Review NYK Nemesis Basillisk KC-500: Gaming Gear Sepaket yang Murah

in , , , , ,
Nyk Nemesis Kc 500 Setup Birdeye Gamedaim Review

NYK Nemesis memberi pilihan kepada para gamer untuk membeli combo gaming gear melalui Basillisk KC-500 yang murah dan cukup berkualitas.

Combo gaming gear acapkali menjadi pilihan gamer karena dengan sekali membeli, kita bisa dapat peralatan yang dibutuhkan untuk bermain gim lewat PC desktop.

NYK Nemesis Basillisk KC-500 sendiri merupakan combo gaming gear yang berisikan mouse, keyboard, dan juga mousepad. Dari ketiga produk yang sudah sepaket ini, ada produk yang terbilang sudah oke tapi pada sisi lain juga masih kurang begitu baik.

Walau harganya terjangkau, apakah NYK Nemesis KC-500 layak kalian beli? Simak review NYK Nemesis Basillisk KC-500 berikut ini.

Unboxing NYK Nemesis Basillisk KC-500

Nyk Nemesis Kc 500 Box Depan Gamedaim Review

Seperti box dari brand NYK Nemesis pada umumnya yang bertemakan hijau, KC-500 pun juga begitu. Ketebalan box-nya juga tidak terlalu tebal dan terkesan gampang robek.

Pada bagian depan memperlihatkan gambar ketiga produk dengan beberapa fitur andalan masing-masing produk. Sedangkan pada bagian belakang juga memperlihatkan gambar ketiga produk tetapi juga menyematkan poin-poin spesifikasi dari ketiga produk.

Nyk Nemesis Kc 500 Box Belakang Gamedaim Review

Pada bagian atas box-nya sendiri terdapat handles jadi dapat mudah untuk kita angkat atau kita bawa.

Isi paket pembelian NYK Nemesis KC-500 sendiri antara lain: keyboard, mouse, mousepad, dan buku manual.

Nyk Nemesis Kc 500 Box Dibuka Gamedaim Review
Nyk Nemesis Kc 500 Isi Box Gamedaim Review
Nyk Nemesis Kc 500 Buku Manual 1 Gamedaim Review
Nyk Nemesis Kc 500 Buku Manual 2 Gamedaim Review

Saat penulis buka, ketiga produk pada combo gaming gear ini sudah diselimuti dengan gayanya masing-masing.

Tapi mengingat box-nya tidak terlalu tebal, penulis mengira di dalam box-nya sudah terselip semacam bubble wrap untuk melindungi ketiga produk KC-500. Namun sayangnya tidak ada. Keyboard KC-500 memang sudah terselimut cover, namun cover-nya ini sangat amat tipis sehingga tidak cukup menahan benturan.

Mouse KC-500 memiliki box khususnya tersendiri pada bagian pojok kanan atas. Box berwarna putih ini juga tidak ada branding NYK Nemesis sekalipun, hanya polos saja.

Dan terakhir mousepad KC-500 hanya ter-cover oleh plastik berbentuk lonjong.

Menyoal buku manual, sayangnya buku manual-nya kurang menjelaskan beberapa fungsi dari si produk. Contohnya saja tombol kombinasi untuk mengganti RGB pada keyboard itu kurang menyeluruh informasinya.

Mouse NYK Nemesis Basillisk KC-500 yang Cocok Untuk Palm & Claw Grip

Body Penuh Corak

Nyk Nemesis Kc 500 Mouse Photo Gamedaim Review

Barang pertama dari combo gaming gear KC-500 yang akan penulis ulas terlebih dahulu ialah mouse.

Mouse KC-500 terkesan memiliki build quality yang ketebalannya itu sedang, namun punya bobot yang lumayan enteng yaitu sekitar 95 gram.

Material mouse yang ABS dan full berwarna hitam ini memiliki permukaan yang berbeda rasa.

Pada bagian body atasnya punya permukaan doff yang halus. Jika tangan kita berminyak sehabis makan gorengan misalnya, maka body atasnya gampang licin

Nyk Nemesis Kc 500 Mouse Button Gamedaim Review

Kemudian pada bagian samping kanan-kiri mouse itu punya corak seperti kulit ular yang berbentuk hexagon. Permukaan pada bagian ini membuat grip penulis itu bisa lebih nyaman dan kuat menempel pada mouse.

Namun sama seperti pada bagian body atas, pada bagian sampingnya juga rawan licin jika terkena minyak. Jadi pastikan kalian memegang mouse ini dalam keadaan steril.

Nyk Nemesis Kc 500 Mouse Belakang Gamedaim Review

Lalu pada bagian bawah mouse juga terdapat corak yang unik. Coraknya juga sama berbentuk hexagon tetapi dibuat lebih menarik dan menumpuk.

Berjumlah 7 Tombol dan Bisa RGB

Nyk Nemesis Kc 500 Mouse Side View Gamedaim Review

Mouse ini punya 7 tombol yaitu left & right click, wheel button, DPI button, LED RGB button, forward & backward.

Ketujuh tombol saat penulis pencet itu tidak ada masalah dan terkesan enteng. Tapi jika kalian ingin memfungsikan tombol tertentu dengan fungsi tertentu sayangnya belum bisa karena tidak ada dedicated software untuk KC-500 saat artikel review ini tayang.

DPI button mouse ini terdapat 4 tingkatan pengaturan yaitu: 1200, 2400, 4800, dan 7200 untuk maksimumnya. Bagi kalian yang terbiasa dengan low DPI, sayangnya mouse ini tidak dapat kalian atur ke pengaturan yang low DPI. Hal tersebut karena mouse ini sudah ter-lock untuk pengaturan tingkatan DPI-nya.

Jika mouse pada umumnya itu mengusung tombol kombinasi di mouse untuk mengubah mode RGB, namun pada mouse ini memiliki tombol khususnya sendiri.

RGB pada mouse ini dapat kita ubah ke dalam beberapa mode yang antara lain: steady, breathing, dan running. RGB mouse menyala pada bagian samping kanan-kiri, logo NYK Nemesis, dan pada tombol scroll.

Kita bisa mengatur RGB ke satu warna tertentu, atau ke warna yang bisa berubah-ubah secara perlahan, atau berubah secara bergantian seperti sedang berlari (running).

Untuk warna steady itu bisa kalian ubah ke warna: merah, kuning, hijau, biru muda, biru tua, pink, dan putih. Kita juga bisa mematikan fungsi RGB jika memang kita menginginkannya.

Namun karena tombol DPI tersebut hanya mengubah mode, sayangnya belum bisa mengatur besar kecilnya intensitas cahaya RGBnya.

Kabel Braided dan Sensor yang Dipertanyakan

Nyk Nemesis Kc 500 Mouse Kabel Gamedaim Review

Hal yang menjadi nilai plus pada mouse dari combo gaming gear terjangkau ini ialah kabelnya yang sudah braided dan USB ujungnya sudah gold-plated.

Panjang kabelnya sendiri sekitar 1.5 meter dan terkesan tebal.

Lalu masuk ke bagian utama pada sebuah mouse yaitu pengalaman saat menggunakannya untuk bermain gim.

Penulis bermain Apex Legends memakai mouse ini dengan pengaturan DPI terendah yaitu 1200 dan dengan claw grip. Terkadang juga palm grip. Keduanya sama-sama nyaman.

Nyk Nemesis Kc 500 Mouse Grip Gamedaim Review

Mouse KC-500 sendiri memakai sensor yang sangat jarang penulis dengar yaitu Instant 704. Dengan mempunyai accelerate speed 20G, 60 IPS, dan daya tahan tombol hingga 10 juta klik, mouse ini masih mampu memberikan presisi dan akurasi yang akurat saat penulis bermain gim.

Untuk switch pada tombol mouse ini tidak penulis ketahui merk apa yang mouse ini gunakan karena tidak ada informasi apapun untuk hal itu.

Saat bermain Apex Legends, penulis lebih sering memakai mouse dengan claw-grip karena bentuknya yang hampir simetris dan berdesain klasik.

Keyboard Membrane Dengan Bentuk yang Tidak Biasa

Material Full Plastik

Nyk Nemesis Kc 500 Keyboard Overhead Gamedaim Review

Sama seperti mousenya, keyboard KC-500 berbahan full plastik ABS. Bobot keyboard ini sekitar 750 gram dengan ukuran lebar 49 cm, panjang 22 cm, dan tinggi 4 cm. Kabel keyboard ini sudah braided walau sayangnya belum gold-plated pada ujung USBnya.

Keyboard dengan memakai US layout berjumlah 104 tombol ini punya tambahan 10 buah tombol multimedia. Selain itu juga terdapat 19 anti-ghosting keys dan merupakan keyboard membrane.

Keycaps yang keyboard ini pakai ialah laser keycaps. Permukaan keycaps-nya ini agak kasar karena font pada keycaps itu timbul.

Bentuk keyboard ini sebenarnya terkesan banyak sisinya. Pada bagian bawahnya cukup panjang jadi memberikan ruang untuk pergelangan tangan layaknya hand rest.

Pada bagian atasnya seperti berbentuk piramida atau segitiga di mana pada bagian tengahnya terdapat branding NYK Nemesis.

Tombol multimedia-nya pun juga membentuk piramida.

Namun menurut penulis secara pribadi, sebenarnya 10 tombol multimedia-nya ini sudah terdapat pada tombol F1-F12 karena keduanya memiliki fungsi yang sama. Walau memang f keys-nya harus memakai tombol kombinasi FN + F tertentu, beda dengna tombol multimedia-nya.

Namun pada akhirnya, ke-2 bagian tersebut memiliki fungsi yang sama. Hanya membuatnya lebih efisien melalui 10 tombol multimedia-nya tersebut.

Ke-10 tombol multimedia-nya sendiri yaitu: Favorites, Mail, Search, Homepage, Calculator untuk bagian kiri dan Last Track, Next Track, Play/Pause, Volume+, Volume- untuk bagian kanan.

Pelangi pada Keyboard

Nyk Nemesis Kc 500 Keyboard Overhead Rgb Gamedaim Review

Keyboard ini mengusung RGB sama seperti mouse-nya.

RGB pada keyboard ini sayangnya tidak dapat kita atur ke dalam satu warna saja, tidak seperti si mouse.

Kita bisa mengatur ke dalam mode rainbow light saja yang berarti warnanya itu tercampur-campur.

Nyk Nemesis Kc 500 Keyboard Rgb Rainbow 1 Gamedaim Review
Mode Rainbow Pertama
Nyk Nemesis Kc 500 Keyboard Rgb Rainbow 2 Gamedaim Review
Mode Rainbow Kedua
Nyk Nemesis Kc 500 Keyboard Rgb Rainbow 3 Gamedaim Review
Mode Rainbow Ketiga

Kita bisa mengatur ke dalam mode rainbow light saja yang berarti warnanya itu tercampur-campur.

Tombol pengaturan RGB-nya melalui tombol kombinasi FN + Scroll Lock untuk mengubah warna rainbow light-nya. FN + PrtSc SysRq untuk mengubah mode steady ke breathing. Selain itu ada FN + Arrow Atas untuk menaikkan intensitas cahaya, FN + Arrow Bawah untuk menurunkan intensitas cahaya.

Penulis mengira awalnya RGB-nya ini bukan nyala pada bagian keycaps saja tetapi juga logo NYK Nemesis pada bagian tengah atas keyboard. Namun nyatanya hanya pada keycaps-nya saja.

Untuk pengalaman bermain gim memakai keyboard ini sendiri, jujur saja, penulis agak kesusahan.

Yang bikin penulis susah bermain gim memakai keyboard ini ialah karena bentuknya yang tidak seperti bentuk keyboard pada umumnya yang tidak banyak sisi.

Selebih lagi penulis sudah terbiasa dengan keyboard 65% dan punya bentuk yang tidak neko-neko.

Penulis sendiri mencoba bermain gim Apex Legends juga saat mencoba NYK Nemesis KC-500 ini untuk melakukan review.

Saat bermain, suara keycaps-nya itu benar-benar silent dan tetap bisa memberikan feel bermain cukup oke walau kurang nyaman.

Untuk pengalaman mengetik sendiri terkadang penulis tidak merasakan feel mengetik karena membrane dari si keyboard.

Mousepad yang Bisa Menampung Keyboard dan Mouse

Nyk Nemesis Kc 500 Setup 2 Gamedaim Review

Karena merupakan combo gaming gear, NYK Nemesis memberikan ukuran mousepad yang dapat menjangkau ukuran keyboard dan mouse.

Mousepad berukuran lebar 80 cm, panjang 30 cm dan ketebalan 0.3 cm ini berbahan karet. Dengan ukuran tersebut, mouse dan keyboard dapat masuk ke mousepad.

Corak dari mousepad ini tidak polos melainkan memiliki corak ala-ala grunge dengan logo NYK Nemesis yang cukup besar pada bagian kanannya.

Nyk Nemesis Kc 500 Mousepad Back Gamedaim Review
Nyk Nemesis Kc 500 Mousepad Overhead Gamedaim Review

Saat pertama kali penulis membuka paket pembelian, bau karet dari si mousepad amat sangat terasa baunya.

Walau agak tebal, mousepad-nya ini lemas atau kurang kaku jadi mudah memberikan kesan bekas terlipat.

Spesifikasi NYK Nemesis Basillisk KC-500

Keyboard

  • Type : Membrane Keyboard
  • Lighting Type : Rainbow Backlight
  • Multimedia Buttons : 10 Buttons
  • Dimension : 490*220*40 mm
  • Weight : 750gr
  • Current : 100mA
  • Cable : 1.5 meter

Mouse

  • No. of Buttons : 7
  • Sensor : Instant 704
  • DPI : 7200
  • Lighting Type : RGB Running Light
  • Interface : USB 2.0 (1.5 meter length)
  • Accelerated Speed : 20G
  • IPS : 60 IPS
  • Polling Rate : 125Hz
  • Material : ABS
  • Dimension : 124*68.5*40 mm
  • Weight : 95gr

Mousepad

  • Type : Speed Type
  • Dimension : 80*30*0.3 cm

Kesimpulan Review NYK Nemesis Basillisk KC-500

Nyk Nemesis Kc 500 Setup Gamedaim Review

Yang dapat penulis simpulan dari review NYK Nemesis KC-500 ini sebenarnya cukup banyak, tapi akan penulis buat seringkas mungkin.

Untuk combo gaming gear dengan range harga 300 ribuan, bagi kalian yang tidak terlalu mementingkan estetika bisa memilih combo gaming gear ini.

Tapi untuk kebutuhan kompetitif seperti gim FPS fast-paced seperti Apex Legends kurang bisa memenuhi kebutuhan kompetitif tersebut.

Hal ini dikarenakan tidak adanya dedicated software yang bisa mengatur segala hal pada mouse dan keyboard. Jika ada dedicated software, kita bisa mengatur mulai dari tingkatan DPI, pengaturan tombol, dan mungkin juga RGB.

Dan untuk kebutuhan kasual, tentu combo gaming gear ini bisa menjadi pilihan awal bagi para gamer BPJS (Budget Pas-Pasan, Jiwa Sosialita).

NYK Nemesis KC-500 dapat kalian beli seharga Rp350.000 melalui link pembelian berikut ini.

Berikan Nilaimu untuk konten ini