Analisis: Imbas Masalah Cyberpunk 2077, CD Projekt Red Berpotensi Diakuisisi Oleh Publisher Besar

in
Cd Projekt Red
Cd Projekt Red | Istimewa

Walau tidak memenuhi ekspektasi penggemar ketika rilis, Cyberpunk 2077 tetap menjadi game yang menguntungkan secara komersial. Namun, banyaknya masalah yang menerpa Cyberpunk 2077 membuat sang developer CD Projekt Red berada di ambang bencana.

Situasi ini membuat DFC Intelligence, perusahaan analisis asal Amerika Serikat memberikan sedikit komentarnya terkait CDPR. Apa saja? Yuk simak artikel ini sampai habis.


Komentar DFC Terkait CD Projekt Red

Cyberpunk 2077 CD Projekt Red
Cyberpunk 2077 | NBC News

Sekedar informasi, CD Projekt Red saat ini bertindak sebagai developer sekaligus publisher dari Cyberpunk 2077. Menurut DFC Intelligence, tindakan dari CDPR tersebut menjadi awal dari bencana yang menimpa game besutannya. Mereka mengatakan bahwa akuisisi menjadi salah satu opsi yang paling masuk akal agar bisa menyelamatkan Cyberpunk 2077.

DFC menjelaskan bahwa Microsoft awalnya memiliki rencana untuk mengakuisi CDPR. Namun, hal ini urung terjadi dan perusahaan milik Bill Gates tersebut memilih membeli Bethesda seharga $7,5 miliar.

Sebelumnya, CDPR menjadi perusahaan game paling berharga di Eropa pada awal tahun 2020. Setelah banyaknya masalah yang menimpa developer asal Polandia ini, nilah bersih dari perusahaan masih sama dengan Ubisoft atau perusahaan induk Bethesda, ZeniMax Media.

Walau begitu, belum ada informasi resmi mengenai proses akuisisi dalam waktu dekat. Namun, DFC memberikan sedikit gambaran mengenai peran dari publisher dan developer

Hal yang harus kalian pelajari dari kasus CDPR dan Cyberpunk 2077 adalah bahwa peran dari publisher atau penerbit dalam mengelola distribusi itu masih sangat penting.

DFC

Giatnya Akuisisi dari Berbagai Perusahaan Video Game

Microsoft Akuisisi Bethesda, Fans Minta Sony Untuk Beli Konami!
Microsoft x Bethesda | Microsoft

Akuisisi dalam industri video game akhir-akhir ini meningkat cukup drastis. Sebelumnya, Microsoft berhasil mengambil alih Bethesda setelah mengakuisisi ZeniMax Media selaku induk perusahaan. Kabar ini juga membuat komunitas game cukup terkejut.

Lebih lanjut, beberapa minggu lalu EA mengumumkan bahwa mereka berhasil mengakuisisi Codemasters, developer di balik suksesnya franchise Dirt. Sampai saat ini, beberapa rumor seperto Sony yang bakal mengakuisisi Kojima Productions mulai beredar di internet.

Tentu cukup menarik melihat apakah CD Projekt Red bakal diakuisisi oleh perusahaan lainnya setelah masalah yang melibatkan Cyberpunk 2077.


Berikan Nilaimu untuk konten ini