BeritaHardwarePlaystationPS5

Sony Revisi Model PS5 Lagi, Kali Ini Dengan Lebih Sedikit Daya!

Selama beberapa hari ini nama Sony Playstation kembali menjadi topik perbincangan hangat di kalangan gamer. Bukan hanya soal kenaikan harga Playstation 5 di seluruh region di dunia termasuk Indonesia. Sony juga dikabarkan tengah melakukan revisi model PS5 lagi dengan mengubah komponen-komponen dalamnya dengan perangkat baru. Lantas, apakah akan ada peningkatan signifikan? Yuk ikuti terus berita hardware terbaru berikut.

Model PS5 yang telah direvisi ini awalnya mulai muncul di Australia sejak bulan lalu, dan sekarang YouTuber Austin Evans telah melakukan otopsi untuk menganalisa bagian dalamnya. Benar saja, ia mengaku menemukan banyak sekali perubahan yang cukup besar. Sony dikabarkan telah mengganti motherboard baru dengan ukuran lebih kecil, jenis pendinginan yang berbeda, dan bahkan barhasil mengubah penutup SSD miliknya.

Sody Rombak Ulang Komponen Dalam PS5, Kini Jadi Lebih Ringan Dari Sebelumnya

Semua perubahan ini sepertinya difokuskan pada pengurangan bobot konsolnya. Sejauh ini dipastikan tidak ada perubahan nyata pada eksterior PS5, sehingga tampilannya tidak berubah jika dilihat dari luarnya saja. Perubahan besar yang nyata adalah motherboard yang kini menyusut sekitar 5 Centimeter. Di sisi lain, sistem pendinginan PS5 juga memiliki Heat Pipe tambahan di bagian belakang serta heatsink lebih kecil.

Sony juga telah memindahkan banyak komponen dengan desain motherboard baru ini, dan itu dimulai dari baterai CMOS yang benar-benar diletakan lebih tersembunyi di bawah heatsink. Perubahan posisi CMOS ini mengandung pro dan kontra, karena tak sedikit fans mengatkan bahwa hal ini dapat mempersulit pengguna untuk menggantinya. Evans sempat mengklaim bahwa kalian benar-benar harus membongkar PS5 untuk mengganti baterai CMOS.

Ganti Motherboard Baru dan Tawarkan Efisiensi Daya 30 Watt Lebih Sedikit

Benar sekali, SSD akhirnya mendapat penutup cover baru yang terbuat dari besi silver. Ia tidak lagi mengekspos tubuh PCB yang tentunya lebih beresiko terkena benturan. Sejauh ini memang tidak jelas mengapa Sony memutuskan untuk mengubah bagian khusus dari desain PS5 ini, tetapi Evans berspekulasi itu dapat membantu meningkatkan pembuangan panas. Semua perubahan memberi beberapa manfaat nyata untuk PS5. Evans mengklaim model PS5 baru ini menarik sekitar 20-30 watt lebih sedikit selama bermain game dengan temprator dan kebisingan sama.

“Sony mengecilkan hampir semuanya termasuk motherboard dan kemasan internal untuk membuatnya lebih ringan dan hampir pasti lebih murah (untuk mereka),” kata Evans di Twitter. Untuk suatu alasan tertantu, edisi baru ini baru tersedia di Australia saja. Tentu, kita berharap gar nantinya seluruh dunia dapat memperoleh model yang lebih hemat daya ini. Jadi, apakah kamu sudah siap untuk menyambut perubahannya?

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment