Lupa Gunakan Denuvo, DOOM Eternal Dibajak Di Hari Pertama Rilis!

in ,
Lupa Gunakan Denuvo, DOOM Eternal Dibajak Di Hari Pertama Rilis! Gamedaim
DOOM Eternal | INDOZONE

Bagi kalian para penikmat game PC pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Denuvo. Ya, Denuvo adalah andalan para developer untuk menjaga sistem pertahanan game mereka dari pembajakan serta berbagai eksploitasi sistem lainnya. 

Namun apakah kalian tahu bahwa sering kali developer malah lupa untuk menggunakan Denuvo ini pada game yang akan mereka rilis? Hal ini sendiri terjadi kepada DOOM Eternal. Nah, Bethesda sendiri adalah salah satu langganan Denuvo, namun sayang sepertinya mereka melakukan kesalahan dengan DOOM Eternal.

Lupa Pasang Denuvo di DOOM Eternal

Lupa Gunakan Denuvo DOOM Eternal Dibajak Di Hari Pertama Rilis
DOOM Eternal | Gamebrott

Ya, karena kelupaan, mereka tidak memasang Denuvo sama sekali pada DOOM Eternal yang mengakibatkan DOOM Eternal harus terbajak oleh sekelompok cracker di hari pertama perilisannya. Gamer di forum Resetera melaporkan bahwa versi Bethesda.net dari Doom Eternal miliki folder dengan nama “original”.

Nah, di dalamnya berisikan file .exe yang tidak diproteksi Denuvo sama sekali dan dapat menjalankan game tanpa masalah. Alhasil, sekelompok cracker langsung beraksi untuk membobol game sebelum Bethesda sadar dan menghapus file lewat update. Karena kelalaian tersebut, game telah dibobol oleh tim cracker CODEX dalam hitungan jam setelah rilis.

Denuvo yang Mereka Punya Sia-sia!

Lupa Gunakan Denuvo DOOM Eternal Dibajak Di Hari Pertama Rilis
DOOM Eternal | PC Gamer

Alhasil, proteksi yang mereka punya ini malah terbilang sia-sia sekarang. Ini bukan kali pertama Bethesda melakukan kesalahan ini. Pada perilisan Rage 2, mereka juga lupa memasang proteksi Denuvo pada perilisan versi Bethesda.net. Alhasil uang yang mereka habiskan untuk proteksi Denuvo amat sia-sia dengan game dibobol tak lama setelah cracker sadar akan kelalaian tersebut. 

Doom Eternal sendiri saat ini telah dirilis untuk PlayStation 4, Xbox One, Stadia dan PC. Bagaimana menurut kalian mengenai hal ini? Berikan tanggapannya di bawah ya.