Review Rexus DAXA Air: Mouse Honeycomb Premium Dengan Segudang Kustomisasi

in , ,
Rexus Daxa Air Mouse Hands On Gamedaim Review

Bernama DAXA Air, sebuah produk mouses honeycomb ‘premium’ terbaru dari Rexus Indonesia memperlihatkan bahwa Rexus yang dikenal sebagai brand peripheral entry-level juga tertarik di ranah produk premium.

Rexus merilis DAXA Air secara resmi ke publik pada tanggal 20 Mei 2020. Tanggal dengan angka yang cukup cantik untuk merilis produk ciamik.

Produk ini bisa dibilang banyak kustomisasi-nya. Mulai dari fitur RGB, DPI, Refresh Rate, dan bahkan, bolong-bolong (baca: honeycomb) pada mouse ini bisa diganti (swappable) dengan versi biasa loh!

Gamedaim diberi kesempatan oleh Rexus Indonesia untuk mengulas atau melakukan review terhadap DAXA Air. Simak berikut ini.

Box-nya Kotak, Keras, dan Terlihat Premium

Rexus Daxa Air Box Mouse Gamedaim Review
Rexus Daxa Air Box Gamedaim Review
Box DAXA AIR

Sebelum membahas dari sisi desain, mari kita sejenak memberi perhatian pada box dari DAXA Air ini.

Box atau kemasan produk mouse honeycomb premium ini benar-benar terlihat premium karena bahan yang dipakai pada box ini bukan plastik pada box umumnya. Bentuknya kotak dan keras. Mungkin kalau ditambahkan warna teks pada logo ‘DAXA Air’ yang keemasan jadi makin keliatan premium-nya ya.

JANGAN LEWATKAN •
BenQ Hadirkan Edisi Khusus Seri Putih ZOWIE FK & EC di Indonesia

Namun, Penulis sendiri sering agak susah untuk membuka tutup box ini dikarenakan tidak ada-nya semacam kail pembuka untuk mempermudah.

Rexus Daxa Air Box Content Package Gamedaim Review
Isi dari Box

Isi dari box DAXA Air ini sendiri terdapat:

  • Mouse DAXA Air
  • Pouch
  • Sticker Rexus
  • Buku manual
  • Kartu garansi
  • Cover mouse
  • Weight system
  • 1 set glide mouse / mousefeet

Mouse Honeycomb yang Ergonomis dan Enteng, Cocok untuk Kompetitif serta Style

Rexus Daxa Air Mouse Design Gamedaim Review

Mouse honeycomb memang sedang menjadi trend gamer saat ini–termasuk gamer di Indonesia. Pada umum-nya, orang-orang melihat dan menjuluki mouse ini bukan mouse ‘honeycomb’ tetapi mouse ‘Trypophobia’ karena desainnya yang bolong-bolong.

Rexus DAXA Air di sisi desain bisa diacungi jempol walau dari sisi build quality, mouse ini masih memakai plastik. Mouse premium ini memiliki desain yang ergonomis dan enteng. Rexus sendiri mengklaim di mana mouse ini memang memiliki berat yang ‘ultra lightweight’.

JANGAN LEWATKAN •
Review SADES Fpower: Headset Multi-Platform Berdesain Simpel Tapi Menarik

Beratnya mouse ini sendiri hanya 58g saja. Amat sangat enteng jika kamu bermain game FPS kompetitif. Selebih lagi, mouse ini mengusung kecepatan 400 IPS (Inch per Second) dan sensor PIXART PMW3389 yang telah dipakai di berbagai mouse kompetitif dari brand lainnya.

Untuk tombol, DAXA Air memakai switch Omron yang berasal dari Jepang namun diproduksi di Cina. Durabilitas untuk switch Omron ini sendiri mencapai 20 juta klik.

Rexus Daxa Air Mouse Cable Gamedaim Review
Kabel Paracord

Kabel yang dipakai sendiri ialah kabel Paracord sepanjang 1,8 meter. Kabel ini diaplikasikan ke mouse tentu untuk memberi kesan premium dan ringan karena sudah banyak mouse-mouse gaming yang memakai kabel paracord–walau lebih banyak yang kustom.

Namun sayangnya, kabel pada mouse ini agak susah untuk dikaitkan di Headset Bungee milik Rexus yaitu Bungee J3.

Buat kalian yang bertanya-tanya mengapa mouse ini tidak teralu berat. Jelas karena mouse ini mengadopsi model ‘honeycomb’ yang membuatnya lebih enteng dari mouse konvensional lainnya.

Tentu, mouse yang enteng ini juga terukir pada nama dari si mouse ini sendiri yaitu ‘Air’. Karena ‘Air’ sendiri–bukan maksudnya air yang mengalir ya–ialah udara. Seperti yang kita ketahui, udara itu tidak terlihat dan terkesan ringan beratnya. Sama seperti si mouse.

JANGAN LEWATKAN •
Gara-gara di Diskon, Shadow of the Tomb Raider di Steam Dapat Review Buruk dari Fans!
Rexus Daxa Air Mouse Without Module Weight Gamedaim Review
Tanpa Modul Pemberat
Rexus Daxa Air Mouse With Module Weight Gamedaim Review
Dengan Modul Pemberat

Tetapi tidak perlu khawatir. Buat kamu yang merasa mouse ini butuh sedikit lagi tambahan berat, Rexus sudah menyiapkan modul pemberat yang bisa dicopot-pasang ke mouse.

Cara memasang pemberatnya-pun sangat mudah. Pertama, angkat atau tarik terlebih dahulu cover pada mouse lalu masukkan modul pemberat ke tempat yang telah disediakan di dalam cover mouse. Jika masih bingung, ada panduannya di buku manual.

Mouse dengan Segudang Kustomisasi

Rexus Daxa Air Mouse Gamedaim Review
Rexus Daxa Air Mouse Gamedaim Review

Kustomisasi juga banyak terdapat pada mouse ini. Sebelumnya, penulis me-review Rexus VR5, sebuah combo gaming gear dari Rexus yang terdapat mouse ‘honeycomb’ juga.

Iklan Guardian Tales Middle Post 336x280

Bedanya, mouse honeycomb pada VR 5 tidak dapat dikustomisasi polling rate dan cover-nya, berbeda dengan DAXA Air ini.

Mouse ini dapat dikustomisasi mulai dari LOD, polling rate & DPI yang bisa diatur melalui tombol, cover atas-nya, dan terakhir yang paling esensial ialah RGB.

JANGAN LEWATKAN •
BEKRAF Game Prime 2016 Siap Digelar di Jakarta
Software Key Daxa Air Gamedaim Review
Pengaturan tombol melalui software
Software Dpi Daxa Air Gamedaim Review
Profil DPI 7 tingkatan yang bisa diatur sesuka hati
Software Led Daxa Air Gamedaim Review
Berbagai efek RGB bisa diatur kecepatan dan besar cahaya-nya
Software Parameter Daxa Air Gamedaim Review
Sensitivitas mouse hingga LoD dapat diatur di panel Parameter
Software Macror Daxa Air Gamedaim Review
Kamu juga bisa buat profil Macro tersendiri

DPI bisa diatur melalui tombol bagian atas mouse ini. Adapula tingkatan default pada DPI ini yang di antaranya: 400, 800, 1200, 2400, 3200, 6400. Selebihnya, pengguna bisa mengatur DPI lebih luas hingga 16000 DPI menggunakan software (download software DAXA Air di sini).

Sama seperti DPI, polling rate bisa diatur melalui tombol di bagian bawah mouse. Ada 3 tingkatan untuk polling rate, yaitu 125Hz, 500Hz, dan 1000Hz (durasi respon 1mikro detik). Bedanya dengan DPI, tombol pada polling rate bukan model ‘click button’, tetapi menggunakan model ‘slide button’.

Untuk RGB, mouse ini bisa diatur lewat software walau sebenarnya bisa juga diatur lewat tombol kombinasi dengan cara menekan tombol ‘forward’ di bagian kiri mouse + ‘right click’.

Rexus Daxa Air Click Button Cover Gamedaim Review
Cover dan Click Button yang dapat diganti

Berbicara soal tombol ‘click’, selain cover mouse, tombol click pada mouse juga bisa diganti loh cover-nya! Tombol click kirin maupun kanan bisa diganti dengan cara yaitu, pertama-tama cover mouse harus dicopot terlebih dahulu, kemudian barulah tombol click.

JANGAN LEWATKAN •
Setelah Akuisisi Nextbit, Razer Bakal Rilis Smartphone Gamingnya Tahun Depan

Jika bingung, ada step-by-stepnya di buku manual.

Rexus Daxa Air Mouse Glide Gamedaim Review
Tampilan bawah DAXA Air dengan 4 glide

Oh ia, tidak lupa juga, pada paket box pembelian Rexus menyediakan mousefeet / glide loh. Jadi sewaktu-waktu jika sudah dirasa terlalu usang kaki mouse DAXA Air ini karena sering dipakai, kamu bisa menggantinya dengan glide cadangan–jadi mirip produk mouse dari brand-brand premium sebelah gitu jadinya deh.

Kesimpulan

Rexus Daxa Air Box Mouse Open Gamedaim Review

Di akhir review, seperti biasa, Penulis akan memberikan dan menarik kesimpulan dari review mouse honeycomb kali ini.

Menurut Penulis pribadi, Rexus DAXA Air punya banyak kelebihan dibanding kekurangannya. Kelebihan itu terletak pada berbagai kustomisasi yang terdapat pada mouse ini. Baik itu dari sisi fitur maupun teknis produknya.

Mulai dari cover yang bisa di-swappable, sampai tombol pada mouse ini juga bisa diganti. Jika kesulitan, ada langkah-langkahnya di buku manual.

Namun, kekurangan juga terdapat pada mouse ini. Salah satunya kabel Paracord yang telah disebutkan Penulis sebelumnya, agak susah untuk dikaitkan ke Bungee J3 milik Rexus.

JANGAN LEWATKAN •
Review Sades Wings 10: Earphone Gaming Low Budget yang Praktis

Tetapi tidak masalah, karena sebenarnya kita bisa mengganti kabel Paracord ini dengan kabel jenis lainnya yang klop dan mudah dipasang dengan Bungee J3 itu sendiri.

Untuk mouse ‘premium’ yang mengusung honeycomb model o di harga 900 ribuan dengan berbagai fitur utama yang sudah dijelaskan, amat sangat klop dengan kualitas serta fitur yang diaplikasikan pada mouse ini.

Akhir kata, mouse ini worth untuk dijadikan daily driver mouse kalian.

Penulis pribadi mengapresiasi langkah Rexus Indonesia untuk merilis produk ‘premium’ bernama Rexus DAXA Air kali ini. Harapan Penulis ke depan untuk Rexus, semoga semakin banyak produk ‘premium’ harganya, dan ‘premium’ kualitasnya.

Jika kalian tertarik dengan Rexus DAXA Air ini, kalian bisa membeli-nya seharga Rp899,000 jadi Rp649,000 (Free Case Cover) untuk harga Pre-Order di official Toko Rexus Indonesia dengan link pembelian berikut ini:

Free Case Oranye
Free Case Oranye
Free Case Bluejpg
Free Case Blue

Buruan beli dan dapetin free case-nya dengan persediaan terbatas: Oranye (100 pcs) dan Biru (100 pcs).