BeritaResmi

Anggota Inti Disco Elysium Keluar dari ZA/UM

Laporan terbaru telah mengungkapkan bahwa beberapa anggota inti Disco Elysium keluar dari ZA/UM dengan cara yang “tidak disengaja”.

Informasi ini pertama kali dipublikasikan oleh Martin Luiga selaku mantan editor di ZA/UM (via VGC dan IGN). Jika kalian tertarik dengan kondisi terkini industri video game, kalian bisa melihat artikel kami lainnya di sini.

Anggota Inti Disco Elysium Keluar dari ZA/UM, Kenapa?

Dalam sebuah unggahan Medium berjudul “The Dissolution of the ZA/UM Cultural Association”, Martin Luiga mengklaim bahwa Robert Kurvitz, Helen Hidnpere, beserta Aleksander Rostov telah meninggalkan ZA/UM.

“Saya akan mencatat bahwa baik Kurvitz, Hindpere, dan Rostov tidak bekerja di sana sejak akhir tahun lalu dan kepergian mereka dari perusahaan tidak disengaja,” tulis Luiga.

Setelah unggahan Medium tersebut, Rostov memberikan konfirmasi di Twitter bahwa klaim Luiga memang benar dan semua orang yang disebutkan oleh Luiga sudah tidak bekerja di ZA/UM.

Unggahan itu juga mengungkapkan berakhirnya ZA/UM Cultural Association. Kolektif ini adalah entitas yang berbeda dengan ZA/UM yang akan mengembangkan Disco Elysium, meskipun baik ZA/UM Cultural Association dan ZA/UM berbagi banyak personel yang sama sampai sekarang.

Saya menemukan bahwa secara keseluruhan organisasi itu berhasil dan sebagian besar kesalahan yang dibuat bersifat kontingen, ditentukan oleh kondisi sosiokultural yang kami hadapi.

Saya masih mendorong orang untuk berorganisasi dan saya akan mengatakan bahwa salah satu kualitas yang sangat tidak dimiliki oleh organisasi budaya ZA/UM adalah struktur formal.

Martin Luiga

Update 4 Oktober 2022: Kotaku melaporkan bahwa pengumuman internal tentang kepergian Kurvitz pada akhir tahun 2022 juga berisi ancaman tindakan hukum terhadapnya. Sangat jelas bahwa ZA/UM telah berusaha keras untuk mencoba dan merahasiakan situasinya.

Meskipun masih tidak jelas mengapa Kurvitz, Rostov, dan Hindpere tidak lagi bekerja di ZA/UM, unggahan, komentar dan cuitan Luiga menyindir bahwa tim inti didorong keluar oleh sisi bisnis ZA/UM.


Bagaimana Respon ZA/UM?

Unggahan tersebut tentunya telah menyebabkan kekhawatiran untuk sekuel Disco Elysium yang direncanakan. Luiga mengklaim di Twitter bahwa sementara sekuelnya mungkin membutuhkan “banyak waktu”, kemajuan pada game baru itu “cukup manis”.

Dalam sebuah pernyataan resmi kepada IGN dan VGC, juru bicara di ZA/UM menyatakan bahwa Disco Elysium adalah upaya tim dan pengembangan game itu akan terus berlanjut:

Seperti video game lainnya, pengembangan Disco Elysium adalah dan masih merupakan upaya kolektif, dengan kontribusi setiap anggota tim yang penting dan dihargai sebagai bagian dari keseluruhan yang lebih besar.

Saat ini, kami tidak memiliki komentar lebih lanjut selain fokus tim kreatif ZA/UM tetap pada pengembangan proyek kami berikutnya dan kami sangat senang untuk segera berbagi lebih banyak berita tentang hal ini dengan Anda semua.

ZA/UM

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment