BeritaBocoran

Bully 2 Pernah Ada, Tapi Dibatalkan Sejak Tahun 2009

Laporan terbaru mengungkapkan bahwa Bully 2 pernah dikerjakan oleh Rockstar New England, tetapi game tersebut dibatalkan sejak tahun 2009.

Informasi ini pertama kali muncul melalui artikel investigasi oleh Game Informer. Jika kalian tertarik dengan game-game Rockstar Games, kalian bisa melihat artikel kami lainnya di Gamedaim News.

Bully 2 Sebenarnya Pernah Ada, Tetapi..

Game Informer melaporkan bahwa setelah kesuksesan awal dari Grand Theft Auto, Rockstar Games membeli banyak studio mitra pihak ketiganya. Salah satu studio tersebut adalah DMA Design yang sekarang telah berganti nama menjadi Rockstar North dan merupakan pengembang game tersebut.

Studio lainnya adalah Angel Studios, pengembang Red Dead Revolver, Red Dead Redemption, Smuggler’s Run, dan Midnight Club. Studio tersebut sekarang bernama Rockstar San Diego.

Lalu muncul studio baru bernama Mad Doc Software, di mana studio ini beroperasi atas dasar kerja-untuk-menyewa. Mereka mengambil proyek dari penerbit seperti Activision, Sierra Entertainment, Disney Interactive, dan Vivendi Games.

Sebelum dibeli oleh Rockstar Games, Mad Doc Software mengerjakan game-game strategi PC seperti Star Trek: Armada dan Empire Earth.

Pada bulan Oktober 2006, Rockstar Games merilis Bully sebagai game eksklusif dari PS2. Game yang dikembangkan oleh Rockstar Vancouver ini merupakan versi lain dari formula yang membuat Rockstar Games terkenal. 2 tahun kemudian, Take-Two Interactive, perusahaan induk Rockstar Games, mengumumkan bahwa Bully telah terjual lebih dari 1,5 juta kopi.

Setelah kesuksesan Bully di PS2, Rockstar Games lalu mendekati Mad Doc Software untuk mengembangkan Bully: Scholarship Edition. Keberhasilan ini mendorong Rockstar Games untuk membeli Mad Doc Software dan menamainya Rockstar New England.

Tak lama setelah pembelian itu, Rockstar New England mulai mengerjakan banyak proyek. Selain menjadi studio pendukung, Rockstar New England telah mendapat kesempatan untuk mengembangkan gamenya sendiri, yaitu sekuel dari Bully.

Memiliki Teknologi Yang Menarik

Bully 2 dibatalkan 2009
Image Credit: Bully 2 Info

Untuk pengembang Rockstar New England, mereka akan membuat dunia Bully 2 lebih besar dan lebih dalam dari game aslinya. Tiga mantan karyawan mengatakan kepada Game Informer bahwa hampir seluruh studio mengerjakan Bully 2, dengan perkiraan jumlah keseluruhan sekitar 50 – 70 orang.

Mereka juga mengungkapkan bahwa dunia dari Bully 2 tidak akan sebesar Grand Theft Auto IV, tetapi mereka menggambarkannya berkisar “tiga kali” ukuran dunia Bully yang asli. Rockstar New England berencana untuk membuat setiap bangunan dalam Bully 2 dapat kita masuki, baik dengan cara biasa atau dengan paksa masuk.

Rockstar New England juga ahli dalam hal penggunaan AI. Mereka bereksperimen dengan cara membuat tindakan pemain lebih bermakna daripada sebelumnya. Implementasi teknologi ini pada akhirnya muncul di Red Dead Redemption dan Red Dead Redemption 2, di mana sistem “honor” adalah salah satu eksperimen mereka.

Di Bully 2, Rockstar New England mencoba mengembangkan cara agar karakter NPC dapat mengingat Jimmy dengan memiliki konsekuensi baik dan buruk atas tindakannya.

Salah satu contohnya di Red Dead Redemption 2, di mana jika Morgan merampok sebuah toko, dia tidak bisa kembali begitu saja beberapa menit kemudian seolah-olah tidak ada yang terjadi. Petugas toko nanti akan mengingat Morgan, menolak melayaninya dan memintanya untuk pergi.

Satu mantan karyawan menjelaskan berbagai interaktivitas dan fitur baru. Salah satunya adalah sistem pertumbuhan rumput progresif, di mana rumput di seluruh dunia akan tumbuh secara realistis dan pemain dapat melihat bilah-bilahnya secara individu.

Karena Rockstar New England ingin memberi pemain pilihan untuk membobol rumah, mereka mengembangkan sistem fragmentasi kaca baru. Teknologi baru ini khusus untuk Bully 2, meskipun pada akhirnya teknologi itu muncul di Max Payne 3.

Masih Butuh 2 – 3 Tahun Lagi

Bully 2 dibatalkan 2009
Image Credit: Bully 2 Info

Menurut empat pengembang di studio dan satu orang di markas Rockstar New York City, Bully 2 sebenarnya sudah dapat dimainkan. “Game ini setidaknya dapat dimainkan selama enam hingga delapan jam,” kata Marc Anthony Rodriguez, salah satu pemimpin proyek di Bully: Scholarship Edition. “Jadi game itu sudah ada dan sepenuhnya terwujud.”

Game Informer telah mendapatkan konfirmasi dari dua mantan karyawan bahwa jika pengembangan terus berlanjut, Bully 2 masih membutuhkan 2 – 3 tahun atau lebih sebelum siap untuk rilis resmi.

Seiring waktu, Rockstar Games mulai menarik karyawan dari proyek Bully 2 dan menempatkan mereka dalam pengembangan game lainnya yang membutuhkan bantuan. Menurut Game Informer, begitu ada yang ditarik dari Bully 2, mereka tidak akan pernah kembali.

Terlepas dari alasan di balik pemindahan ini, mantan karyawan di proyek tersebut menggambarkan banyak kegembiraan atas kesempatan untuk mengembangkan Bully 2. “Itu hanya, ‘Ayo lakukan semua yang mereka minta dengan baik karena kami ingin membuat orang-orang ini terkesan’,” kata seorang mantan karyawan kepada Game Informer.

Sayangnya Rockstar Games memiliki prioritas lain. Pada tahun 2010, Rockstar New England mulai menarik orang-orang dari Bully 2 dan membuat mereka fokus pada proyek seperti Max Payne 3.

Karyawan di Rockstar New England keluar sebagai protes karena studio itu mulai menyesuaikan diri dengan budaya kerja internal Rockstar Games. Pada bulan Juni 2009, Rockstar New England mengalami PHK yang besar. Kotaku telah melaporkan bahwa “setidaknya 10 persen dari studio” keluar dari Rockstar New England.

Bully 2 Dibatalkan Sejak Tahun 2009

Selama bertahun-tahun, berita pengembangan Bully 2 telah menyebar ke seluruh industri game. Para petinggi di Rockstar Games juga telah berbicara beberapa kali tentang ketertarikan mereka pada serial ini.

Beberapa laporan dan bocoran tentang pengembangan Bully 2 bahkan muncul ke publik. Misalnya pada tahun 2017, akun Twitter bernama Bully 2 Info memberikan banyak konsep dan screenshots dari Bully 2. Menurut Game Informer, sebagian besar bocoran itu adalah asli.

Pada bulan Juli 2019, YouTuber SWEGTA mengunggah sebuah video berdasarkan percakapan dengan mantan karyawan Rockstar New England tentang Bully 2 dan keputusan Rockstar Games untuk membatalkan proyek tersebut pada tahun 2009.

Pada bulan Oktober 2019, VGC telah melaporkan bahwa Bully 2 sedang dalam pengembangan di Rockstar New England selama 12 – 18 bulan sebelum akhirnya dibatalkan.

Laporan VGC mengatakan bahwa sementara Dan Houser (pendiri Rockstar Games) memiliki naskah dan garis besar ceritanya, pengembangan Bully 2 di Rockstar New England terjadi pada tahun 2010 – 2013.

Game Informer telah memberikan konfirmasi bahwa itu benar, meskipun mantan karyawan yang berbicara dengan Game Informer mengatakan bahwa mereka ingat game tersebut berada dalam pengembangan di antara tahun 2008 – 2010.

Salah satu mantan karyawan juga mengklaim bahwa build dari Bully 2 masih ada di Rockstar New England beberapa tahun lalu. Build tersebut sebagian besar menjadi bahan referensi untuk proyek selanjutnya.

Pada akhirnya, rumor mengenai Bully 2 sampai tahun 2021 masih aktif beredar di berbagai forum. Apakah Rockstar Games memang sedang mengerjakan Bully 2? Apakah game tersebut sudah beberapa kali dibatalkan secara internal? Tidak ada yang tahu. Kita tunggu saja pengumuman dari Rockstar Games.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment
Continue in browser
To install tap Add to Home Screen
Add to Home Screen
See this post in...
Gamedaim
Chrome
Add Gamedaim to Home Screen
Close

For an optimized experience on mobile, add Gamedaim shortcut to your mobile device's home screen

1) Press the share button on your browser's menu bar
2) Press 'Add to Home Screen'.