Review SADES WAND: Headset Gaming Surround 7.1 yang Punya Tampilan Futuristik

in , ,
Sades WAND HS In Hand Gamedaim Review

Sades merilis headset gaming terbarunya, yaitu Sades WAND pada awal bulan Maret 2020. Headset ini memiliki segudang fitur yang harusnya dimiliki headset 1 jutaan ke atas.

WAND ini harganya sekitar 300 ribuan saja. Meskipun begitu, fitur-fitur yang terdapat pada headset ini cukup banyak dan dapat memenuhi kebutuhan dalam gaming.

Menurut Penulis, headset ini seperti gabungan dari desain headset Sades lainnya, yaitu Sades SA-902 + Sades T-Power SA-701. Hanya saja, WAND ini memiliki LED berwarna biru sebagai opsi penerangan.

Gamedaim diberi kesempatan oleh Sades Indonesia untuk melakukan review atau ulasan terhadap headset WAND ini. Dan berikut ulasannya.

Desain yang Futuristik

Sades WAND HS In Hand 3 Gamedaim Review

Oke, mungkin kita bisa sepakat bahwa headset rilisan dari Sades mayoritas memiliki desain yang futuristik dan tidak simple–kecuali untuk beberapa headset seperti Fpower yang telah Penulis review sebelumnya di sini.

Sades juga menerapkan-nya pada Sades WAND ini. Seperti namanya yaitu WAND, Sades mengklaim bahwa desain headset ini seperti tongkat sihir. Untuk build quality, bahan yang digunakan terasa seperti plastik.

Sades WAND HS Gamedaim Review

Tetapi secara pribadi, Penulis malah melihat desain WAND ini seperti desain headset yang cocok digunakan orang-orang di film Star Trek–atau bahkan Transformer karena desain yang futuristik ini entah mengapa mengingatkan Penulis pada Optimus Prime.

Kenyamanan Saat Menggunakan Headset

Sades WAND Earcup Gamedaim Review

Mengenai kenyamanan, Penulis cukup betah dengan desain dari headset ini. Apalagi busa pada earcup terasa empuk dan pas di telinga Penulis yang caplang ini. Juga, busa pada bando sama empuknya.

Hanya saja, Penulis secara pribadi lebih suka jikalau busa pada bando tidak dibagi empat seperti pada headset WAND ini–jadi terasa ada yang mengganjal di kepala jika dipakai.

Sades WAND Bando Gamedaim Review

Dan satu lagi, microphone pada headset ini hanya dapat diputar ke atas dan ke bawah secara lurus Jika diputar ke arah atas, maka microphone pada headset ini secara otomatis akan dinonaktifkan–swivel-to-mute nama desainnya.

Plug and Play

Sades WAND Gold Plug Gamedaim Review
Gold-plated USB Plug

Sades sepertinya memahami tingkah laku para gamer yang tidak ingin ribet.

WAND dapat langsung digunakan hanya dengan dicolok saja–plug and play–jadi tidak perlu menginstall driver apapun. Untuk mekustomisasi-nya sendiri Sades menyediakan in-line remote control yang mudah untuk digunakan.

Sades WAND In Line Remote Gamedaim Review

Remote control ini memiliki 5 tombol untuk pengaturan mic, pencahayaan, volume (volume up and volume down), dan atau panggilan masuk. Pengguna juga dapat mengaktifkan mode audio Stereo atau Surround 7.1 pada remote.

Punya 2 Mode Audio, Stereo dan Surround 7.1

Sades WAND Mic Gamedaim Review

Seperti Penulis beritahu sebelumnya, ada tombol yang dapat mengaktifkan dan menonaktifkan mode audio Stereo serta Surround 7.1 pada remote.

Yap, headset ini sudah Surround 7.1

Jika Penulis aktifkan mode Surround 7.1, yang tadinya mode Stereo dengan suara yang cukup bass, maka ketika mode Surround 7.1 diaktifkan, suara yang dihasilkan seperti diperbesar dan mengarah ke treble daripada bass atau mid.

Namun, pengalaman Penulis saat bermain Rainbow Six Siege saat mode Surround 7.1, step langkah musuh jadi semakin terdengar dan mudah untuk ditebak daripada mode Stereo yang lebih ke bass.

Jadi, secara pribadi, Penulis lebih suka memakai mode Surround 7.1 bukan untuk mendengarkan musik, tetapi hanya untuk bermain game. Dan mode Stereo lebih Penulis suka untuk mendengarkan musik–seperti musik dari BTS misalkan.

Spesifikasi

Sades WAND Box With HS 2 Gamedaim Review
  • Loudhailer diameter: 40 mm
  • Sensitivity: 93 ± 3 dB at 1 kHz
  • Frequency response: 20 ~ 20,000 Hz
  • Impedance: 32 Ω at 1 kHz
  • Handling power capacity: 15 mW
  • Mic sensitivity: -30 ± 3 dB at 1 kHz
  • Mic frequency response: 50 – 10 kHz
  • Mic impedance: ≤ 2.2 KΩ at 1 kHz
  • Mic directivity: omnidirectional
  • Cable length: 2.2 m/ 7.22 ft
  • Input Plug: Gold-plated USB Plug

Kesimpulan

Sades WAND Box Content Gamedaim Review
Konten dari box Sades WAND: HS Sades WAND, Manual Guide, Kartu Garansi, Sticker

Dengan berbagai fitur yang bisa memanjakan pengalaman bermain, WAND bisa menjadi headset daily-driver kamu untuk aktifitas gaming.

Selain sudah mengusung mode audio Surround 7.1, headset ini juga menyediakan in-line remote control untuk mengatur segala profil audio.

Apalagi desain pada WAND ini terkesan futuristik nan gaming ditambah LED berwarna biru di bagian luar earcup.

Itulah Review Sades WAND yang bisa Gamedaim berikan. Jika tertarik, kamu dapat membeli Sades WAND ini seharga Rp360.000 di Official Tokopedia Sades Indonesia di sini.