Perilisan Cyberpunk 2077 Akan Kembali Ditunda Jika Karyawan Menolak Kerja Lembur Berlebihan!

in , , , , , , ,
Perilisan Cyberpunk 2077 Akan Kembali Ditunda Jika Karyawan Menolak Kerja Lembur Berlebihan! Gamedaim
Cyberpunk 2077 | Forbes

Bagi kamu yang mengikuti perkembangan industri game pasti tahu tentang kabar CD Projekt yang lakukan Crunch untuk selesaikan Cyberpunk 2077. Mereka diketahui telah melanggar janji yang sempat mereka buat pada tahun 2019 silam. Yang mana berjanji akan meninggalkan kebiasaan kerja lembur berlebih ini.

Terlepas dari itu semua, CD Projekt pun tentu memiliki alasan kenapa mereka melakukan crunch tersebut. Hal ini tidak lepas dari untuk menyempurnakan game yang tengah mereka racik saat ini yaitu Cyberpunk 2077. Terlebih, game satu ini sudah mendekati tanggal perilisannya.

CD Projekt tuai kontroversi perihal crunch!

Perilisan Cyberpunk 2077 Akan Kembali Ditunda Jika Karyawan Menolak Kerja Lembur Berlebihan
Cyberpunk 2077 | PC Gamer

Crunch memang sudah menjadi hal lumrah, terutama ketika kita membahas tentang industri game. Yang mana, ada banyak sekali developer yang rela melakukan crunch untuk menyelesaikan atau menyempurnakan game tengah mereka kembangkan tersebut. Tentu, hal ini mereka lakukan agar game tersebut rilis tepat waktu.

Crunch sendiri sering gamer anggap begitu buruk, meskipun tujuan untuk melakukan hal tersebut memang sangat wajar. Hal ini mengingat mereka memang bekerja keras untuk menyempurnakan dan meracik game mereka seperti ekspektasi para gamer selama ini. Hal ini juga ternyata terjadi kepada CD Projekt lewat Cyberpunk 2077.

Kontroversi yang tengah terjadi ini membuat Head Studio dari CD Projekt pun berjanji akan memberikan kompensansi lebih untuk lembur yang telah karyawan lakukan selama ini. Selain itu, baru-baru ini juga mereka mengkonfirmasi bahwa pengembangan dari Cyberpunk 2077 telah rampung 100%.

Perilisan Cyberpunk 2077 sebelumnya sempat terancam tertunda kembali!

Terlepas dari itu semua, kini terungkap fakta bahwa jika karyawan tidak melakukan kerja lembur berlebihan tersebut, ternyata Cyberpunk 2077 terancam tertunda untuk ketiga kalinya. Pada acara Game Informer Show, Liana Rupper pun mengatakan bahwa ia mendapatkan informasi dari beberapa karyawan CD Projekt.

Yang mana, mengatakan bahwa mereka diberi opsi untuk lakukan lembur kerja 6 hari per minggu atau kembali menunda game selama beberapa bulan. Mayoritas karyawan CD Projekt pun memilih untuk lembur dan selesaikan game sebelum 19 November. Rupper pun menegaskan bahwa tidak ada tekanan yang karyawan CD Projekt alami.

Menurutnya ada perbedaan besar antara budaya kerja pekerja Amerika dengan pekerja Polandia. Cyberpunk 2077 rencananya akan siap CD Projekt rilis pada tanggal 19 November mendatang untuk PlayStation 4, Xbox One dan juga PC. Game ini juga akan rilis untuk konsol next-gen.

Berikan Nilaimu untuk konten ini