ReviewHardwarePeripheral

Review NYK BEAST W50: Wireless dan Kokoh

NYK merilis headset gaming wireless yaitu BEAST W50 yang akan penulis review. Ini juga menjadi headset termahal yang pernah NYK keluarkan.

Secara karakteristik, menurut penulis NYK memang brand yang lebih cenderung mengeluarkan produk low-entry. Mulai MCN-05 KLIO (microphone), AURORA W700 (TWS earbuds), hingga S-80 BlackShark (mouse wireless) dari NYK ini punya range harga 200-400 ribuan aja. Tetapi berbeda dengan kali ini karena NYK berani mengeluarkan produk yang terbilang middle cost.

Sepertinya ini juga menjadi cara NYK untuk menarik atau menjangkau konsumen yang lebih luas lagi. Namun demikian, apakah headset gaming yang wireless satu ini bisa memenuhi ekspetasi kalian?

Simak review NYK BEAST W50 berikut ini.

Unboxing NYK BEAST W50

Box depan
Box bagian depan
Nyk nemesis beast w50 box belakang gamedaim review
Bagian belakang

Sebagai produk yang lumayan menguras kantong, NYK BEAST W50 punya box yang keras layaknya produk premium. Tetapi berbeda dari biasanya yang mengusung tema hitam & hijau, box headset satu ini memakai warna abu-abu & hijau. Box penutupnya berwarna abu-abu, sedangkan box utamanya itu hijau.

Jujur, penulis pribadi lebih suka dengan tampilan warna seperti ini karena terkesan soft dan ala-ala pastel. Dan karena box ini keras, jadi mau kalian tumpuk dengan box peripheral lain itu sangat aman karena tidak mudah penyok.

Bagian depan box terdapat gambar headset, sedangkan bagian belakang terdapat penjelasan spesifikasi teknis dan petunjuk penggunaan.

Lalu untuk membuknya sendiri ditarik ke atas. Dan setelah penulis buka, ternyata bagian dalamnya pun juga terkesan premium yang terbalutkan busa dan sudah tersedia tempat khusus headset.

Nyk nemesis beast w50 box isi gamedaim review
Nyk nemesis beast w50 box isi gamedaim review

Isi dari box-nya antara lain:

  1. NYK BEAST W70
  2. Detachable microphone + foam
  3. Kabel 3.5mm jack sepanjang 1.5m
  4. Kabel USB Type-C to Type-A
  5. USB 3.0 dongle wireless 2.4G
  6. Buku manual

Apa yang ada di paket penjualan menandakan bahwa headset ini mengusung dual konektivitas, baik wired maupun wireless. Tentu menjadi opsi yang luas untuk kalian yang memiliki berbagai device/gadget.

Kokoh dan Bulky

Nyk nemesis beast w50 high angle gamedaim review
Review nyk beast w50: wireless dan kokoh 14
Headband logo
Logo nemesis

Desain NYK BEAST W50 mengingatkan penulis dengan HS-E11 Stellar karena model lengan headband dan headband-nya itu sama. Tetapi BEAST W50 itu punya busa headband yang lebih tebal dan ukuran heaband lebih besar dibandingkan HS-E11 Stellar. Namun keduanya tetap memakai material kulit sintesis untuk cover headband dan juga terdapat logo NEMESIS yang debossed pada bagian atas headband.

Lengan headband keduanya pun juga sama-sama dari steel yang bisa ditarik untuk menyesuaikkan ukuran kepala. Tetapi karena NYK BEAST W50 berukuran lebih besar, jadi saat dipakai itu membuat kepala ikut membesar juga–asalkan tidak besar kepala aja sih. Walau demikian, secara bobot itu BEAST W50 enteng jadi ubun-ubun kepala tidak terasa tertekan. Meskipun balik lagi, lebih ringan HS-E11 Stellar dari pada BEAST W50.

Headband
Headband foam
Nyk nemesis beast w50 headband lengan gamedaim review
Lengan headband

Untuk kepala lonjong seperti penulis, fitting terasa sangat kuat dan pas, terlebih lagi saat headbanging. Dan memang headband-nya ini cukup fleksibel tetapi juga mendorong housing earcup yang kuat ke arah tengah.

Nyk nemesis beast w50 earcup pad gamedaim review
Earcup pad

Lalu menyoal housing earcup, ada busa atau earpad/earcup pad yang terasa sangat tebal dengan material kulit sintesis untuk covernya. Dan karena terlalu tebal dan agak keras, untuk dipakai berlama-lama itu mudah membuat telinga terasa panas dan berkeringat. Ini yang penulis rasakan saat mendengarkan musik selama 30 menit kurang lebih. Air-air keringat yang keluar dari pori-pori kulit sekitar telinga itu tertempel dengan jelas di permukaan earcup pad.

Karena busa yang tebal ini juga, bagian telinga penulis itu terasa lumayan tertekan dibandingkan saat memakai HS-E11 Stellar. Meskipun demikian, busa tebalnya ini memberikan look yang terkesan bulky dan kokoh bagi si BEAST W50. Ini juga mungkin jadi alasan di balik penamaan ‘BEAST’ dari si headset. Karena kita ketahui juga, beast itu bisa dikatakan sebagai hewan yang ganas dan berukuran besar, sesuai dengan headset dari NYK ini.

Rgb
Rgb pada housing earcup

Housing earcup luar yang punya permukaan bolong-bolong layaknya sarang lebah ini terbuat dari plastik. Frame housing-nya pun juga dari plastik. Tetapi ada yang bagian black matte dan ada juga yang glossy dan kemudian menjadi satu kepaduan membuat tampilan yang tidak membosankan.

Rupa yang demikian terlihat kokoh dengan warna hitam pekat, NYK BEAST W50 terkesan low-profile. Padahal jika kita melihat HS-E11 Stellar itu lumayan ada kesan gaming-nya, terutama pada bagian housing earcup luar di mana terdapat logo NYK Nemesis yang ter-printing. Sedangkan BEAST W50 juga tetap punya logo NYK, hanya saja bedanya, logo NYK-nya akan terlihat jika RGB menyala.

Untuk zaman sekarang, PC desktop terutama hal yang berkaitan dengan gaming sudah serba RGB. Begitu pula peripheral pendukungnya. Dan NYK BEAST W50 tidak melupakan fitur cukup esensial yang banyak disukai para gamer yaitu RGB. Yang penulis suka, RGB-nya ini juga terkesan low-profile yang mengeluarkan intensitas cahaya tidak over brightness. Hanya saja tidak ada tombol khusus untuk mematikan fitur RGB ini di deretan tombol headset.

Tombol dan Port yang Banyak

Nyk nemesis beast w50 tombol port gamedaim review
Tombol dan port

Tombol-tombol dan port headset yang terletak di kiri earcup bagian belakang itu ada total 7 tombol dan port. 4 tombol dari atas ialah Volume Up dan Volume Down, mute, dan power button. Kemudian 3 port setelahnya yaitu USB C, 3.5mm jack, dan microphone.

Power button-nya akan menyala warna biru jika telah menyala dan terpasangkan dengan USB receiver yang juga sudah terpasang ke device tertentu. Kita cukup menekan tombol power selama 5 detik sampai RGB di housing itu menyala warna-warni dari yang hanya merah saja. Dan indikator USB receiver juga akan ikut menyala warna hijau yang berarti sudah tersambung dengan headset.

Baterai Dengan Durasi Kurang Lama

Karena headset wireless, tentunya terdapat baterai yang tertanam. Kapasitas BEAST W50 itu sekitar 1000mA. Bagi yang pertama kali beli headset ini, wajib banget untuk melakukan charging terlebih dahulu sampai penuh sebelum kalian gunakan. Pengisiannya sendiri memakan waktu kurang lebih 3 jam untuk pemakaian selama perkiraan 12 jam.

Jika daya baterai headset hampir habis akan muncul suara ‘beep’ sebanyak 3x dan lampu biru di tombol power akan kelap-kelip. Sedangkan saat di-charging, lampu tombol power akan berubah warna merah yang menandakan bahwa daya baterai sedang diisi ulang.

Untuk yang gamer hardcore, dengan durasi 12 jam sepertinya akan kurang. Sebagai contoh jika kalian terus-menerus di depan layar komputer selama 6 jam per harinya dan selalu memakai headset, maka BEAST W50 hanya bertahan 2 hari saja. Dan durasi pengisiannya sendiri terbilang lumayan memakan waktu juga. Dari sini penulis beranggapan bahwa BEAST W50 sepertinya akan lebih cocok untuk gamer casual saja.

Tetapi jika di tengah jalannya permainan itu baterai habis, kita bisa langsung cepat-cepat mencolok kabel 3.5mm jack dari headset ke system unit PC desktop agar tidak menganggu saat gaming. Inilah mengapa BEAST W50 juga mengusung dual konektivitas selain wireless, yaitu wired.

Microphone: Wireless YES, Wired NO

Nyk nemesis beast w50 microphone gamedaim review
Review nyk beast w50: wireless dan kokoh 15

Yang dirugikan dari adanya dual konektivitas headset ialah menyoal microphone. Kita hanya bisa memakai microphone saat mode wireless-nya saja, tidak saat wired. Karena wired-nya sendiri hanya memakai 3.5mm jack, bukan kabel USB seperti HS-E11 Stellar.

Mau tidak mau, microphone hanya berfungsi saat masuk ke mode wireless. Ini jadi kekurangan cukup fatal menurut penulis, sekalipun BEAST W50 merupakan headset wireless. Alhasil, mode wired hanya cocok untuk bermusik ria saja.

Lalu sama seperti kabel, microphone-nya detachable yang berukuran panjang. Secara fleksibilitas sih mudah untuk ditentukan arahnya dan tidak loyo alias sangat kaku. Apalagi karena ukurannya panjang, jadi suara nafas dari hidung atau mulut itu bisa sangat diminimalisir. Karena saat mabar dengan teman, teman penulis suka protes dengan suara nafas yang terekam. Tetapi saat microphone dijauhkan jaraknya sekitar 1 jari telunjuk, suara nafas lebih minim tetapi suara penulis masih bisa terdengar dengan jelas.

Selain itu juga dengan adanya foam makin membuat perekaman terkesan jernih. Lalu seperti apa suara perekamannya? Berikut perekaman microphone NYK BEAST W50.

Suara Balance dan Capable Untuk Gaming

Nyk nemesis beast w50 musik gamedaim review
Review nyk beast w50: wireless dan kokoh 16

Menyoal headset tentunya hal yang paling menjadi pertimbangan saat membelinya ialah kualitas dan produksi suara.

Driver NYK BEAST W50 ini berukuran 50mm. Tetapi secara intensitas suara itu tidak terlalu besar karena bisa merusak kesehatan pendengaran telinga kita. Sebagai contoh saat penulis maksimalkan volume suara ke 100%, suara penulis saat bernyanyi itu masih terdengar jelas. Karena ada beberapa headset gaming yang sudah penulis coba–contohnya HS-E11 Stellar–itu intensitasnya benar-benar besar dan malah bocor suaranya ke luar.

Lalu secara karakteristik suara lebih cenderung atau condong ke balance dengan bass yang lumayan padat. Getaran di housing earcup saat volume maksimal pun juga bisa terasa dengan jelas. Tetapi hebatnya, getarannya tidak terasa sampai ke telinga jadi tidak akan menganggu. Tidak seperti HS-E11 Stellar yang saat volume maksimal itu sangat terasa getarannya, selebih lagi saat bermain game.

Imaging yang Pas

Sebagai headset gaming, BEAST W50 ini memiliki kapabilitas untuk bermain game battle royale seperti Apex Legends. Imaging audio kanan kiri terasa dengan jelas dan tidak kabur. Beda dengan HS-E11 Stellar yang saat penulis coba lempar Arc Star di posisi sebelah kiri justru masih terdengar suaranya pada bagian headset sebelah kanan–BEAST W50 tidak seperti demikian.

Letak atau posisi tembakan musuh dari kanan kiri sejelas speaker Edifier R1280T yang penulis miliki. Mungkin terkesan tidak apple to apple membandingkan headset dengan desktop speaker. Tetapi karena penulis pribadi acapkali menggunakan desktop speaker untuk bermain game dan tetap bisa enjoy,  ini bisa jadi salah satu alasan mengapa keduanya memang benar-benar bagus untuk memposisikan letak suara.

Kemudian saat penulis mendengarkan musik rock dan atau pop, imaging hingga separasi mendengarkan Hotel California oleh Eagles itu hampir sejelas memakai desktop speaker. Dan saat mendengarkan Renegades oleh ONE OK ROCK, suara instrumental dan vokal penyanyi sama-sama jelas dan tidak saling tumpang tindih.

Latensi dan Jangkauan yang Saling Mengisi

Menyoal jangkauan dan delay wireless-nya sendiri benar-benar sadis dalam artian positif.

Pertama soal delay, NYK BEAST W50 ini tidak terasa ada delay yang berarti, apalagi pas bermain game. Penulis pernah mencoba bermain Apex Legends memakai Razer Earbuds TWS, Rexus TWS FX1, dan NYK AURORA W700 masih sangat terasa delay-nya. Ketiga earbuds TWS itu sendiri punya delay di atas 60ms dan suara tembakan dengan suara yang keluar itu jelas sekali latensinya.

Beda dengan wireless BEAST W50 itu bisa penulis pastikan tidak terasa ada delay yang berarti. Delay sih pasti masih ada karena ini wireless, tidak seperti wired. Besaran waktu delay-nya sendiri ada di angka 25ms. Masih lumayan besar memang. Tetapi hal positif lain ada pada jangkauan wireless si headset.

Secara jarak, headset-nya masih bisa menerima suara dari receiver hampir sama dengan Logitech G733 yang pernah penulis ulas sebelumnya dan secara harga itu 3x lipatnya BEAST W50.

Informasi jangkauan wireless BEAST W50 dari NYK sendiri bisa hingga 15 meter tanpa Shielding atau penghalang (dinding).

Jikalau G733 itu punya jangkauan wireless dari kamar penulis sampai anak tangga terakhir yang jaraknya sekitar 9 meter, tetapi BEAST W50 itu bisa sampai lorong dekat dapur di lantai 1 yang letaknya di ujung rumah. Secara ukurannya sendiri kurang lebih 10 meter secara jangkauan. Hanya saja saat sudah dilalui 3 lapis dinding, BEAST W50 akan kehilangan suaranya. Dan saat jarak sekitar 7 meter itu suaranya mulai hilang-hilangan.

Dari sini, misalkan saja kalian punya PS4 yang di mana BEAST W50 sendiri bisa multiplatform selain PC desktop, lalu kemudian PS4 serta TV kalian taruh di meja dengan jarak hampir 6 meter dari sofa/kursi, suara BEAST W50 kemungkinan besar masih bisa terdengar.

Spesifikasi Teknis NYK BEAST W50

  • Interface Type : High Speed 3.0 USB Dongle and Wireless Jack 3,5mm
  • Driver Diameter : 50mm
  • Kapasitas Baterai : 1000mAh
  • Arus Kerja : 3,5 – 4,2 V
  • Lama penggunaan : 12 Jam
  • Waktu Pengisian Daya ; 3 Jam
  • Daya Transmisi : 3dBm
  • Respon Frekuensi : 20~20kHz
  • Penerimaan Transmisi : -85dBm
  • Kompatibel : PC, PS, Switch, Mobile Devices

Bagi yang tertarik setelah membaca review NYK BEAST W50 ini, kalian bisa membelinya dengan harga Rp650.000. Berikut link pembeliannya: Tokopedia

Related Posts

Leave Comment
Continue in browser
To install tap Add to Home Screen
Add to Home Screen
See this post in...
Gamedaim
Chrome
Add Gamedaim to Home Screen
Close

For an optimized experience on mobile, add Gamedaim shortcut to your mobile device's home screen

1) Press the share button on your browser's menu bar
2) Press 'Add to Home Screen'.
Gamedaim We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications