G List

5 Game Dengan Unsur Indonesia Yang Terkenal

Game Dengan Unsur Indonesia – Kalau membahas tentang Indonesia, kita yang menjadi penduduk dari negara ini pastinya sudah tidak asing dengan setiap keindahan tersembunyi yang ada di dalamnya. Karena keindahan ini juga, tidak sedikit pengembang yang menggunakan Indonesia sebagai latar dari cerita dalam game-nya, baik itu secara terang-terangan atau secara tidak langsung. Tentunya hal ini bisa menjadi sebuah kebanggaan tersendiri karena negara kita bisa menjadi bagian dari game yang populer di dunia.

Dari beberapa game yang menggunakan unsur Indonesia, sebagian hanya memiliki porsi kecil, sementara yang lainnya memiliki porsi besar, bahkan menjadi pusat cerita dan latar utamanya. Kalau dalam film, kalian bisa melihat penggunaan latar Bali dalam anime legendaris seperti Dragon Ball, Kepulauan Riau dalam anime Blade Marvel, lalu Madripoor yang berlatar di Indonesia dan dibahas dalam serial The Falcon and The Winter Soldier.

Nah kali ini kita tidak akan membahas tentang anime, tapi akan membahas game-nya. Berikut Gamedaim sudah merangkum 5 Game Dengan Unsur Indonesia yang terkenal. Apa saja game-nya? Daripada penasaran, langsung saja kita ke pembahasan utamanya.

5 Game Dengan Unsur Indonesia

1. King of Fighters ’97

Bali stage
Bali Stage | via Alain Du Vaucluse

Kita mulai daftar game dengan unsur Indonesia kali ini dengan game ber-genre Fighting terpopuler, apa lagi kalau bukan King of Fighters. Nah untuk game kali ini, yang kita bahas adalah King of Fighters ’97. King of Fighters ’97 dikembangkan dan diterbitkan oleh SNK untuk arkade pada akhir bulan Juli tahun 1997. Game ini juga merupakan entry keempat dalam seri King of Fighters sekaligus cerita final dalam Arc Story yang dikenal dengan Orochi Saga.

Unsur Indonesia yang bisa kalian temukan dalam King of Fighters ’97 adalah dalam arena bertarung yang mengambil latar di Bali. Dalam arena ini, kalian bisa menemukan detail yang lengkap yang dimasukkan oleh pengembang, mulai dari Barong, tari Pendet, tari Kecak, dan bahkan suaranya juga. Latar waktu yang ada dalam arena ini adalah saat matahari terbenam, dimana memang ikonik dengan pemandangan pantai Kuta.

2. Metal Gear Solid 4

Raging raven
Raging Raven | via Villains Wiki

Game dengan unsur Indonesia yang kedua adalah Metal Gear Solid 4. Metal Gear Solid 4: Guns of the Patriots adalah game ber-genre stealth keluaran tahun 2008 yang dikembangkan oleh Kojima Productions dan diterbitkan oleh Konami untuk konsol Sony PlayStation 3. Game ini adalah game Metal Gear keenam yang disutradarai oleh Hideo Kojima. Game ini merupakan salah satu game yang membawa tema militer realistis.

Nah untuk Metal Gear Solid 4, unsur Indonesia yang bisa kalian temukan adalah dari karakter yang menjadi salah satu villain utama dalam game ini, yang bernama Raging Raven. Raging Raven adalah villain yang berasal dari organisasi bernama Beauty and the Beast. Data dari Raging Raven yang termasuk tempat asalnya akan bisa kalian peroleh dari percakapan Snake. Dalam percakapan tersebut, disebutkan kalau Raging Raven berasal dari Aceh, yang diceritakan sebagai sebuah kota yang belum damai dalam waktu yang sangat panjang.

3. Tekken Tag Tournament 2

Wayang kulit
Wayang Kulit | via GameStar

Game dengan unsur Indonesia yang ketiga adalah Tekken Tag Tournament 2. Tekken Tag Tournament 2 adalah sequel dari seri game Tekken. Game ini diluncurkan untuk mesin arkade pada September 2011. Seperti halnya Tekken Tag Tournament keluaran tahun 1999, game ini mencakup hampir setiap karakter dari game Tekken sebelumnya, menjadikannya daftar playable character terbesar dalam game Tekken hingga saat ini. Pemain dapat memilih tim yang terdiri dari dua karakter di setiap sisi atau karakter solo.

Game ini memasukkan unsur Indonesia di salah satu arena yang menjadi tempat bertarung karakter dalam game. Arena yang dimaksud adalah arena yang bernama Wayang Kulit. Sesuai namanya, arena ini memiliki latar belakang pertunjukan seni Wayang Kulit, lengkap dengan musik gamelan dan arsitektur gapura khas Bali. Penggunaan musik gamelan dengan tempo yang cepat terasa sangat cocok untuk mengiringi pertarungan sengit kalian di arena ini.

4. Uncharted: Drake’s Fortune

Kompilasi Cutscene berbahasa Indonesia | via Blackhawk Channel ID

Game dengan unsur Indonesia yang keempat adalah Uncharted: Drake’s Fortune. Uncharted: Drake’s Fortune adalah game ber-genre Action-Adventure keluaran tahun 2007 yang dikembangkan oleh Naughty Dog dan diterbitkan oleh Sony Computer Entertainment. Game ini adalah game pertama dalam seri Uncharted dan diluncurkan pada November 2007 untuk konsol Sony PlayStation 3. Game ini menceritakan Nathan Drake saat dia mencari harta karun El Dorado yang hilang bersama jurnalis bernama Elena Fisher dan mentornya yang bernama Victor Sullivan.

Unsur Indonesia dalam game ini bisa dibilang unik dan cukup menarik. Kalian bisa menemukannya pada adegan saat Nathan Drake berbicara dengan penjaga gerbang dengan menggunakan bahasa Indonesia, hanya saja dengan logat yang kaku dan belum fasih ala bule. Bukan hanya Nathan Drake, bahkan balasan dari penjaga gerbang juga menggunakan bahasa Indonesia dengan logat yang sama kakunya meskipun bahasa yang mereka gunakan adalah bahasa yang kasar.

5. Far Cry 3

Cutscene Citra berbicara dengan bahasa Indonesia | via Huzen4Games

Game dengan unsur Indonesia yang terakhir adalah Far Cry 3. Far Cry 3 adalah game First-Person Shooter keluaran tahun 2012 yang dikembangkan oleh Ubisoft Montreal dan diterbitkan oleh Ubisoft. Game ini adalah entry ketiga dalam seri utama Far Cry setelah Far Cry 2. Game ini berlatar di Kepulauan fiksi bernama Rook, yaitu sebuah kepulauan tropis yang dapat dijelajahi secara bebas oleh pemain. Gameplay berfokus pada pertempuran dan eksplorasi.

Dari semua game dengan unsur Indonesia dalam daftar ini, Far Cry 3 adalah yang paling jelas mengandung unsur Indonesia. Dijelaskan di atas, kalau kepulauan fiksi bernama Rook adalah kepulauan tropis. Bukan hanya dari situ, kalian juga bisa menemukan kemiripan lainnya dari satwa endemik dari Indonesia seperti komodo dan burung kasuari. Selain satwa, ada juga unsur lain yang bisa kalian temukan, yaitu saat salah satu karakter bernama CItra, berbicara menggunakan bahasa Indonesia pada anak buahnya.

Dan itu tadi adalah daftar 5 Game dengan unsur Indonesia yang terkenal. Dari kelima daftar game dengan unsur Indonesia diatas, mana yang pernah kalian mainkan?

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment