaan alur cerita yang ada di sini. Ada banyak cerita lainnya yang bisa kalian jumpai, mulai dari awal terbentuknya armada Dunan yang dipimpin oleh seorang anak muda, Permasalahan politis di setiap kota, desa dari ras dan bahkan negara tetangga, latar belakang karakter hingga dipertaruhkannya persahabatan Riou, Jowy dan Nanami dalam konflik ini.

Mengingat game ini juga mengandung unsur fantasi, tentunya Suikoden 2 juga menampilkan cerita di luar konflik perang yang masih berhubungan dengan alur utama. Salah satunya, vampire bernama Neclord yang bangkit setelah sebelumnya dikalahkan oleh Victor di Suikoden yang pertama.

Akhir Cerita yang Memuaskan

Suikoden
Suikoden 2 | via VGN247

Alasan Suikoden 2 disebut JRPG terbaik berikutnya adalah Akhir yang memuaskan. Seiring alur cerita, kalian akan mengetahui kalau boss terakhirnya bukanlah Luca Blight, melainkan sahabat karib sang tokoh utama, yaitu Jowy. Alasan kenapa Jowy bisa menjadi Final Boss adalah karena tokoh ini bukanlah tokoh antagonis murahan dengan tujuan receh seperti menguasai dunia, balas dendam ataupun alasan umum antagonis lainnya.

Berawal dari pertemanan masa kecil berubah menjadi sesuatu yang mengharuskan Riou dan Jowy memilih jalan yang berbeda namun tetap dengan tujuan yang sama. Hal ini terjadi karena takdir yang tidak bisa diubah. Pertarungan melawan Jowy dibuat dengan sangat apik dan dramatis.

Cerita ini merupakan True Ending, dimana kalian bisa mendapatkannya dengan cara melengkapi rekrut 108 karakter dan juga event pemicu atau Trigger Event.

Pencarian 108 Karakter untuk direkrut

Karakter
108 Karakter untuk direkrut | via Sarutobification

Alasan Suikoden 2 disebut JRPG terbaik selanjutnya adalah adanya 108 karakter yang bisa direkrut. Ciri khas yang ada dalam waralaba Suikoden adalah 108 karakter yang bisa direkrut, meningat inspirasi game ini dari elemen novel Cina klasik. Karakter tersebut memiliki cara yang berbeda untuk bisa direkrut, mulai dari jalannya cerita, event pemicu, gift item, membawa karakter lain yang berhubungan dengan mereka dan lain sebagainya.

Banyaknya karakter yang sudah kalian rekrut akan mempengaruhi pengembangan markas utama. Beberapa dari mereka akan membuka shop, features dan bantuan lain entah itu dalam perang atau di luar perang. Pastinya, 108 karakter yang sudah kalian rekrut adalah salah satu syarat untuk mendapatkan True Ending pada game ini.

Sebenarnya masih banyak lagi alasan Suikoden 2 disebut JRPG terbaik, seperti kota yang bisa dikembangkan, dan juga adanya cameo dari Suikoden 1 yang bisa didapatkan dengan menggunakan save data dari Suikoden 1 yang sebelumnya pernah kalian tamatkan.

Dan itu tadi adalah Alasan Suikoden 2 disebut JRPG terbaik yang sudah Gamedaim rangkum. Kalau menurut Mrs. Retro sendiri sebagai penyuka game retro, seri Suikoden memang bagus dan direkomendasikan untuk kalian yang mencari alternatif game PS1 dengan story yang pas. Kalau kalian bagaimana?

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment
See this post in...
Gamedaim
Chrome
Add Gamedaim to Home Screen
Close

For an optimized experience on mobile, add Gamedaim shortcut to your mobile device's home screen

1) Press the share button on your browser's menu bar
2) Press 'Add to Home Screen'.