Review Sades Dragon Wolf: Keyboard TKL Mekanikal yang Sadis

in , ,
Sades Dragon Wolf Box

Sades merilis Dragon Wolf, sebuah keyboard TKL (Tenkeyless) yang dilengkapi dengan Blue Switch Cherry MX membuat kesan ganas dan sadis seperti namanya.

Produk keyboard terbaru mereka ini bisa dibilang premium karena dilihat dari harganya mematok di sekitar 700 ribuan. Meski begitu, apakah Sades Dragon Wolf ini cocok untuk gaming atau daily driver kalian para gamer?

Untuk mengetahuinya, Gamedaim diberi kesempatan oleh Sades Indonesia untuk melakukan review terhadap produk Dragon Wolf ini. Dan berikut ulasannya.

Premium Harganya, Banyak Fiturnya

Sades Dragon Wolf Box With Background

Dragon Wolf merupakan keyboard bertipe TKL mekanikal termahal saat ini yang dirilis Sades. Mereka punya Sades Shield RGB yang harganya sedikit di bawah Dragon Wolf.

Ada jargon mengatakan, harga sesuai kualitas dan itu benar. Keyboard ini memiliki cukup banyak fitur yang ditawarkan di samping harganya yang kurang miring.

Pertama, Dragon Wolf memakai Blue Switch Cherry MX untuk keyboard mereka.

Sades menyatakan bahwa Dragon Wolf menjadi salah satu tipe keyboard TKL dengan Cherry MX termurah di kelasnya. Spesifikasi dari Cherry MX ini salah satunya memiliki Life Span / Key Stroke hingga di atas 50 juta kali.

Sayangnya, Dragon Wolf hanya dapat kamu beli dengan opsi Blue Switch Cherry MX dan tidak ada opsi warna lain seperti Red, Brown dan atau Black switch. Berjumlah 87 tombol, semua tombol di Dragon Wolf mengusung Anti-Ghosting.

Kedua, RGB tetap melekat di produk peripheral masa kini, dan Dragon Wolf juga memilikinya.

Hanya saja, RGB yang diusung hanya berwarna putih saja dan tidak ada pilihan warna lain.

Sebenarnya tidak bisa disebut RGB juga karena keyboard ini hanya memiliki 1 warna saja.

Sades melabeli-nya sebagai “Illusive White LED” karena keyboard ini mengeluarkan cahaya putih di balik tombol keyboard.

Sades Dragon Wolf Isi Box
Isi dari box Sades Dragon Wolf. Kalian akan mendapatkan keyboard, bonus rainbow keycap, puller keycap, dan CD driver.
Blue Switch Cherry MX
Blue Switch MX Cherry

Meskipun demikian, ada 18 mode LED yang bisa diatur sesuka kalian. Cukup banyak mode yang ditawarkan di samping kekurangannya yang hanya memiliki RGB berwarna putih saja.

Untuk mengubah mode LED, kalian hanya perlu menekan tombol FN + INS, FN + HOME, FN + PAGEUP, FN + DELETE, dan FN + PAGE DOWN. Sebagai catatan, masing-masing kombinasi memiliki 4 mode LED.

Ketiga, fitur ini sebenarnya bukan dari keyboard itu sendiri, melainkan Sades menyediakan bonus Sades Rainbow Keycaps di paket pembelian Dragon Wolf.

Bonus keycaps ini sendiri berjumlah 37 buah tombol yang siap mewarnai hitam pekat warna keyboard Dragon Wolf.

Bicara soal body. Dragon Wolf punya body yang compact. Maklum saja karena TKL jadi terlihat kecil dan imut. Warna dari body-nya sendiri full black dan terdapat logo Sades di bagian atas tombol arrow.

Untuk kabel, keyboard ini memiliki panjang kabel konektor hingga 175 CM yang USB-nya dilapisi warna gold.

Keyboard Serigala Naga (Dragon Wolf) yang Sadis, Namun..

Tentu saja mekanikal menjadi tipe keyboard yang banyak dipakai oleh gamer saat ini. Apalagi yang desainnya compact dan kecil. Sades melihat hal tersebut dengan merilis Dragon Wolf bertipe TKL.

Di samping kelebihan dan fiturnya, namun amat disayang keyboard yang harganya agak premium ini tidak menyediakan hand-rest. Penulis berharap keyboard ini disediakan hand-rest sebagai bonus tambahan.

Padahal seperti yang penulis ketik di awal, Dragon Wolf merupakan keyboard TKL termahal dan sedikit di atas harganya dari Sades Shield RGB.

Sades Shield RGB-pun merupakan keyboard bertipe TKL mekanikal yang mempunyai hand-rest.

Keyboard Sades Dragon Wolf
Rainbow Keycaps Dragon Wolf
Rainbow keycap sebagai bonus di setiap pembelian Dragon Wolf.

Tetapi patut diapresiasi karena Sades menyediakan bonus keycaps Rainbow mereka. Jadi bagi kalian yang suka mengutak-ngatik dan mendesain keyboard tidak perlu lagi membeli keycaps rainbow tambahan untuk membuat ciamik keyboard kalian.

Untuk informasi lengkapnya, simak berikut spesifikasi dari Dragon Wolf.

Spesifikasi

  • 87 tombol, Mechanical keyboard
  • Top Cover: ABS
  • Bottom Cover: ABS
  • Keycaps: Double Injection
  • Cherry Blue Switches
  • LED Effects: White LED
  • Full Anti Ghosting Key
  • 1.75M Braided Cable
  • Berat: 887g

Kesimpulan

Bagi kalian yang suka dengan keyboard mekanikal imut dan mirip seperti Ducky One tetapi dengan harga yang lebih murah serta sudah memakai Switch dari Cherry MX, Sades Dragon Wolf ini bisa jadi pilihan alternatif.

Tetapi jika kalian lebih suka keyboard TKL tetapi tetap memiliki hand-rest, disarankan untuk membeli Sades Shield RGB yang harganya jauh lebih murah tetapi sudah memiliki hand-rest.

Meski begitu, Sades Dragon Wolf juga bisa jadi keyboard pilihan kalian untuk aktivitas gaming sembari mempercantik setup kalian karena Sades memberikan bonus Rainbow Keycap di setiap pembelian.

Dibandrol seharga Rp739.000, kamu dapat membeli keyboard ini lewat link di sini.