ReviewPCPlaystationPS4PS5

Review Guilty Gear Strive: Game Fighting Terindah Era Ini

Kejutan baru akhirnya datang dari System Arc Works. Seperti sebelumnya, kali ini yang datang merupakan game Fighting lagi. Setelah sukses dengan Dragon Ball Fighter Z yang punya visual memanjakan, kali ini Guilty Gear Strive hadir dengan formula yang sama dan menyajikan banyak perubahan. Seperti judul yang ada, pada kesempatan ini, kami akan memberikan Review sederhana untuk Guilty Gear Strive. Apakah sesuai dengan harapan?

System Arc Works memang pada dasarnya cukup berpengalaman dalam membuat game bertemakan fighting. Nama-nama seperti Dragon Ball Fighter Z dan BlazeBlue cukup populer pada beberapa platform terkenal saat ini. Seiring perkembangan jaman, sepertinya studio ini terus memberikan perubahan signifikan untuk game fighting miliknya. Tidak hanya Visual, tetapi juga mekanik gameplay yang mereka tawarkan.

Proses panjang dan penundaan yang sempat terjadi pada game Guilty Gear Strive sepertinya cukup berbuah manis. Banyak gamer merasakan nostalgia dalam menikmati game Fighting kompleks yang mudah kita pelajari ini. Meskipun begitu, tetap ada beberapa hal yang perlu kalian ingat sebelum mencoba pertama kali Franchise ini. Terutama bagi kalian yang ingin fokus pada Story Mode dan Single Player.

Review Guilty Gear: Strive

1. Plot Tidak Cocok untuk Pendatang Baru

Plot tidak cocok untuk pendatang baru | system arc works
Plot tidak cocok untuk pendatang baru | system arc works

Game ini akan bersetting dunia Post-Apocalyptic setelah peperangan brutal yang menghancurkan setengah populasi manusia karena senjata Bio-Organic bernama “Strive”. Pada seri ini, cerita yang mereka angkat akan berfokus pada sang karakter utama bernama Sol Badguy dengan ambisi ingin mengalahkan Happy Chaos, penjahat yang ingin menghancurkan dunia untuk yang ke dua kalinya.

Guilty Gear: Strive merupakan seri akhir dari franchise Guilty Gear. Cerita yang mereka angkat pada game ini merupakan titik puncak konflik dari seluruh franchise game Guilty Gear yang rilis di pasaran. Saya, yang baru pertama mencoba game ini pada seri Strive, cukup kebingungan dengan apa yang sebenarnya terjadi pada dunia game ini. Rupanya, setelah saya telusuri ada total 25 Game yang rilis lengkap dengan Spin-Off dan Story DLC.

Lantas, bagi pendatang baru yang baru terjun ke Guilty Gear: Strive sepertinya akan sangat kesulitan untuk memahami plot game ini lewat seri akhirnya saja. Melihat masalah ini, Dev tentu tidak diam saja, ia membuat berbagai fitur yang tersedia seperti Glossary untuk menjelaskan kejadian dan lore Karakter yang ada pada seri sebelumnya. Meskipun begitu, hal ini serasa tetap cukup sulit dan memakan cukup banyak waktu.

Dari semua hal negatif ini, ternyata ada satu hal yang cukup menarik perhatian. Berbeda dari game Fighting rilisan sebelumnya, kini Guilty Gear: Strive pun menghadirkan fitur menarik untuk player yang ingin nonton santai. Fitur ini fungsinya adalah menggabungkan semua Sinematik Scene yang ada pada game dan memadukannya menjadi sebuah Film berdurasi panjang. Yap, tentunya lengkap dengan gaya Anime dan Scene bertarung.

2. Combat Competitive dan Mudah Untuk Kita Pelajari

Combat competitive dan mudah untuk kita pelajari | system arc works
Combat competitive dan mudah untuk kita pelajari | system arc works

Kemampuan System Arc Works kembali mereka tonjolkan melalui aksi pertarungan yang seru dan Competitive. Guilty Gear: Strive cukup mudah untuk kalian pelajari apa lagi untuk player pendatang baru. Meskipun terlihat kompleks, faktanya combat yang mereka tawarkan sangat sederhana. Bahkan gamer yang tidak menggemari genre Fighting pun cukup cepat untuk beradaptasi pada mekanik combat game ini.

Seperti game Competitive umunya, jika kalian ingin menguasai game ini, tentunya akan memerlukan waktu latihan. Ada banyak hal yang dapat kalian pelajari dari segi pertarungan. Contohnya saja seperti Combo Attack, Special Attack, hingga Counter Attack yang cukup beragam. Meskipun jumlah karakter yang tersedia masih sedikit, Guilty Gear: Strive tetap bisa memberikan hal baru dari segi kombinasi serangan yang sulit kita tebak.

Setiap serangan yang kalian luncurkan serasa cukup berharga, bahkan serangan kecil sekalipun akan mempengaruhi dominasi arena pertarungan. Hal seperti inilah yang membuat game ini seru untuk kita mainkan. Belum lagi, jika kalian sudah cukup lama bermain game ini, akan muncul kombinasi serangan yang tidak pernah kalian lihat sebelumnya. Jika beruntung, kamu mungkin saja bisa menciptakan Combo racikan yang cukup mematikan.

Melanjutkan hal ini, setiap karakter yang hadir juga mempunyai kemampuan berbeda. Tidak hanya animasi pertarungannya saja, kamu juga dapat melihat berbagai perbedaan kelincahan dan Damage serangan. Di samping itu, masing-masing dari mereka mempunyai kekurangan juga. Contohnya saja karakter bernama Nagoriyuki ini. Ia memiliki damage yang sangat tinggi tetapi serangannya tersebut sangat lambat dan mudah terbaca musuh.

3. Mode yang Sama Seperti Game Sebelumnya?

Mode yang sama seperti game sebelumnya? | system arc works
Mode yang sama seperti game sebelumnya? | system arc works

Tidak ada hal spesial di Mode Single player yang mereka tawarkan. Kita hanya mendapatkan pilihan Mode Arcade, Versus, Training, dan Local Multiplayer saja. Tetapi masing-masing mode yang mereka sediakan bakal memiliki pilihan opsi Difficulties. AI yang mereka berikan pun tidak sebodoh yang kalian kira. Jadi semakin lama kamu memainkan Single Player, maka kemampuanmu di Multiplayer pun juga akan ikut meningkat.

Arcade akan mengharuskan player untuk bermain pada satu karakter. Nantinya akan ada Graf dari setiap karakter musuh yang akan kalian lawan. Semakin tinggi letak musuh pada Graf, maka musuh yang muncul pun akan semakin sulit. Jika kalian sampai kalah di tengah jalan, maka kamu akan kalah dan harus mengulang dari awal lagi. Mode yang satu ini memang sudah cukup familiar pada game Fighting milik Arc System Works.

Sepertinya hampir semua game Fighting pasti memiliki Mode bernama Versus. Yap, mode ini adalah mode bebas untuk memilih. Kamu dapat memilih karakter yang ingin kalian mainkan dan musuh yang ingin kamu lawan. Tidak hanya itu saja, para pemain juga bisa mengatur Difficulties dan lokasi arena pertarungan. Mode ini tentunya cocok untuk kalian yang ingin sekedar bersantai dan ingin merasakan pertarungan yang Casual.

Ingin mengenal lebih jauh dengan mekanik pertarungan game ini? Mode Training lah yang akan melatih kalian. Saat kalian pertama masuk ke mode ini, kamu akan memilih karakter apa yang kalian suka. Nantinya mode tersebut juga akan menyediakan Musuh (Dummy) yang hanya berdiam diri. Kamu dapat mengatur sang musuh untuk menyerang, melompat, atau blocking melalui Opsi yang ada. Jujur saja, Opsi yang mereka sediakan sangatlah lengkap.

4. Mode Online Cocok untuk Internet Lemot

Mode online cocok untuk internet lemot | system arc works
Mode online cocok untuk internet lemot | system arc works

Saat kamu masuk ke Online, mungkin sebagian player akan terkejut dengan sistem Hub yang mereka tawarkan. Kamu akan berjalan-jalan dalam bentuk Avatar karakter pixel bersamaan dengan para player lain. Hub yang mereka sediakan akan memiliki berbagai pilihan mode Matchmaking seperti Casual dan Ranked. Jika kamu tertarik, sang Avatar juga dapat kamu kustomisasi, contohnya mengganti topi, pakaian, dan bentuk karakter.

Kosmetik untuk sang Avatar dapat kalian peroleh melalui permainan online, tetapi kamu harus melewati proses Gacha secara random dahulu untuk mendapatkan gear yang ada. Tenang saja, Gacha game ini tidak memerlukan uang asli. Kalian hanya harus memainkan mode online selama 1 jam dan karaktermu akan mendapatkan reward menarik untuk berhias

Kehadiran sistem bernama Rollback Netcode akan membuat pengalaman online player terasa lebih nyaman. Jika kalian tidak tahu, sistem Rollback Netcode berfungsi untuk memberikan stabilitas koneksi antar 2 player pada game ini. Contohnya, jika Ping kamu memasuki 300ms, maka sang musuh pun juga ikut melambat bersamaan dengan karakter kalian. Namun jika kamu memiliki Ping sebesar 100ms, maka kedua player akan sama-sama lancar.

Jadi, masing-masing player tidak akan memiliki kesempatan yang lebih saat menyerang musuh yang mengalami Lag. Menurut pengalaman saya bermain, sistem ini sangat optimal untuk internet yang lemot. Bahkan, kalian tidak akan mengalami rasa lag yang parah saat bermain Online Rank bersama dengan player Region Eropa dan Australia. Yang satu ini tentunya menjadi nilai plus dari kami soal pengalaman Online yang nyaman.

5. Visual Memukau dan Musik Yang Penuh Ardenalin

Visual memukau dan musik yang penuh ardenalin | system arc works
Visual memukau dan musik yang penuh ardenalin | system arc works

Guilty Gear Strive punya banyak jajaran musik bergenre “Rock”. Berbeda dari game sebelumnya yaitu Dragon Ball Fighter Z, game ini punya nuansa musik yang lebih berapi dan memicu adrenalin para pemain. Uniknya semua musik yang mereka berikan tidak hanya suara, melainkan lengkap dengan sang Vokal penyanyi yang berlogat khas Inggris dan Jepang. Sementara itu, setiap kata-kata yang mereka lontarkan tetap mudah untuk dipahami.

Musik yang seru ini semakin memesona dengan perpaduan Visual yang menakjubkan. Memang benar, System Arc tidak main-main soal urusan Visual. Dengan Design karakter yang detail serta animasi yang halus. Guilty Gear Strive berhasil memberikan pengalaman bertarung yang apik. Hal ini dapat langsung mereka buktikan dengan berbagai partikel ala Anime yang menutupi layar. Setiap pukulan yang kamu lontarkan pun akan terasa Powerful.

Art-Style yang mereka tawarkan sendiri memang seperti Anime 2D. Faktanya, game ini punya model karakter 3D, hanya saja Design-nya sendiri sudah mereka rancang sedemikian rupa agar terlihat ala film Anime. Meskipun begitu, Pencahayaan, Particle, dan Bayangan yang mereka berikan cukup memanjakan. Rupanya visual Cell-Shading ini telah berhasil mereka kembangkan menggunakan teknologi Unreal Engine 4.

Review guilty gear: strive | system arc works
Review guilty gear: strive | system arc works

Uniknya lagi, jika kalian melakukan Idle menggunakan karakter, akan ada animasi beragam yang bermunculan dari sang karakter. Di samping itu, jika kamu menggunakan special attack di udara, akan muncul scene yang berbeda dari serangan Special Attack yang ada di tanah. Namun ada satu hal yang cukup kami sayangkan. Pasalnya, setiap Arena tempat kalian bertarung, kurang memberikan kesan pertarungan.

Jika Dragon Ball Fighter Z dapat menghancurkan permukaan tanah dan bangunan, pada game ini sepertinya tidak bisa. Tidak hanya itu saja, setiap arena juga memiliki Atmosphere yang biasa-biasa saja. Bahkan animasi Background yang ada terlihat cukup minim. Tidak ada efek hembusan angin dari pertarungan dan tidak ada efek Destruksi sama sekali. Tetapi, tentunya semua hal ini tidak akan mengganggu Gameplay yang tersedia.

Kesimpulan Review Guilty Gear Strive

Review Guilty Gear: Strive

System Arc Works lagi-lagi sukses dengan memberikan pengalaman Fighting yang sesungguhnya. Cocok untuk kamu pendatang baru dan cocok juga untuk kamu para Veteran. Mudah untuk kita pelajari tetapi sulit untuk kita kuasai mungkin menjadi kata yang sesuai untuk game ini. Sementara itu, Guilty Gear: Strive pun sengaja mereka rancang untuk memberikan alternatif bagi kamu yang ingin terjun ke game Fighting kompleks dan strategis.

Kemampuan game ini semakin mereka tonjolkan dengan Visual memukau lengkap dengan musik berpacu jantung. Hal ini tidak berhenti sampai situ saja, kamu bahkan dapat memainkan game ini dengan nyaman meskipun pada Mode Online Multiplayer. Tentunya hal ini dapat terjadi karena bantuan teknologi bernama Rollback Netcode. Kamu tetap bisa bermain fokus meskipun punya Internet yang pas-pasan.

Walaupun sudah memberikan mekanik yang cocok untuk pendatang baru, game ini tetap kurang cocok untuk kalian yang ingin fokus ke cerita. Lore yang sangat banyak dan cukup membingunkan membuat Guilty Gear Strive pun memiliki Story yang buruk. Sepertinya memang tidak ada jalan lain untuk memperbaiki masalah ini, kecuali dengan memainkan versi sebelumnya. yap, semoga saja game lamanya akan mendapatkan Remake.

Tidak hanya itu, Level Design yang tersediapun masih hambar dan tidak Interaktif. Ada banyak aspek yang sepertinya mereka hilangkan dari game ini. Dimulai dari Efek Hembusan angin ke objek hingga efek Destruksi arena pertempuran. Untungnya beberpa aspek ini tidak akan berefek pada Gameplay yang mereka berikan. Sejauh pengalaman saya bermain, Guilty Gear: Strive memang sangat Worth untuk kamu coba.


Bagaimana Menurutmu Review Guilty Gear Strive ini?

Itu saja Review dari kita tentang game Guilty Gear Strive dari System Arc Works. Bagaimanakah menurut kalian, apakah kalian tertarik untuk merasakan pengalaman bertarung yang super dahsyat ini? Untuk itu, Game Guilty Gear Strive sudah rilis dan dapat kalian akses lewat platform PC, PS4, dan PS5. Untuk PC User, game ini bisa kalian beli lewat platfrom Digital Steam Store. Selamat Mencoba!

Related Posts

Leave Comment
Gamedaim We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications