Review Rexus Daxa M71 Classic: Keyboard 65% yang Mungil

in , ,
Rexus Daxa M71 Classic Keyboard Gamedaim Review

Rexus Daxa M71 Classic menjadi keyboard mechanical 65% pertama yang mereka rilis. Dengan harga yang begitu terjangkau, keyboard mungil ini bisa kalian dapatkan dengan berbagai fitur premiumnya.

Memang dewasa ini, banyak varian mechanical keyboard yang muncul ke pasaran, terutama menyoal layout keyboard.

Keyboard dengan layout 60% – 65% menjadi salah satu keyboard yang para gamer andalkan karena ukurannya yang bikin main jadi fleksibel.

Penulis pada review Rexus Daxa M71 Classic ini mendapatkan versi yang warna White dengan varian Blue Switch.

Namun, apakah Rexus Daxa M71 Classic yang menjadi keyboard premium dari Rexus dapat memenuhi ekspetasi kalian? Simak review Rexus Daxa M71 Classic berikut ini.

Isi Box-nya Bonus Feet Keyboard

Rexus Daxa M71 Classic Box Gamedaim Review
Box Rexus Daxa M71 Classic

Sebelum membahas keyboard, Penulis akan membahas mengenai box dan isi paket pembelian.

Box dari Daxa M71 terkesan premium karena bahannya agak keras dengan hiasan corak dan terdapat logo Daxa pada bagian depannya.

Saat Penulis buka, box-nya berisi: Keyboard Daxa M71 Classic, 2x magnet feet keyboard, 4x blue switch, keycaps puller, switch puller, USB 3.0 model Type-C dengan kabel braided, buku panduan, dan kartu garansi.

Rexus Daxa M71 Classic Paket Pembelian Gamedaim Review
Isi paket pembelian

Warna kabel braided-nya mengikuti body si keyboard, jadi semua full-white. USB-nya pun juga sudah gold plated.

Yang unik, terdapat bonus feet keyboard tetapi pemasangannya itu memakai magnet.

Hal ini menurut Penulis membuat keyboard premium ini menjadi lebih unik. Karena pada dasarnya, banyak feet keyboard yang bukan model magnet seperti ini, melainkan sudah built-in.

Hanya saja tidak ada slot untuk menaruh magnet feet keyboard-nya pada Daxa M71. Saat tidak dipakai, mau tidak mau kaki-nya itu harus kalian taruh pada box atau tempat aman lainnya agar tidak hilang. Jadi tidak efisien aja gitu.

Build Quality yang Solid

Rexus Daxa M71 Classic Keyboard Medium Shot Gamedaim Review

Keyboard ini punya layout 65% dengan total tombol sebanyak 71 buah yang berukuran (p) 33cm x (l) 12cm x (t) 3cm. Bobot keyboard-nya agak berat, jadi bikin gak gampang gerak pas nge-game.

Warna keyboard yang Penulis terima ialah Elegant White atau putih. Selain putih, ada varian warna lain yaitu Black Beauty atau kita sebut yaitu warna hitam.

Daxa M71 Classic punya build quality yang memang premium. Mulai dari body hingga keycaps-nya itu bagus dan terasa kokoh.

Case keyboard-nya masih dari bahan plastik, tapi terasa cukup solid dengan permukaan yang terasa halus.

Material keycapsnya sendiri ialah plastik ABS yang kerasa tebel. Penulis saat mengetik feelnya itu enak, gak licin jadi gak ada masalah.

Printing font atau simbol lainnya juga tidak muluk-muluk alias sudah oke.

Rexus Daxa M71 Classic Close Up Gamedaim Review

Dengan tombol berjumlah 71 buah, keyboard ini tidak terdapat tombol khusus function. Hanya saja fungsi function dialihkan ke angka pada bagian atas keyboard. Selain itu, tombol prt scr (screenshot) juga tidak ada.

Mengusung konektivitas yang detachable, port USB kabel-nya terdapat pada bagian kiri keyboard.

Pada bagian bawah keyboard terdapat 4 kaki yang bahannya itu dari karet. Khusus kaki depan terdapat magnet pada bagian dalamnya agar bisa pengguna tempel dengan kaki keyboard tambahan yang juga dari magnet.

Letak kaki depannya sendiri benar-benar terletak pada bagian yang pinggir banget. Tapi karena magnetnya kuat banget, jadi gak gampang kegeser atau copot.

Mengusung Switch Outemu dan Sudah Hot Swappable

Rexus Daxa M71 Classic Blue Outemu Switch Gamedaim Review
Blue Outemu switch

Rexus menyediakan 3 varian warna untuk switch pada Daxa M71 Classic yaitu brown, red, dan blue. Penulis sendiri menerima varian yang blue.

Blue Switch yang Rexus pakai untuk keyboard ini sendiri ialah Outemu yang punya karakteristik tactile dan clicky.

Lifespan switch-nya sendiri sampai 50 juta kali.

Memang sudah menjadi ciri khas dari Rexus untuk keyboardnya yang sering memakai Outemu.

Untuk switch-nya sendiri gak ada masalah. Pas nge-press-nya itu terasa ringan tapi memang sangat berisik untuk pengetikan.

Namun jika kalian merasa kurang cocok dengan feel saat mengetik menggunakan Blue Outemu, tenang saja. Rexus juga memberikan fitur Hot Swappable pada switchnya.

Daxa M71 yang Kaya Akan RGB

Rexus Daxa M71 Classic Overhead Keyboard Gamedaim Review

Untuk menarik para gamer, Rexus tentunya menambahkan fitur RGB pada keyboard premium mereka ini.

Dengan lampu RGB-nya yang LED, warna-nya terlihat sangat ciamik.

Yang bikin beda dari RGB pada umumnya, pada keyboard ini terdapat Side Lamp yang juga RGB.

Rexus Daxa M71 Classic Rgb Side Lamp Gamedaim Review
Side lamp

Untuk mengubah mode atau warna RGB-nya ada beberapa cara.

Pertama, Kombinasi tombol FN + HOME untuk mengganti 17 efek RGB secara bergantian. Kedua, Kombinasi FN + INS untuk mengganti RGB pada Side Lamp. Ketiga, Kombinasi FN + END untuk mengganti warna lampu RGB-nya.

Kemudian kombinasi dengan tombol arrow yaitu, FN + Panah Atas untuk menaikkan kecerahan, FN + Panah Bawah untuk menurunkan, FN + Panah Kanan untuk menambah kecepatan, dan FN + Panah Kiri untuk mengurangi kecepatan.

Dengan RGB-nya yang punya banyak mode, warna, dan juga terdapat Side Lamp, keyboard ini jadi semakin terlihat keren untuk situasi ruangan yang gelap atau pada malam hari.

Rexus Daxa M71 Classic Rgb Gelap Gamedaim Review
RGB pada kondisi gelap

Selain pengaturan RGB, keyboard ini juga bisa pengguna atur dengan tombol kombinasi lainnya. Contohnya untuk masuk ke mode game guna mengaktifkan tombol makro, tinggal pencet FN + Tab dan RGB keyboard akan menyala selama beberapa kali selama perpindahan mode.

Atau pengaturan lainnya seperti FN + Win yang bisa membuka atau mengunci tombol Windows.

Jika bingung, ada icon pada keycaps untuk menjelaskan fungsi dari tombol kombinasi. Agar lebih jelas, kombinasi tombol lainnya terdapat pada buku panduan.

Spesifikasi Rexus Daxa M71 Classic

  • Dimensi: 330(P) x 102(L) x 37 ± 2mm (T)
  • Jumlah Tombol: 71 Tombol
  • Lampu Latar: LED
  • Material: Plastik ABS
  • Konektor: Kabel USB 3.0
  • Sistem operasi: Windows XP/VISTA/7/8/10, IOS, MacOS, Linux

Kesimpulan

Rexus Daxa M71 Classic Hands On Gamedaim Review

Kesimpulan dari review Rexus Daxa M71 Classic ini ialah keyboard premium ini terjangkau tapi punya build quality dan fitur yang memang premium.

Dengan layout 65% berjumlah total 71 buah tombol, keyboard ini memberikan kesan estetika.

Keycaps plastik ABS dan case keyboard yang masih berbahan plastik tapi terasa solid–gak kerasa plastik murahan.

Blue Switch dari Outemu memberikan karakteristik tactile clicky, cocok untuk kalian yang memang suka dengan karakteristik tersebut.

Namun jika kalian tidak suka dengan karakteristik tersebut, Rexus memberikan jawabannya karena keyboard ini Hot Swappable yang berarti bisa kalian ganti switchnya dengan merk atau model lain.

Keyboard ini juga unik karena mengusung kaki yang bisa detachable karena menggunakan magnet. Walau sayangnya belum ada slot untuk menaruh feet-nya pada keyboard.

Kabel konektivitas USB 3.0-nya punya lapisan gold-plated yang detachable dan sudah braided. Warna kabel-nya pun mengikuti si keyboard.

Menyoal RGB, Rexus memberikan fitur lebih terhadap keyboard ini. Terdapat side lamp yang juga RGB yang bikin keyboard ini semakin berwarna. Kustomisasi RGB pada keyboard-pun banyak sekali. Ada total 17 macam efek RGB.

Selain warna putih dan blue switch, Rexus menyediakan varian warna dan switch lainnya. Dan terdapat Daxa M71 PRO untuk versi wireless-nya.

Jika kalian tertarik, Rexus Daxa M71 dapat kalian beli seharga Rp649.000 (untuk harga diskon saat artikel ini ditulis. Harga normal: Rp999.000) pada link pembelian berikut ini: Tokopedia

Berikan Nilaimu untuk konten ini