BeritaPlaystationPS4PS5

Penjualan Mingguan Konsol Xbox Berhasil Kalahkan Playstation di Jepang

Meskipun konsol Next-Gen buatan Microsoft kurang begitu populer di Indonesia, namun siapa sangka bahwa penjualan konsol tersebut cukup laris di pasar Asia Timur. Buktinya saja, baru rilis selama 2 tahun, Xbox Series S akhirnya berhasil mengalahkan penjualan Mingguan Playstation 5 di Jepang. Lantas, bagaimanakah strategi Xbox untuk kedepannya? Yuk ikuti terus pembahasan Gamedaim News berikut.

Biarpun konsol satu ini hadir tidak sepopuler Playstation 5, Xbox Series masih tetap mendapat dukungan game Eksklusif baru yang cukup menarik. Tidak hanya kinerjanya saja yang powerful, konsol yang satu ini pun menjadi konsol pertama yang bisa mengalahkan PlayStation dengan embel-embel Blue-Ray Player. Percaya atau tidak, hal tersebutlah yang membuat Xbox Series berhasil menggeser posisi Playstation 5 di tanah kelahirannya.

Xbox Pertama Kali Kalahkan Penjualan Mingguan Playstation di Jepang

Pada informasi yang kami peroleh lewat situs media Famitsu, penjualan Mingguan Xbox Series S (belum termasuk Seri X) kabarnya berhasil mengalahkan Playstation setelah perilisannya. Data finansial menunjukkan bahwa Xbox Series S telah terjual sebanyak 6,120 Unit di setiap Minggunya, sedangkan Playstation 5 hanya mencapai 2,693 unit per Minggu. Pencapaian ini merupakan kabar besar mengingat PS5 masih mendominasi pasar konsol.

Untuk perspektif secara Global, minggu lalu PlayStation 5 terjual 49.798 unit, sedangkan Xbox Series S terjual 10.000. Tampaknya peningkatan tersebut menunjukkan bahwa para gamer Jepang lebih tertarik untuk membeli Xbox karena jumlah stok yang lebih mudah diperoleh. Demikian pula, Series X yang terjual 3.508 unit minggu lalu, dibandingkan dengan minggu ini yang hanya 105.

Nintendo Masih Mendominasi Pasar Konsol Jepang

Pada bulan Februari 2022 lalu, terhitung hanya ada 2,3 juta konsol Xbox yang telah terjual di Jepang saat peluncuran generasi pertama sejak 20 tahun yang lalu. Sebagian besar penjualan masih di dominasi oleh seri 360 dengan total 1,6 Juta unit. Seperti yang disebutkan oleh analis terkenal @GameDataLibrary, PlayStation 4 telah mengalami penurunan minat sebanyak 10x sejak Xbox One pertama kali diumumkan.

Sayang, hal ini tetap tidak mengubah fakta bahwa Nintendo masih menduduki posisi pertama sebagai perusahaan konsol terbesar di Jepang. Lantas, bagaimanakah menurut kalian, apakah kira-kira Xbox dan Playstation bisa menggeser posisi Nintendo untuk tahun 2023 mendatang? Jangan lupa tulis komentarmu di bawah ya.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment